Home / News

Kamis, 9 Juni 2022 - 06:00 WIB

Penyusunan Bahan Ajar dan Manfaatnya

Penyusunan Bahan Ajar – Salah satu komponen yang menunjang pelaksanaan pendidikan yakni dengan menghadirkan bahan ajar. Hanya saja, kehadiran bahan ajar bukanlah suatu yang tiba – tiba. Sebagian guru mungkin merasa bahwa mereka akan membutuhkan para pakar pendidikan dan guru yang kompeten untuk menyusun bahan ajar agar layak pakai.

Hal ini terjadi sebab banyak guru yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang penguasaan bahan ajar. Fenomena ini bisa mengakibatkan fatal.

Salah satunya yakni menjadikan seorang guru, bisa jadi termasuk anda, hanya berpangku tangan dan menunggu kehadiran bahan ajar saja. Bayangkan saja jika bahan ajar didatangkan telat, lantas bagaimana seorang guru melanjutkan proses pembelajaran di kelas?

Baca Juga:  Download Materi Diklat Gratis 90JP "Pentingnya Perangkat Pembelajaran dan Model Pembelajaran"

Definisi Bahan Ajar

Bahan ajar adalah salah satu komponen pada proses pembelajaran. Komponen tersebut penting untuk dihadirkan sehingga para peserta didik akan lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran.

Bahan ajar merupakan keseluruhan materi yang digunakan untuk mempermudah guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.

Bentuk dari bahan ajar bisa saja berupa tulisan dan lisan. Fungsi utama dari bahan ajar yakni digunakan untuk sarana pembelajaran di mana di dalamnya berisikan penjelasan metode, model dan materi pembelajaran.

Pun dalam bahan ajar juga berisikan standar pembelajaran maupun metode serta evaluasi yang sudah disusun secara terstruktur dan bertujuan untuk memudahkan guru dalam mencapai standar kompetensi peserta didik.

Baca Juga:  Cara Download Sertifikat Diklat 40JP Penyusunan Perangkat Pembelajaran Penunjang SiPendi & eRaport

Sehingga terdapat beberapa hal yang menjadi aspek wajib untuk bisa menggunakan dan melaksanakan isi dari bahan ajar berdasar aspek karakteristik tujuan, keharusan dalam perolehan solusi masalah belajar dan kurikulum yang ada.

Manfaat Penyusunan Bahan Ajar

Penyusunan bahan ajar tentu memiliki manfaat yang bisa didapatkan oleh pendidik. Berikut beberapa manfaat di antaranya yakni :

Pertama, penyajian bahan ajar harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kurikulum yang diterapkan. Selain itu bahan ajar akan diupayakan sesuai berdasar lingkungan peserta didik dan sifat mereka sehingga akan lebih memberi kemudahan mereka dalam akses bahan ajar.

Halaman Selanjutnya

Kedua, bahan ajar akan…

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Download ! E-book gratis “Implementasi Pendidikan Karakter” Sekarang

News

Menteri Tjahjo Kumolo Bawa Kabar Gembira Soal Tenaga Honorer!
menjaga motivasi guru

News

PPG Model Baru Berlaku di Tahun 2022
peluang bisnis era digital bagi guru

News

Peluang Bisnis bagi Guru Era Digital

News

4 Tips Menjadi Guru Inovatif di Era Digital

News

Download Materi Diklat Gratis 40 JP Pertemuan Hari Keempat: Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendidikan Karakter

News

Kabar Terbaru 2022, Ada Kenaikan Tunjangan Sertifikasi untuk Ribuan Guru dengan Kategori Ini!

News

Resmi Penjelasan Kemenkeu Mengenai Nasib Gaji dan Tunjangan Guru ASN PPPK dan PPPK Tahun Depan