Home / News

Selasa, 14 September 2021 - 07:36 WIB

Powerpoint sebagai Media Paling Efektif dalam Pembelajaran

Teknologi memberikan berbagai kemudahan di antaranya dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi siswa. Berdasarkan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, aplikasi PowerPoint dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan menjadi daya tarik dalam dunia pendidikan.

Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membantu kelancaran, efektivitas dan efisiensi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan media pendidikan telah berlangsung sangat cepat, dan membentuk budaya baru secara signifikan dalam proses pembelajaran. Budaya baru ini, langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi peserta didik mengikuti proses pembelajaran.

Media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan pembelajaran pada saat ini sangatlah banyak mulai dari media cetak sampai elektronik, di antaranya yaitu menggunakan media PowerPoint. Power Point merupakan program aplikasi kantor bertipe slideshow (lembar kerja yang merupakan kaca objek bergantian) yang digunakan untuk mempresentasikan konsep dan argumen yang ingin ditunjukkan pada orang lain.

PowerPoint banyak digunakan karena pengoperasiannya yang mudah dan semua orang nyaris mampu untuk membuat PowerPoint. Pada PowerPoint banyak fitur-fitur yang menarik seperti kemampuan pengolah teks, dapat menyisipkan gambar, audio, animasi, efek yang dapat diatur sesuai selera penggunanya. Sehingga peserta didik akan tertarik pada apa yang ditampilkan pada PowerPoint.

Baca Juga:  Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint

Sementara itu, kesulitan dalam proses pembelajaran yang sering dihadapi guru yaitu memusatkan perhatian siswa pada setiap proses pembelajaran yang disampaikan. Seringkali siswa tidak fokus pada materi yang disampaikan guru. Hal ini akan menyebabkan rendahnya penguasaan materi pada peserta didik. Hal ini terjadi mungkin karena kurang menariknya pembelajaran yang disajikan kepada peserta didik.

Sehingga perlu adanya tindakan agar pembelajaran di kelas lebih efektif, maka media Power Point dipandang dapat memusatkan perhatian peserta didik pada pembelajaran. Karena sebuah gambar dalam slide di PowerPoint akan lebih efektif ketimbang kata-kata saja dari penjelasan guru. Ketika pembelajaran yang diberikan menggunakan dimensi auditori ditambah dengan visual pesan yang diberikan akan lebih kuat diserap oleh peserta didik.

Dalam sebuah pembelajaran tentu tidak akan terlepas dari  proses penilaian.  Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari. Penilaian adalah bagian integral dari sebuah pembelajaran. Penilaian berfungsi untuk mengukur sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Penilaian juga berfungsi untuk mengetahui tindakan selanjutnya untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik.

Baca Juga:  Format SKP Terbaru Sesuai Permenpan No 8 Tahun 2021

Menariknya, PowerPoint juga dapat digunakan untuk membuat soal atau kuis yang bermanfaat untuk proses penilaian tersebut. Justru soal yang dibuat melalui PowerPoint akan lebih interaktif karena menawarkan multimedia yang sangat menarik bagi para siswa. Jadi, PowerPoint ini bukan hanya memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk proses penilaian hasil belajar.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam terkait cara membuat materi pembelajaran yang menarik menggunakan PowerPoint, Anda bisa bergabung dengan kelas berikut:

Lakukan pendaftaran melalui link atau klik pada poster di bawah ini: [LINK PANDAFTARAN]

Share :

Baca Juga

News

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD

Advertorial

Pelatihan Bersertifikat 32JP : Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress
https://naikpangkat.com/terbaru-struktur-kurikulum-merdeka/

News

Cara Membuat Bahan Ajar yang Menarik

News

Jenis Karya Inovasi Guru untuk Kenaikan Pangkat

News

Informasi Terbaru! Kemenag Butuh 192.008 Formasi Guru Madrasah

News

Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif

News

Resmi, Siswa SMP dan SMA Bisa Lulus Hanya Dalam Waktu 2 Tahun di Kurikulum 2022

News

Tes Bahasa Inggris Online dengan Duolingo English Test