Penggunaan Google Docs dalam Pembelajaran Digital

- Editor

Kamis, 2 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penggunaan google docs sangat membantu guru dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran era digital, dimana semua serba praktis dengan bantuan teknologi.

Definisi dari proses pembelajaran digital

Pembelajaran digital adalah proses belajar yang difasilitasi oleh teknologi sehingga memberikan kontrol lebih terhadap waktu, cara, tempat serta kecepatan dalam belajar.

Dengan pembelajaran digital, membuat proses pembelajaran menjadi fleksibel, sehingga peserta didik dapat menentukan cara belajar nya sendiri yang sesuai dengan minat nya.

Pembelajaran digital terlaksana dengan kombinasi dari peranan konten – konten digital yang tersebar luas, baik yang dirancang langsung oleh pendidik atau pun yang sudah tersedia melalui internet.

Dalam pembelajaran digital ini, guru memiliki peran penting untuk membantu peserta didik dalam upaya implementasi, analisis, dan evaluasi terhadap informasi yang didapat.

Guru memiliki peran terkait membantu peserta didik untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam.

Pentingnya digitalisasi pada pembelajaran kolaboratif

1. Personalisasi
Pembelajaran digital menyediakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dapat memudahkan guru untuk melihat setiap progress belajar dari peserta didiknya secara online.


2. Aksesibilitas
Dengan pembelajaran digital, peserta didik dan guru bisa terhubung kapan pun dan dimana pun tanpa dibatasi oleh tembok ruang kelas.


3. Efisiensi
Pembelajaran digital membuat proses belajar menjadi efektif dengan melakukan penghematan sumber daya, untuk memperbanyak materi belajar, dan penghematan waktu dalam hal administrasi, baik pengumpulan tugas atau pun feed back dari peserta didik.


4. Kinerja Belajar
Dengan pembelajaran digital, mampu meningkatkan keaktifan juga motivasi dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, hingga berdampak pada hasil belajar dan kinerjanya.


5. Budaya Belajar
Pembelajaran digital dapat melakukan promosi atas budaya belajar berkelanjutan, tidak terbatas, dan sangat mudah dilakukan dalam kondisi apa pun, bahkan setelah lulus, hingga sangat baik untuk membantu perkembangan peserta didik.

Dalam implementasinya, pembelajaran digital mengalami tantangan, yakni akses teknologi internet yang belum merata, jaringan internet kurang stabil, perkembangan teknologi yang pesat, dan membutuhkan biaya cukup besar.

Kemudian munculnya masalah dalam bidang kesehatan, seperti kerusakan pada mata dan postur tubuh, serta munculnya masalah sosial, yang dapat berupa cyber bullying, hacking, serta akses-akses terhadap informasi dan situs illegal, amoral, juga distraksi belajar.

Solusi pembelejaran digital

Solusi atas tantangan dalam implementasi pembelajaran digital kolaboratif, terdiri dari beberapa upaya yang dapat dilakukan, seperti melakukan kombinasi pembelajaran digital dengan pembelajaran tradisional,

Kemudian menggabungkan aktivitas fisik dalam proses pembelajaran digital, hingga dapat meminimalisir masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat teknologi, serta meningkatkan tingkat control terhadap peserta didik yang sesuai dari orang tua dan guru.

Guru juga harus menyadari bahwa pembelajaran digital tidak bisa bergantung 100% dengan penggunaan teknologi, namun penggunaan teknologi harus diusahakan dan dikembangkan karena dampak manfaatnya yang cukup besar,

Langakah-langkah praktis penggunaan teknologi dalam pembelajaran

  1. Identifikasi
    Lakukan identifikasi terhadap berbagai konten digital yang dapat diakses serta telah tersedia.
  2. Menyusun Rencana
    Susunlah perencanaan terkait penggunan teknologi yang dapat membantu proses belajar peserta didik.
  3. Melakukan Peningkatan Pembelajaran
    Lakukan peningkatan pembelajaran melalui substitusi (menggantikan media belajar konvensional tanpa mengurangi fungsi-fungsinya) dan augmentasi (menggantikan media belajar konvensional dengan melakukan peningkatan terhadap fungsi-fungsi tertentu)
  4. Melakukan Transformasi Pembelajaran
    Melakukan transformasi pembelajaran melalui modifikasi dan juga redifinisi. Upaya modifikasi, dilakukan dari cara konvensional menjadi cara yang modern.

Selain itu, apa cara lain yang bisa dijadikan guru sebagai usaha dalam mengembangkan pembelajaran?

Flipped Classroom (kelas terbalik) menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan oleh guru untuk membagikan konten – konten pembelajaran digital untuk membekali peserta didik yang dapat berupa artikel, video, bacaan, dan lain sebagainya.

Kemudian peserta didik dapat menambah informasi terkait materi ajar tersebut yang bisa dilakukan dari rumah masing-masing sesuai dengan tingkat dan rasa ingin tahu nya.

Setelah itu, guru dapat memicu diskusi, melakukan refleksi pembelajaran dan kegiatan lainnya yang dapat memicu pemahaman mendalam bagi peserta didik.

