Penting Diketahui Guru! Tips & Trik Membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas

- Editor

Jumat, 25 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah pencarian sistematik yang dilakukan oleh para pelaksana program penelitian yang mana dalam kegiatan pengumpulan datanya berisikan tentang pelaksanaaan kegiatan, keberhasilan dan hambatan yang dihadapi guna menyusun rencana serta melakukan kegiatan-kegiatan peyempurnaan.

PTK tersebut menggabungkan kegiatan penelitian atau pengumpulan data dengan menggunakan hasil dari sebuah penelitian atau pengumpulan data. Kegiatan tersebut dilakukan secara timbal balik membentuk sebuah rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi.

Agar dapat menyusun proposal laporan penelitian tindakan kelas, ada beberapa tips yang dapat dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Penyusunan proposal

Dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan:

1. Identifikasi masalah yang dapat dilakukan dengan melakukan proses pemetaan bidang dan sub bidang ilmu dan profesi yang menjadikan bidang keahlian sebagai peneliti yakni minimal pada satu bidang.

Identifikasi masalah tersebut sebaiknya didukung juga dengan sumber yang dapat dipercaya, seperti hasil penelitian terdahulu atau data dari lembaga-lembaga yang memproses serta menyimpan data.

2. Pilih salah satu topik permasalahan penelitian kemudian rumuskan variabel-variabel atau aspek-asek yang melatarbelakangi atau menjadi penyenbab fokus masalah tersebut, dan variabel atau aspek-aspek yang diakibatkannya.

3. Selanjutnya pilih salah satu topik yang akan Anda teliti. Pemilihan atau pembatasan variabel didasarkan atas ekuatan variabel, dominal dan fokus.

4. Setelah menentukan batasan setiap variabel dalam judul, rumusan tujuan penelitian. Biasanya dibedakan antara tujuan umum dan tujuan khusus penelitian. Rumuskan asumsi-asumsi atau proposisi-proposisi yang dijadikan pegangan dalam mengkaji masalah tersebut.

5. Selanjutnya tentukan dan rumuskan metode penelitian yang digunakan disertai penjelasan penggunaan serta alasan pemilihannya. Selain itu tentukan juga teknik pengumpulan data, instrumen serta jenis data yang akan diperoleh serta berikan alasan penggunaannya.

6. Setelah itu rumuskan rencana pengolahan data dan desain penelitian yang menunjukkan langkah-langkah pengumpulan data secara rinci.

1. Garis besar isi proposal

Berdasarkan langkah-langkah penyusunan proposal tersebut maka langkah kedua yakni dengan menyusun garis besar isi proposal. Untuk menyusun garis besar isi proposal tersebut dapat dilakukan dengan:

1. Pada latar belakang masalah penulis harus dapat menjelaskan kedudukan masalah dalam konteks lebih luas, mengidentifikasi masalah, memilih salah satu masalah terpenting, jadikan fokus masalah.

2. Merumuskan dan membatasi masalah yakni menjelaskan variabel, hubungan antar variabel, pembatasan masalah dan hubungan antar variabel.

3. Merumuskan definisi operasional yang mana definisi operasional tersebut berisi rumusan tentang variabel, menggambarkan hirarki variabel, definisi variabel. Untuk penelitian kualitatif cukup penjelasan istilah.

4. Merumuskan tujuan penelitian yakni berupa tujuan umum yang menjelaskan sasaran umum yang akan dicapai, tujuan ini dirumuskan dalam bentuk hasil atau proses. Tujuan khusus menjelaskan rincian dari sasaran/tujuan umum, dan dirumuskan dalam bentuk hasil.

5. Merumuskan asumsi yang dapat dilakukan dengan menjabarkan pemikiran-pemikiran mendasar yang dijadikan pedoman, kemudian dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip atau kaidah-kaidah.

6. Merumuskan hipoesis atau pernyataan penelitian. Hipotesis diguanakn untuk penelitain kuantitatif.

7. Menjelaskan manfaat penelitian baik manfaat teoritis dan manfaat praktis.

8. Menjelaskan metode atau pendekatan penelitian.

9. Menjelaskan teknik dan instrumen penelitian data yang digunakan.

10. Menjelaskan populasi dan sampel yang digunakan yang diisertai dengan alasan dan pertimbangan pemilihannya.

11. Menjelaskan desain penelitian khususnya untuk penelitian eksperimental yang harus menjelaskan model desain eksperimental yang digunakan.

12. Menjelaskan teknik-teknik analisis datanya yang mana untuk penelitian kualitatif juga perlu dijelaskan jenis data yang diperoleh, langkah-langkah mengola data.

3. Sistematika Isi Proposal

Langkah ketiga yakni menyusun sistematika proposal penelitian tindakan kelas yang mana isinya memuat judul, latar Belakang, rumusan Masalah, tujuan penelitian, asumsi, hipotesis, lokasi serta sampel penelitian.

Setelah menyusun sistematika proposal penelitian langkah selanjutnya yakni menyusun laporan penelitian yang merupakan suatu bagian dari langah terakhir untuk mengkomunikasikan hasil yang akan diperoleh dari kegiatan penelitian. Laporan penelitian merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang disusun untuk menyebarluaskan hasil penelitian ke publik.

