Home / News

Minggu, 18 September 2022 - 09:22 WIB

RESMI! Program Pendidikan Guru Penggerak Kemendikbud Untuk Guru Yang Telah Sertifikasi, Diwajibkan?

Program Pendidikan Guru Penggerak – Terdapat informasi informasi terbaru terkait program Kemendikbud Ristek untuk guru di semua jenjang pendidikan baik jenjang PAUD, TK, SD, SMP, maupun SMA yang sudah sertifikasi.

Kabar baik ini disampaikan oleh Kemendikbud Ristek melalui akun Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud pada hari Rabu, 14 September 2022 lalu, mengenai Program Pendidikan Guru Penggerak

Program Pendidikan Guru Penggerak

Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Pelaksanaan program ini meliputi pelatihan yang dilakukan secara daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama enam bulan bagi calon Guru Penggerak.

Selama pelaksanaan program Pendidikan Guru Penggerak, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru di sekolahnya masing-masing.

Dalam informasi tersebut Kemendikbud Ristek mengajak guru-guru di seluruh indonesia untuk mendaftarkan diri sebagai calon guru penggerak atau CGP dan calon pengajar praktik (CPP) pendidikan guru penggerak pada angkatan 8,9 dan 10.

Baca Juga:  Strategi dan Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jalur Mandiri

Pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak

Pada Pelaksanaan program guru penggerak angkatan 8, 9, dan 10, terdapat teknis pelaksanaan pendidikan guru penggerak, yaitu proses pendidikan meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan juga pendampingan selama enam bulan bagi calon guru penggerak.

Pelatihan Daring

Pelatihan daring ini dilaksanakan dengan perpaduan moda sinkron atau pertemuan virtual dan asinkron yaitu dengan mengakses materi atau mengerjakan tugas secara mandiri.

Lokakarya

Lokakarya dilakukan sebanyak satu kali pada setiap bulan di wilayah masing-masing, yaitu dengan dipandu oleh pengajar praktik.

Adapun untuk topik pada lokakarya akan diselaraskan dengan pelatihan daring, di sisi lain pada lokakarya ke-7 ada kegiatan berbagi praktik baik dengan mengundang para pemangku kepentingan di bidang pendidikan daerah tersebut.

Kemudian, pada seminggu sebelum lokakarya, Pengajar Praktik akan berkunjung ke sekolah calon guru penggerak.

Pendampingan

Baca Juga:  Wow, Ada 3 Tunjangan Baru yang akan Diterima Guru di Tahun 2022!

Pendampingan bagi para guru tersebut bertujuan agar membantu calon guru penggerak dalam menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya, serta berdialog untuk merefleksikan proses kemajuan yang sudah dijalani.

Selain itu, untuk penyelenggaraan program guru penggerak ini akan dilaksanakan pada masing-masing daerah domisili calon guru penggerak.

Di mana setiap bulannya akan diadakan lokakarya bersama yang akan dilakukan di wilayah masing-masing.

Untuk tempat lokakarya akan disepakati bersama dengan calon guru penggerak dan pengajar praktik atau pendamping.

Kemudian, untuk jam pelajaran atau JP semua proses pelaksanaan pendidikan guru penggerak ini akan berlangsung selama 310 jam pelajaran atau JP yang akan dijalankan dalam kurun waktu enam bulan.

Sementara untuk alokasi waktu terdiri dari paparan kebijakan sebanyak 4 JP, pelatihan daring 212 JP, lokakarya 64 JP, pendampingan individu sebanyak 24 JP, dan evaluasi program sebanyak 6 JP.

Halaman Selanjutnya

Program Pendidikan Penggerak Menciptakan..

Share :

Baca Juga

News

Fungsi Modul Pembelajaran

News

Cara Mendesain Projek Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka!

News

Simak! Berikut Syarat Agar Guru Dapat Memperoleh NUPTK

News

Manfaat Penggunaan Youtube untuk Pembelajaran

News

Resmi dari Kemdikbud! Honorer Ini Menjadi Prioritas Utama Menjadi ASN Dalam Seleksi PPPK 2022

News

Info Ditjen GTK Segera Sinkronisasi Data Kebutuhan Guru untuk Optimalisasi Kuota Formasi
peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh

News

6 Tahapan Menjadikan Sekolah Ekosistem Pendidikan: Nomor 2 Wajib Paham!
motivasi belajar anak

News

3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Anak