Penggunaan google docs dalam pembelajaran

Dengan penggunaan google docs dapat mempermudah pembelajaran digital, salah satu nya dengan kolaborasi dalam proses pembelajaran.

Kolaborasi adalah salah satu aspek penting pendidikan. Guru hendaknya saling berkolaborasi agar memudahkan tindakan identifikasi dari kebutuhan-kebutuhan peserta didik.

Budaya kolaborasi memiliki dampak yang lebih positif bagi proses pembelajaran. Penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan pembelajaran kolaboratif, salah satunya adalah google docs.

Fungsi umum google docs

Fungsi google docs meliputi pembuatan dokumen kata, proposal, laporan, dan lain-lain, memudahkan pengaturan akses baik dalam melihat, membaca, mengedit, atau mengomentari dokumen yang telah dibuat.

Google docs memiliki fitur chat yang memudahkan untuk melakukan diskusi jika sedang online dalam waktu yang sama, dapat dibuat secara geratis dan sangat mudah menggunakan akun google, serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet.

Langkah menggunakan google docs secara sederhana

1. Buka browser internet
2. Masuk ke website docs.google.com
3. Login dengan akun google atau akun gmail yang sudah dimiliki
4. Muncul menu awal
5. Untuk memulai dokumen baru, silahkan klik tanda + (tambah)
6. Akan muncul tampilan kertas kosong seperti pada ms.word
7. Silahkan beri nama pada dokumen sesuai dengan yang diinginkan pada bagian pojok kiri atas “Dokumen Tanpa Judul”
8. Silahkan tulis dokumen yang diinginkan dan tulisan akan otomatis tersimpan pada akun google yang bisa diakses pada google drive pada laman website drive.google.com
9. Dokumen yang telah dibuat dapat diakses kembali
10. Klik pada menu “bagikan” yang ada di bagian kanan atas
11. Muncul kolom berbagi dengan akun gmail lainnya, kemudian silahkan tuliskan akun gmail yang ingin diundang, klik selesai, lalu klik kirim
12. Sekarang dokumen akan bisa diakses bersama-sama
13. Selesai.

Pemanfaatan google docs dalam pembelajaran kolaborasi

A. Kolaborasi antara guru
Kegiatan yang dapat dilakukan seperti halnya diskusi rutin untuk membahas strategi pembelajaran dan isu-isu terkait peserta didik, proyek penelitian berkelompok antar guru, dan kegiatan kolaborasi lainnya, yang dapat dilakukan melalui google docs dengan lebih efektif.

Mulai dari melakukan diskusi pengembangan professional guru, berbagi materi ajar, mencatat laporan diskusi rapat, dan lain-lain. Mengatur file penting dengan mudah secara tersetruktur, hingga lebih rapih tertata dalam folder yang diinginkan. membantu untuk pelajaran secara bersama-sama antar guru.

B. Kolaborasi antar guru dan peserta didik
Pada saat memberikan tugas dengan penggunaan google docs, memberikan umpan balik dengan cepat, tanpa harus menunggu tatap muka.

Google docs juga memudahkan pertukaran komentar antara guru dan peserta didik, guru memberi komentar pada tugas yang dikerjakan, kemudian peserta didik melakukan revisi, hingga tugasnya sesuai yang diinginkan.

Penggunaan menu riwayat dapat membantu mempermudah untuk menemukan peserta didik yang belum berpartisipasi dalam mengumpulkan tugas.

C. Kolaborasi antara peserta didik
Mempermudah tugas kelompok, tanpa harus berkumpul dalam satu tempat untuk bekerjasama.

Dalam hal ini, peserta didik dapat menggunakan google docs untuk melihat ide apa yang telah ditulis oleh temannya, serta dapat menyimpan catatan terkait apa yang telah disimpan.

Menggunakan google docs, peserta didik dapat menulis tugasnya dan teman lainnya bisa langsung memberikan komentar dan bahkan mengerjakan secara bersamaan pada file tugas yang sama tersebut.

Manfaat google docs dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman peserta didik secara mendalam, membuat peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran, meningkatkan interaksi antar pesera didik, serta memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan menyelesaikan tugas kelompok dengan efektif dan mudah.

Ikuti pelatihan dari e-guru.id untuk mengetahui lebih dalam terkait banyak materi pengembangan kompetensi guru era digital. DAFTAR SEKARANG!

Berita Terkait

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi
Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April
Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!
Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!
Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN
Kabar Buruk Guru Sertifikasi TK, SD, SMP, SMA/SMK, Kode Status Info GTK-nya Berubah!
Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024
Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang
Berita ini 535 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 11:42 WIB

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Rabu, 24 April 2024 - 11:00 WIB

Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April

Rabu, 24 April 2024 - 10:17 WIB

Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!

Senin, 22 April 2024 - 11:41 WIB

Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN

Senin, 22 April 2024 - 10:37 WIB

Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 10:37 WIB

Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang

Jumat, 19 April 2024 - 11:57 WIB

BKN Terbitkan Siaran Pers Tentang Tidak Ada Pendataan Non ASN 2024 dan Tidak Lanjut Hasil Pendataan Non ASN

Berita Terbaru