Bentuk laporan penelitian terdiri dari beberapa bagian yakni sebagai berikut:

1. Bagian Awal

Pada bagian awal laporan penelitian memuat beberapa bagian yakni pertama judul yang terdiri dari judul penelitian, nama peneliti lokasi, subyek, waktu/tahun di laksanakan, lembaga tempat penelitian. Halaman judul memuat cover luar dan dalam yang dirumuskan dengan kalimat yang jelas, singkat dan komunikatif.

Kedua lembar Pengesahan yang memuat tanda tangan untuk menunjukkan legalitas laporan penelitian, yang mana teridiri dari peneliti, pendamping serta atasan.

Ketiga abstrak yang berisi point-point penting dari komponen penelitian mulai dari judul, permasalahan, tujuan, prosedur pelaksanaan penelitian, hasil temuan dan rekomendasi. Abstrak ditulis sebanyak satu halaman dengan diketik satu spasi.

Keempat pengantar yang berisi uraian yang digunakan untuk mengantarkan para pembaca laporan kepada permasalahan yang diteliti, serta tindakan yang dilakukan untuk perbaikan pembalajaran.

Kelima daftar Isi yang digunakan untuk menyajikan sistematika isi laporan dengan lebih rinci disertai halaman untuk setiap bagian, judul bab dan sub bab, sehingga memudahkan para pembaca.

2. Bagian Inti Penelitian

Pada bagian inti laporan penelitian juga memuat beberapa bagian yang terdiri dari pertama pendahuluan yang berisi sub bab yang memuat beberapa bagian yakni Latar Belakang, Rumusan Masalah, tujuan Penelitian, Manfaat Penilitian, serta metode penelitian.

Pertama latar belakang masalah yang memuat uraian yag menjelaskan masalah dan pentingnya memecahkan melalui kegiatan penelitian. Dalam latar belakang PTK memuat alasan terkait dengan kegelisahan dan kepedulian peneliti.

Selain itu juga alasan berbagai kondisi empiris di lapangan yang mendorong dilakukannya identifikasi masalah dan perumusan masalah dan mendorong perlunya penelitian tindakan dan peningkatan mutu pembelajaran

Kedua rumusan masalah yang dinyatakan dalam bentuk kalimat tanya yang dimasukkan setelah didahului uraian tentang masalah penelitian, variabel yang diteliti serta kaitan antar variabel.

Ketiga tujuan penelitian yang mana dalam tujuan PTK ini terkait dengan tujuan perbaikan pembelajaran yang menggambarkan hasil yang ingin dicapai setelah penelitian selesai dilakukan. Tujuan penelitian harus konsisten dengan rumusan masalah yang mencerminkan proses penelitian. Tujuan penelitian terdiri dari tujuan umum dan khusus.

Keempat manfaat penelitian yang berisi nilai kegunaan hasil penelitian khususnya bagi peningkatan kualitas pembelajaran bagi guru, siswa dan sekolah

Kelima metode penelitian yang diuraikan dalam pendahuluan, metode penelitian ini hanya mencakup garis besar dari teknik pengumpulan dan pengolahan data.

3. Kajian Pustaka

Kajian pustaka dalam laporan penelitian tindakan kelas ini berisikan hasil kajian pustaka yang berupa teori-teori, pengalaman empiris hasil penelitian terdahulu, pendapat para ahli yang relevan. Kajian pustaka untuk menampilkan mengapa dan bagaimana teori dan hasil penelitian terdahulu dipergunakan.

4. Prosedur Penelitian

Prosedur penguraian terdiri dari tahapan dan siklus pelaksaan penelitian PTK yang mencakup subyek penelitian yang terdiri atas tempat, mata pelajaran apa, karakteristik siswa/sampel. Cantumkan prosedur setiap siklus kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data serta refleksi.

5. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil penelitian dan pembahasan ini menyajikan hasil penelitian sesuai dengan urutan penelitian dan perbaikan. Setiap sajian disertai dengan pembahasan yang mencakup berbagai alasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

Pembahasan harus berkaitan dan mengacu pada teori, pengalaman praktis, atau hasil penelitian terdahulu. Pembahasan pada umumnya merupakan hasil refleksi rencana dan tindakan yang dikaitkan dengan berbagai teori atau penelitian terdahulu.

6. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan Saran disajikan dengan menuliskan pemaknaan penelitian yang berupa kesimpulan tentang hasil penelitian. Kesimpulan merujuk pada tujuan penelitian. Sedangkan saran di tujukan pada pembuatan kebijakan, pengguna hasil penelitian dan para peneliti berikutnya.

Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Guru Untuk Menjadi Pendidik Yang Hebat Dengan Mendaftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

 

Berita Terkait

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!
Terbaru, Terbit Surat Edaran Kemendikbud Ristek Untuk Calon Peserta PPG Daljab 2024, Cek Segera!
Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya
Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Senin, 10 Juni 2024 - 15:35 WIB

Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya

Senin, 10 Juni 2024 - 12:55 WIB

Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB

Senin, 10 Juni 2024 - 11:12 WIB

Siap-Siap! Bocoran Jadwal Pendaftaran PPG Daljab 2024 Dibuka Bulan Juli?

Berita Terbaru