Pentingnya Pendidikan Sosial Emosional Sebagai Dasar Penanaman Karakter

- Editor

Sabtu, 26 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Seorang anak dapat belajar dengan optimal apabila kebutuhan fisiknya dipenuhi dan mereka akan merasa aman dan nyaman secara psikoligis. Pertumbuhan,perkembangan, dan pembelajaran merupakan hasil dari sebuah kematangan secara internal.

Hal tersebut menunjukkan bahwa anak dapat belajar apabila memiliki cukup waktu untuk berkembang. Dengan memengaruhi secara langsung berbagai stimulus dan respon yang berasal dari lingkungan maka anak tersebut akan belajar.

Dengan menata lingkungan yang penuh dengan stimulus yang serasi pada setiap perkembangan anak maka anak akan belajar dengan nyaman mengenai lingkungan sekitarnya. 

Kompetensi sosial dan emosional merupakan sebuah kemampuan untuk memahami, mengelola, dan mengekspresikan aspek-aspek sosial dan emosional kehidupan seseorang sehingga dengan demikian seorang anak mampu meraih keberhasilan, melaksanakan tugas sehari-hari seperti belajar, membentuk hubungan/berinterkasi, memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dan  beradaptasi dengan tuntutan pertumbuhan dan perkembangan yang kompleks.

Hal tersebut mencakup kesadaran diri, kontrolimpulsif, bekerja kooperatif, dan peduli tentangdiri sendiri dan orang lain. Anak-anak belajar untuk mengenali dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan yang sehat, menetapkan tujuan yang positif, memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial, membuat keputusan yang bertanggung jawab dan memecahkan masalah. 

Pendidikan sosial emosional dan pendidikan karakter merupakan sebuah pendekatan  komplek untuk memperkuat kemampuan seseorang dalam memahami, mengelola dan mengekspresikan aspek-aspek sosial  dan emosional kehidupan dengan cara yang positif, dan tepat untuk mencapai tujuan.

Pembelajaran sosial emosional dan pendidikan karakter dapat mendukung kemampuan seseorang agar dapat berhasil mengelola tugas kehidupan sehari-hari seperti belajar, membentuk hubungan, memecahkan masalah  sehari-hari serta beradaptasi dengan tuntutan pertumbuhan dan perkembangan yang kompleks

Kecerdasan emosional terdiri dari lima bidang yaitu pertama self-awareness yaitu mengenal perasaan (kesadaran) karena  berada dalam situasi kehidupan nyata. Kedua yaitu managing emotions yakni mengatur emosi dengan perasaan yang kuat sehingga tidak kewalahan dan terbawa oleh emosi. Ketiga yaitu self-motivation yang berarti motivasi diri yang berorientasi pada tujuan dan mampu menyalurkan emosi ke arah hasil yang diinginkan. Keempat empathy and perspective-taking yaitu mengenali emosi dan memahami sudut pandang orang lain. Kelima social skills yakni kemampuan menjaga hubungan di lingkungansosial.

Kelima area intelejensi sosial tersebut dapat dijadikan sebagai kompetensi kunci yang dapat dikembangkan, dipraktikkan dan dikuatkan dalam pembelajaran sosial emosional 

Dengan mengembangkan kelima kompetensi tersebut akan melahirkan berbagai sifat-sifat positif dan keterampilan-keterampilan sosial lainnya. Keterampilan-keterampilan tersebut  merupakan  karakter-karakter  unggul yang dibutuhkan anak pada setiap sisi kehidupannya agar dapat hidup aman dan nyaman dengan orang lain.

Kesadaran untuk memanajemen diri dan ekspresi emosional terutama pengakuan danpenyampaian pesan dengan positif merupakan pusat untuk pembelajaran sosial emosional. Menyatakan emosi harus disesuaikan dengan tujuan seseorang sehingga kesadaran diri meliputi komponen pembelajaran sosial dan emosional termasuk mengalami dan mengekspresikan emosi yang dapat bermanfaat untuk interaksi setiap saat dan hubungan sosial dari waktu ke waktu.

Selain itu emosi dapat menyediakan informasi sosial kepada orang lain sehingga akan mempengaruhi perilaku orang lain. Membiarkan anak untuk berinteraksi dengan anak lainnya memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam membangun kesadaran diri anak.

Kesadaran sosial akan menjadikan anak mampu memiliki empati terhadap orang lain dan tekun dalam mengatasi berbagai cobaan dalam kehidupan sehari-hari, mengenal danmenghargai perbedaan dan persamaan individu dan orang banyak serta mengenalbahwa keluarga, sekolah dan masyarakat adalah sumber segalanya karena  pemikiran  dan  emosi bekerjasama dalam hidup merupakan hal penting  untuk mengembangkan keterampilan setiap anak dalam berpikir tentang interaksi antarpribadi, melampaui pengalaman  emosional, pengetahuan, regulasi, dan ekspresi.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 30 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru