Review Materi Diklat Gratis 35JP Media Pembelajaran Digital

- Editor

Rabu, 25 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pada tanggal 25 Mei 2022, Guru Juara melaksanakan diklat gratis pesertemuan keempat untuk merivew materi selama kegiatan diklat gratis tersebut.

Berikut terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam diklat gratis 35JP dengan judul Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Power Point :

  1. Mengenal Tools pada Power Point

Materi yang disampaikan pada pertemuan pertama di diklat gratis dengan judul “Mudah Membuat Digital Media Pembelajaran Interaktif Power Point” adalah tentang mengenal tools desain di power point.

Power point menjadi salah satu aplikasi pembantu untuk membuat paparan atau presentasi dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan profesional.

Power point sendiri berfungsi untuk membuat dan mengatur berbagai slide, membuat presentasi dalam bentuk menarik karena didukung dengan tampilan template, animasi, video, audio, gambar dan bahkan gambar 3D serta memudahkan dalam presentasi.

Sedangkan manfaat dari aplikasi ini adalh untuk memudahkan presentator dalam mempresentasikan informasi yang akan disampaikan secara jelas dan mudah dipahami, kemudian materi dapat tersusun dengan rapi dengan berisi point-point penting atau pokok serta menjadikan presentasi lebih menarik.

Sebagai media pembelajaran sendiri berfungsi untuk menarik minat dan perhatian peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, karena dengan menggunakan media pembelajaran dapat merangsang pola pembelajaran peserta didik sehingga tujuan dalam proses pembelajaran dapat tercapai dengan hasil yang baik.

Kelebihan Aplikasi Power Point

  • Memudahkan pengguna dalam membuat slide presentasi, dengan aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam menyiapkan presentasi yang sederhana, menarik, dan profesional dalam jangka waktu yang tidak lama.
  • Memiliki berbagai macam tools, dengan keberadaan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini maka dapat membantu pengguna dalam memasukan berbagai macam fitur seperti suara, video, foto, dan lain sebagainya.
  • Memiliki fitur kolaborasi, yang dapat digunakan untuk mengedit materi presentasi secara bersamaan dari computer yang berbeda sehingga akan membuat pengerjaannya lebih cepat dan mudah.
  • Template yang bervariasi, template yang disediakan dapat berguna untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik dengan background yang bervariasi.

2. Membuat Poster dengan Power Point

Pada pertemuan kedua diklat gratis ini membahas materi terkait dengan membuat poster dengan menggunakan power point.

Poster adalah media pembelajaran yang terdiri dari warna, gambar, grafis, serta tulisan untuk menjelaskan dan mengekspresikan suatu konsep, ide, maupun pesan-pesan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Poster sendiri berfungsi untuk mengembangkan ide dan kreatifitas, menjelaskan suatu konsep atau proses, menggambarkan benda-benda dan kosa kata baru, sebagai alat untuk membangkitkan motivasi, menyampaikan pesan dan gagasan, serta dapat membaritahu suatu kegiatan, agenda atau jadwal tertentu.

Poster memiliki ciri-ciri dengan memuat komposisi gambar dan huruf, dibuat dengan menggunakan Bahasa yang singkat padat dan jelas, berisi sesuatu yang menarik perhatian orang, ukuran yang disesuaikan dengan tempat pemasangan, serta menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Kelebihan menggunakan poster sebagai media pembelajaran yaitu sebagai berikut :

  • Sifatnya konkrit dan lebih realistis untuk menunjukan pokok masalah dari pada media verbal.
  • Gambar pada poster dapat mengatasi madalah batasan ruang dan waktu.
  • Poster dapat membawa peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau, kemarin atau bahkan menit yang lalu dan kadang-kadang tidak dapat terlihat seperti apa adanya.
  • Media poster dapat mengatasi keterbatasan pengamatan seperti melihat sel atau penampang daun yang tak mungkin dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja sehingga dapat mencegah kesalah pahaman.
  • Dapat didapatkan dengan harga yang murah, mudah untuk mendapatkannya, dan mudah dapam penggunaannya tanpa memerlukan peralatan khusus.
  • Dapat bertahan lama dan guru juga dapat menggunakan media poster berulang kali untuk pertemuan berikutnya.

Sedangkan kekurangan dari media poster sendiri adalah sebagai berikut :

  • Hanya menampilkan persepsi indera mata, dengan ukuran terbatas yang hanya dapat terlihat oleh sekelompok peserta didik.
  • Menyajikan gambar dalam ukuran yang sangat kecil sehingga kurang efektif dalam pembelajaran.
  • Karena poster berdimensi dua sehingga sukar untuk melukiskan sebenarnya.
  • Tidak semua materi mudah tersampaikan melalui poster.

3. Membuat Infografis menggunakan Power Point

Pada pertemuan ketiga dalam diklat gratis ini membahas materi tentang membuat infografis sebagai media pembelajaran dengan menggunakan power point.

Infografis adalah menyajikan informasi, data dan ilmu pengetahuan dalam bentuk visual yang kompleks menjadi lebih mudah dibaca dan mudah dipahami.

Berikut terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan infografis yaitu :

  • Nyaman untuk dilihat dan terkesan lebih bersahabat, dengan menggunakan warna-warna yang menarik dalam pemaparan data tentu akan menghasilkan tampilan presentasi yang lebih nyaman dipadang daripada hanya menggunakan teks, tabel, atau bentuk pemaparan data konvensional lainnya.
  • Mudah dipahami, dengan penyederhanaan tampilan data-data yang komples maka dalam pemaparan data yang rumit dapat disederhanakan dengan menggunakan berbagai elemen grafis yang tersrtuktur serta penggunaan teks dalam jumlah sedikit.
  • Mudah dipublikasikan dan dibagikan, dengan formast akhir yang umumnya berbentuk gambar atau PDF yang tentunya mudah dibagikan dan dapat dibuka oleh hampir seua computer dan gawai. Format PDF atau gambar sangat cocok apabila ingin menampilkan data secara public seperti pada situs web, blog, atau media sosial.

Sedangkan kekurangan dari infografis yaitu sebagai berikut :

  • Persiapan yang membutuhkan waktu lama, untuk menghasilkan infografis yang menarik secara visual serta akurat dalam penyajian data maka data yang akan ditampilkan harus dipilih serta disusun secara terstruktur sebelum dapat divisualisasikan.
  • Membutuhkan tenaga ahli dalam pengerjaannya, kehlian seperti pembuatan elemen grafis, pengaturan tata letak, penggunaan jenis serta ukuran font, rasio ukuran gambar, serta komposisi teks sangat diperlukan dalam pembuatan infografis karena sebagian besar data akan dipresentasikan dalam bentuk visual.

Pentingnya Infografis Sebagai Media Pembelajaran

Media Infografis memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat membantu untuk lebih cepat memahami penjelasan suatu topik yang dibahas secara visual dibandingkan hanya dengan sebuah teks saja. Berikut terdapat beberapa manfaat lain dari infografis yaitu :

  • Memudahkan pembaca untuk mengetahui inti dari pembahasan infografis
  • Informasi menjadi lebih enak untuk dilihat
  • Dapat meningkatkan minat pembaca
  • Lebih mudah untuk mengingat informasi yang didapat
  • Sebagai media promosi yang efektif

Daftarkan diri Anda pada pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id pada tanggal 15, 18, 20, 22, dan 24 Juni 2022.

Peserta pada pelatihan dengan judul “Editing Video Interaktif sebagai Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Android” ini akan mendapatkan Sertifikat 32JP dan menghadirkan narasumber yang berpengalaman yaitu Ibu Fitri Nurjanah, S.Pd.Ing.

Dalam pelatihan ini akan membahas beberapa materi yaitu sebagai berikut :

  1. Perkenalan dan Instalasi Aplikasi CapCut
  2. Cara Edit Video dengan CapCut
  3. Cara Export Video Pembelajaran
  4. Share Video Pembelajaran
  5. Penugasan dan Post Test

Pendaftaran dapat Anda lakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

(esy/esy)

Berita Terkait

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!
Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 
Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!
Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!
Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Ikuti Diklat Bersertifikat 38 JP Peningkatan Digital Skill untuk Guru Mapel Informatika 
Info Penting Khusus untuk Guru IPA semua Jenjang! Diklat Khusus Mapel IPA Bersertifikat 38 JP
Berita ini 60 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:21 WIB

Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!

Jumat, 15 Maret 2024 - 10:41 WIB

Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 

Senin, 5 Februari 2024 - 10:25 WIB

Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!

Sabtu, 3 Februari 2024 - 11:36 WIB

Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!

Selasa, 23 Januari 2024 - 20:13 WIB

Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Ikuti Diklat Bersertifikat 38 JP Peningkatan Digital Skill untuk Guru Mapel Informatika 

Selasa, 23 Januari 2024 - 19:54 WIB

Info Penting Khusus untuk Guru IPA semua Jenjang! Diklat Khusus Mapel IPA Bersertifikat 38 JP

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB