Home / Pengembangan Diri

Minggu, 17 Juli 2022 - 20:47 WIB

Pentingnya Sosial Emotional Learning dalam Pembelajaran

Social Emotional Learning – Akhir – akhir ini kerap kali kita mendengar mengenai SEL (Social Emotional Learning). Tetapi apa sebenarnya Social Emotional Learning itu? Social Emotional Learning merupakan sebuah proses belajar keterampilan sosial dan emosional, dan sama pentingnya dengan belajar membaca atau matematika. Proses pembelajaran ini paling efektif ketika dimulai awal dan berlanjut hingga sekolah menengah.

Keterampilan sosial-emosional sangat penting untuk keberhasilan di sekolah, pekerjaan, dan kehidupan. Dengan Social Emotional Learning siswa dapat belajar guna mengelola emosi dan perilaku mereka sendiri.

Selain itu memiliki empati dan menunjukan perhatian dan untuk orang lain, menyelesaikan masalah secara efektif, membuat keputusan yang bertanggung jawab, dan juga mampu menjaga hubungan yang sehat.

Baca Juga:  Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri di Sekolah

Siswa belajar mengenali apa yang terjadi di dalam diri mereka dan menyadari emosi mereka sendiri, yang membantu mereka menghadapi emosi yang kuat dan perilaku impulsif.

Hal ini membantu mereka berhenti, menarik nafas dan memikirkan situasi sebelum bertindak. Dengan ini siswa belajar mengidentifikasi emosi dan perspektif orang lain, yang membantu mereka berempati dan menunjukan belas kasih, tidak peduli siapa mereka atau apa latar belakang mereka.

Baca Juga:  Tips Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa

Mudah membayangkan betapa Social Emotional Learning ini sangat berpengaruh penting di kelas dan dalam kehidupan belajar. Siswa belajar untuk memecahkan masalah dengan cara damai dan berkomunikasi dengan tegas tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Hal ini tentu akan membantu mereka berkomunikasi dengan siswa lain dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dari orang yang lebih dewasa.

Saat siswa belajar untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab tentang kehidupan mereka dan masa depan mereka, segalanya dapat menjadi lebih baik.

Halaman selanjutnya

Hal ini sejalan dengan…

Share :

Baca Juga

News

Tips Menjadi Guru Inspiratif untuk Memotivasi Belajar Siswa

News

Segera Daftar! Diklat 64JP : Pengembangan Komunitas Praktisi Sebagai Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Aktif Kreatif Kurikulum Merdeka

News

Segera Daftar! Diklat 64JP : Strategi Perencanaan Perbaikan Proses Pembelajaran di Satuan Pendidikan

Pengembangan Diri

Refleksi Pendidikan Indonesia, dan Hubungannya dengan Kurikulum Merdeka

Pengembangan Diri

Contoh Game Inovatif Pada Penerapan Game Based Learning

Pengembangan Diri

Media Pembelajaran Interaktif Pada Kurikulum Merdeka

Pengembangan Diri

Kelebihan dan Kekurangan Media Presentasi Power Point

Pengembangan Diri

Diklat Nasional 64JP “Implementasi Merdeka Belajar melalui Pengembangan Inovasi Pembelajaran di Satuan Pendidikan”