Seminar Gratis dan Bersertifikat: Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Mempermudah Administrasi Sekolah

- Editor

Kamis, 2 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Administrasi Guru di Sekolah – e-Guru.id akan menyelenggarakan Seminar Nasional yang berjudul “Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Mempermudah Administrasi Sekolah” yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2022, pukul 13.30 WIB melalui siaran langsung di YouTube.

Pada seminar kali ini, peserta akan belajar berbagai hal terkait bagaimana memaksimalkan Microsoft Excel untuk mempermudah pekerjaan adminitrasi guru di sekolah. Mengingat selama ini pengelolaan administrasi pada sekolah masih banyak menggunakan sarana manual seperti buku dan whitebox. Sehingga perlu ada peningkatan mutu pengelolaan dari manual ke dalam proses komputerisasi.

Sekilas Tentang Administrasi Guru

Guru merupakan salah satu komponen utama dalam pendidikan yang berperan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Sehingga guru dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Di mana tugas seorang guru tidak hanya sebatas memberi pengetahuan pada peserta didiknya tetapi juga mencakupi semua kegiatan administrasi di sekolah. Dalam kegiatan administrasi, guru berkewajiban melakukan kegiatan administrasi yang mencakupi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran serta pelaporan hasil belajar.

Sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005, standar proses pembelajaran meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk bisa terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Berkaitan dengan pernyataan tersebut, sebelum melaksanakan proses pembelajaran idealnya seorang guru terlebih dahulu harus mempersiapkan atau merencanakan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Dalam hal ini tentunya berkaitan dengan penyusunan perencanaan pembelajaran dan perencanaan penilaian hasil belajar serta penyusunan dokumen administrasi penunjang proses pembelajaran lainnya.

Beberapa buku atau dokumen administrasi guru kelas yang harus disiapkan untuk memperlancar atau menunjang kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu, kalender akademik, buku bimbingan, daftar hadir siswa, buku inventaris, buku nilai, buku mutasi siswa, buku pengambilan dan penerimaan raport, buku bimbingan dan konseling, grafik absen, buku analisis hasil belajar siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran, kisi-kisi soal ulangan, analisis hasil ulangan, buku tamu, program perbaikan dan pengayaan.

Administrasi guru kelas pada hakekatnya merupakan kelengkapan yang akan menunjang keberhasilan dalam proses belajar. Sehingga akan mempermudah guru kelas dalam melihat datadata perkembangan proses pembelajaran dikelas.

Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel digunakan untuk mengolah angka dan data agar dapat diformulasikan dengan cepat. Hal ini berkaitan dengan tugas administrasi guru di sekolah. Sehingga guru tidak lagi menggunakan kalkulator mencari rata-rata hasil belajar siswa.

Dalam pengolahan data-data lain guru juga akan lebih mudah mengerjakannya. Dengan menggunakan Microsoft Excel tampilan yang dibuat guru dalam mengolah nilai jauh lebih rapi dan baik dari pada dikerjakan manual.

Umumnya sistem penilaian pada kurikulum yang berlaku cukup sulit, guru harus bisa mengolah angka-angka hingga berbentuk laporan deskripsi atau hasil belajar siswa. Pembelajaran yang interaktif dan inovatif dapat diwujudkan dengan penggunaan Microsoft PowerPoint dalam presentasi materi dan animasi pembelajaran.

Sehingga siswa menjadi kreatif dan tidak cepat bosan dalam mengikuti pelajaran. Penggunaan aplikasi Microsoft Office dapat mempermudah guru-guru dalam membantu tugas-tugas guru di sekolah.

Microsoft Excel mampu membantu menyelesaikan permasalahan pengelolaan administrasi yang berkaitan dengan operasi speadsheet atau masalah perhitungan angka.

Semua pengelolaan administrasi baik pada organisasi, instansi sampai dengan perorangan dapat secara praktis dikelola dengan pemanfaatan rumus perhitungan yang disediakan oleh Microsoft Excel.

Pada lingkungan sekolah dasar, aktivitas pengelolaan administrasi meliputi pengelolaan data peserta didik, pengelolaan nilai raport, pengelolaan data statistika dan fungsi kependidikan lainnya.

Pengelolaan administrasi pada sekolah menggunakan proses komputer akan mempermudah dari sisi pengarsipan, perhitungan serta penyediaan laporan. Tidak akan butuh waktu lama dalam menyediakan berkas yang sedang dicari.

Hal ini juga berpengaruh terhadap layanan terhadap siswa dan orang tua siswa. Sejauh ini pemanfaatan komputer pada sekolah dasar hanya sebatas pada aktivitas pengetikan.

Maka dari itu, melalui seminar nasional kali peserta akan dibekali ilmu terkait dengan berbagai manfaat Microsoft Excel untuk mempermudah administrasi guru di sekolah. (mfs)

Daftarkan diri Anda sekarang juga dalam Seminar Nasional yang berjudul “Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Mempermudah Administrasi Sekolah” yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2022, pukul 13.30 WIB melalui siaran langsung di YouTube.

Daftar Seminar Nasional Gratis

Atau Anda juga bisa mendaftar sebagai peserta VIP dengan harga yang sangat terjangkau dan berbagai fasilitas yang diberikan.

Daftar Seminar Nasional VIP

Narahubung: wa.me/6281228039087  (Ratih e-Guru)

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 40 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru