Penjelasan Singkat tentang Jenis Model Pembelajaran

- Editor

Rabu, 11 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jenis Model Pembelajaran – Model pembelajaran menjadi kerangka kerja yang berbentuk gambaran sistematis dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan tujuan membantu proses belajar siswa.

Model pembelajaran sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar dan mengajar karena akan sangat menentukan keberhasilan dari proses pencapaian tujuan belajar.

Model pembelajaran memiliki ciri sebagai landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa akan melaksanakan pembelajaran mulai dari tujuan belajar serta pembelajaran yang hendak dicapai.

Dalam pandangan ahli, ciri model pembelajaran terdiri atas beberapa hal di antaranya berdasar atas teori pendidikan serta teori belajar tertentu, memiliki misi pendidikan tertentu, bisa dijadikan sebagai pedoman perbaikan kegiatan pembelajaran, dan memiliki dampai akibat dari penerapan model pembelajaran secara langsung maupun tidak. 

Dalam pengaplikasiannya, terdapat sejumlah jenis model pembelajaran baik yang diterapkan dalam Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka Belajar: 

PAIKEM

Model pembelajaran ini merupakan kependekan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan. Model pembelajaran ini dirancang untuk membangun keaktifan siswa dalam pengembangan kreativitas agar pembelajaran bisa efektif dan optimal. Model pembelajaran ini bisa diterapkan dalam Kurikulum 2013.

Pembelajaran Berbasis Project

Pembelajaran berbasis project ini menjadi model pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran model ini memanfaatkan project sebagai inti dari pelaksanaan pembelajaran.

Dengan model pembelajaran ini, siswa akan melakukan berbagai kegiatan mulai dari eksplorasi, interpretasi, sintetis, penilaian, pengolahan informasi. Model pembelajaran berbasis project ini dianggap efektif dalam hal peningkatan kompetensi siswa mulai dari sikap, holistik, pengetahuan hingga keterampilan.

Pembelajaran Kuantum

Pembelajaran model ini memanfaatkan berbagai cara untuk menerapkan pembelajaran agar bisa dipahami oleh siswa. Caranya, melalui kegiatan interaktif dengan melibatkan siswa secara langsung untuk melakukan demonstrasi materi.

Pembelajaran Inquiry

Model pembelajaran ini memanfaatkan berbagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menitikberatkan pada proses berpikir kritis dan analitis kepada siswa agar mampu mencari dan menemukan jawaban.

Pembelajaran Kontekstual

Model pembelajaran ini menerapkan konsep belajar di mana guru berusaha mengaitkan materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata sehingga dalam kegiatannya siswa melakukan dan mengalami secara langsung. Dengan begitu, siswa akan mampu mengembangkan sikap sosialnya melalui model pembelajaran ini.

Pembelajaran Ekspositori

Pembelajaran ini lebih menitikberatkan pada proses penyampaian materi pembelajaran verbal atau ceramah dari guru kepada siswa yang dibentuk secara berkelompok agar dapat memahami materi dengan optimal.

Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran ini diartikan sebagai pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian suatu masalah secara ilmiah di mana pemecahan masalah menjadi kegiatan utama dalam pembelajaran model ini.

Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran ini memiliki kerangka konsep berupa rangkaian belajar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan melatih kerjasama antar siswa.

Pembelajaran Terpadu

Model ini menggabung beberapa mata pelajaran dalam satu kegiatan agar mampu memberikan pengalaman pembelajaran bagi siswa.

Pembelajaran Kelas Rangkap

Model pembelajaran ini menekankan pada penggabungan kelas dengan pembelajaran yang terpusat pada siswa sehingga guru tak lagi melakukan pengulangan pembelajaran di dua kelas dan program yang berbeda.

Pembelajaran Tematik

Model pembelajaran ini mengintegrasikan beberapa materi pelajaran dalam satu tema sesuai dengan keadaan nyata dan kebutuhan siswa.

Demikian tadi adalah jenis model pembelajaran yang wajib diketahui oleh para pendidik. Istilah-istilah yang telah disebutkan di atas, tentu sudah sangat akrab di telinga para guru senior. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru