Home / News / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri

Selasa, 27 September 2022 - 10:40 WIB

Segara Daftar! Kuliah Whatsapp 37JP : Buat Video Pembelajaran Asik & Mudah dengan Powtoon

e-Guru.id akan menyelenggarakan Kuliah Whatsapp 37JP yang akan membahas bagaimana cara membuat video pembelajaran yang asik dan mudah menggunakan powtoon.

Proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bisa dibangun dengan menghadirkan media pembelajaran dalam bentuk video (audio visual). Belajar melalui video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga memudahkan peserta didik memahami konteks mata pelajaran.

Ada beberapa aspek yang harus dipahami oleh guru dalam menyajikan video sebagai media pembelajaran. Yaitu penyajian materi yang benar, teknik penyampaian yang tepat, produksi video dengan kualitas yang optimal, dan keterampilan pembuatan video sesuai perkembangan terkini.

Video pembelajaran banyak memberikan manfaat, apalagi di channel YouTube sekarang sudah banyak konten-konten media pembelajaran. Entah itu tutorial, live streaming, podcast ataupun video-video lainnya yang bisa disisipkan untuk media pembelajaran.

Manfaat media video bagi pendidik itu yang pertama adalah, sebagai arsip dokumentasi materi yang diajarkan. Jadi ketika membuat konten, warga sekolah bisa menyimpan video ini sebagai arsip. Jadi suatu saat misal konten yang sudah dibuat dan dibutuhkan di waktu tertentu atau tempat tertentu, tinggal diputar saja.

Kemudian yang kedua video pembelajaran sangat mudah dibuat, bahkan hanya dengan handphone. Tenaga pendidik atau peserta didik bisa dengan mudah membuat video media pembelajaran. Manfaat yang ketiga adalah membuat pelajaran jarak jauh menjadi efektif.

Membuat Video Pembelajaran Dengan Powtoon

Membuat video pembelajaran dengan Powtoon memang memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membuat siswa mau mendengar dan memahami materi yang diajarkan guru. Pembelajaran dengan multimedia terutama menggunakan video animasi memang jauh lebih mudah diterima siswa saat ini. Tapi sayangnya, membuat video pembelajaran bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Karena itu jarang sekali guru-guru di sekolah membuat video pembelajaran dengan animasi seperti ini.

Baca Juga:  3 Keterampilan Baru yang Harus Dikuasai Guru di Masa Pandemi

Tips Mudah Menggunakan Powtoon Untuk Video Pembelajaran

  1. Langkah pertama yaitu buka website Powtoon. KLIK DISINI
  2. Pilih powtoon login jika sudah mendaftar dan jika belum mendaftar dahulu menggunakan email
  3. Pilih template yang akan anda jadikan sebuah video animasi misalnya tentang pembelajaran,untuk bisnis dan lainnya
  4. Pilih background di bagian sebelah kanan dapat upload dari laptop atau meilih warna dapat juga membayar untuk fitur lebih dengan versi pro atau berbayar
  5. Pilih text masukkan tulisan yang anda inginkan
  6. Masukkan dan pilih karakter dan karakter ini adalah gambar animasi orang pilih yang gratis dan jika anda berminat membayar maka pilih yang pro.
  7. Dapat juga menambahkan props,shapes,gambar sampai dengan musik sebagai pendukung video animasi yang ada di powton.
  8. Kemudian jika proses editing selesai selanjutnya pilih publish di bagian pojok kanan atas untuk download anda di haruskan menggunakan fitur pro atau berbayar jadi untuk mendownload dapat di share ke youtube dan selanjutnya di download lewat youtube,namun apabila menginginkan tanpa tanda air atau watermark dapat menggunakan versi pro atau berbayar.

Selain itu anda juga bisa mengikuti Kuliah Whatsapp dari e-Guru.id : Buat Video Pembelajaran Asik & Mudah dengan Powtoon. Dengan mengikuti cara pendaftaran di halaman selanjutnya.

Halaman Selanjutnya

Cara Mendaftar Kuliah Whatsapp 37JP : Buat Video Pembelajaran Asik & Mudah dengan Powtoon

Share :

Baca Juga

News

6 Tips Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point

News

3 Platform untuk Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Mudah

Pengembangan Diri

Diklat GRATIS IKM 32 JP : Kiat Sukses Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023

News

Lolos Seleksi Guru Penggerak Tapi Dipindah Jadi Kepsek atau Pengawas Sekolah? Begini Solusinya

News

Standar Kualifikasi Guru dan Tenaga Kependidikan dari Tingkat PAUD-SMA
pendataan honorer

News

Ternyata Ini Tujuan Pendataan Honorer, Akankah Diangkat Menjadi ASN? Simak Penjelasan KemenPANRB Selengkapnya!

Pelatihan Guru

Tips Menyusun Dokumen Penilaian Pembelajaran Dengan Praktis

News

Penting! Cek Kabar Terbaru Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifkasi Jenjang TK, SD, SMP, SMA Oleh Kemdikbud