Home / News

Sabtu, 11 Desember 2021 - 02:50 WIB

Peran Guru dalam Implementasi “Merdeka Belajar” Siswa

Seorang guru harus mengerti terkait perannya dalam mendukung kebijakan pemerintah yang sedang menggalakan konsep Merdeka Belajar. Sehingga dengan mengerti hal tersebut, diharapkan guru apa yang harus dilakukan kepada anak didiknya. 

Guru memang merupakan profesi yang sangat penting. Pasalnya, guru merupakan sosok yang mampu membentuk kepribadian dan membekali siswa dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat. 

Itu artinya, peran dan tanggung jawab seorang guru sungguh sangat luar biasa besarnya. Para guru bukan hanya berperan untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada para peserta didik yang diajar, tapi juga memberikan teladan terbaik. Terlebih lagi bagi guru di abad ini di mana ketika tantangan dunia pendidikan menjadi lebih kompleks. 

Semua itu menuntut para guru untuk dapat berinovasi dalam berbagai hal serta tahu perannya di tengah para anak didiknya. 

Peran guru sendiri merupakan seluruh tindakan ataupun perbuatan guru ketika mentransfer pengetahuan, memberikan arahan,  dan juga memberikan wawasan kepada peserta didik. 

Nah, apabila sedang membahas seputar peran guru, maka terdapat 2 hal yang tidak bisa dipisahkan yakni antara hak dengan kewajiban. Keduanya meski seimbang dan bisa berjalan berdampingan. 

Dalam sebuah pembelajaran, terdapat peran guru yang mesti dilaksanakan untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar pada siswa. 

Guru sebagai Pendidik

Tentu, peran sebagai pendidik menjadi peran yang paling utama seorang guru. Maka guru harus bisa dijadikan sebagai contoh yang baik. Baik itu dalam lingkup sekolah maupun masyarakat sekitar. Oleh karena itu, guru harus mempunyai standar kualitas diri yang berbeda. Misal. dengan bertanggung jawab atas berbagai hal, disiplin, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Keuntungan Membuat Modul Pembelajaran bagi Guru

Dengan memiliki kualitas tersebut, maka guru akan menjadi contoh yang baik. Sebab guru dalam konsep Merdeka Belajar memiliki tanggung jawab untuk mencetak siswa yang memiliki profil Pancasila. 

Guru sebagai Pengajar

Guru sudah pasti memiliki peran sebagai pengajar. Sehingga, bisa dikatakan bahwa seorang guru adalah jembatan bagi anak-anak dalam mencari ilmu pengetahuan. Meskipun demikian, usahakan untuk memberikan dorongan agar selalu menjadi pribadi yang pembelajar sehingga para siswa ketika sudah lulus dari sekolah sudah siap terjun di tengah-tengah masyarakat. 

Guru sebagai Pembimbing

Selain berperan sebagai pendidik dan pengajar, guru juga mempunyai peran untuk menjadi pembimbing, yakni memberikan bimbingan sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasainya. Bimbingan di sini bisa saja berarti bimbingan akademis atau non akademis.

Dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar, guru perlu tahu bakat dan minat dari anak didiknya. Sehingga dengan begitu, para guru dapat memberikan bimbingan yang tepat. 

Baca Juga:  Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pada Kurikulum Baru Tahun 2022

Guru sebagai Pelatih

Kemudian, guru juga mempunyai peran untuk melatih seluruh peserta didik. Yakni untuk melatih seluruh siswa siswi dalam mengasah kemampuan mereka.

Para siswa sudah pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda di berbagai bidang. Sebagai guru yang baik, kemampuan yang dimiliki oleh anak perlu dimaksimalkan sehingga hal tersebut bisa menjadi prestasi bagi anak yang bersangkutan. 

Guru sebagai Penasihat

Peran yang tidak boleh ditinggalkan adalah guru sebagai penasehat. Artinya guru dituntut agar bisa memberikan berbagai macam masukan dan juga nasihat kepada seluruh peserta didik, baik itu secara emosional maupun intelektual. 

Guru sebagai Pendorong Kreativitas

Setiap peserta didik pasti mempunyai kecerdasan dan kemampuan yang unik. Dan jika hal tersebut, dalam hal ini adalah kreativitasnya, maka ketika diasah secara terus menerus maka akan melahirkan karya yang sangat baik. Oleh karena itu, Anda juga mempunyai kewajiban untuk mendorong mereka untuk senantiasa berkreativitas.

Nah, itulah di antara peran guru dalam mendorong tercapainya Merdeka Belajar di lingkungan belajar anak serta mengantar mereka menjadi manusia yang unggul di masa yang akan datang. 

LINK PENDAFTARAN “DIKLAT MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR”

Untuk info lebih lanjut, silakan menghubungi kontak berikut ini: 085641020358 (Admin Navida)

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/peran-teknologi-dalam-dunia-pendidikan/

News

Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan

News

Cara Pengelolaan Arsip Berbasis Elektronik
kursus spekaing bahasa inggris

News

Kursus Speaking Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

News

Aplikasi Google Terintegrasi : Cara Mudah Membuat Website Pembelajaran Gratis dengan Google Sites
pengembangan diri guru

News

Hal yang Perlu Dilakukan Guru di Era Digital

News

Peran dan Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa

News

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Cek Jadwalnya Disini

News

Syarat Lengkap Program Sekolah Penggerak