Home / News

Rabu, 8 Desember 2021 - 23:02 WIB

Pengertian dan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menurut Para Ahli

Model pembelajaran problem posing merupakan salah satu model pembelajaran yang saat ini mulai banyak diterapkan oleh para guru.  

Model pembelajaran problem posing mempunyai beberapa pengertian. Pertama, model pembelajaran tersebut adalah pemecahan masalah dengan melalui tahap elaborasi. Yakni, dengan merumuskan kembali permasalahan yang menjadi bagian yang simple, sehingga akan lebih mudah dipahami. 

Sementara pengertian lainnya ialah rumusan soal menggunakan bahasa baku, atau merumuskan kembali soal yang ada supaya lebih sederhana dan bisa dikuasai. 

Adapun pengertian lainnya ialah rumusan soal yang masih berkaitan dengan syarat di soal yang akan dipecahkan demi mendapatkan alternatif pemecahan. Dan masih banyak pengertian lainnya.  

Sederhananya, bisa kita artikan model pembelajaran problem posing ini mengharuskan para siswanya mengajukan soal sendiri dengan cara berlatih soal secara mandiri. Jadi, para siswa akan mengajukan  beberapa soal yang dibuatnya sendiri. 

Meksi tergolong agak sulit bagi siswa, namun mereka akan bisa karena dibiasakan. 

Model pembelajaran problem posing ini sudah dikembangkan mulai dari tahun 1997. Adapun yang mengembangkan model pembelajaran ini adalah Lyn D.English.  

Baca Juga:  Jangan Asal Pilih! 4 Hal Penting Dalam Pemilihan Media dan Sumber Belajar

Awalnya, model pembelajaran ini hanya diterapkan pada mata pelajaran Matematika saja. Namun perlahan, model ini justru mulai digunakan pada berbagai mata pelajaran.

Langkah-Langkah Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing

Tahukah Anda, bahwa ada banyak sekali versi terkait langkah-langkah cara penerapan model pembelajaran ini. 

Menurut Suyitno, terdapat 5 langkah yang mesti Anda lakukan jika ingin menerapkan model pembelajaran problem posing ini. Pertama, dengan memaparkan materi pelajarannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat peraga jika diperlukan. Kemudian, berikan latihan soal yang tidak terlalu banyak. 

Kemudian, Anda meminta para siswa untuk mengajukan satu atau dua soal yang cukup menantang.  Selain memberikan pertanyaan, ia juga meski bisa menjawab soal tersebut.  

Selain bisa diberikan secara individu, Anda juga bisa memerintahkan mereka mengerjakan secara berkelompok. Terakhir, tinggal berikan saja mereka tugas untuk dikerjakan di rumah.

Sementara menurut Saminanto, penerapan model pembelajaran problem posing  ada beberapa langkah penting yang mesti dilakukan. Pertama, yakni dengan menjelaskan materinya dahulu. Kemudian, berikan latihan sehingga para siswa mengerjakan soal. 

Baca Juga:  Kenali Model Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi

Selanjutnya, minta beberapa siswa untuk menyajikan soal yang telah dibuatnya ke depan kelas. Anda bisa meminta pada para siswa secara acak. Dan terakhir, berikan pekerjaan rumah. 

Jika diperhatikan, langkah-langlah ini nyaris sama dengan langkah-langkah menurut Sunyoto.

Kemudian menurut Amri, dalam melaksanakan model pembelajaran problem posing, pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjelaskan materi pelajaran. Kemudian berikan para siswa latihan soal. 

Selanjutnya, minta mereka untuk membuat soal dan menyelesaikannya sendiri. Sementara di pertemuan selanjutnya, minta mereka menyajikan soal yang sudah dibuat ke depan kelas. Dan terakhir, Anda bisa memberikan mereka tugas.

Dari beberapa langkah di atas bisa kita simpulkan bahwa langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran problem posing pada intinya adalah seputar menjelaskan materi, latihan, mengajukan soal, dan diberikan tugas. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

2 Jenis Pendidikan Profesi Guru dan Skema Pembiayaan yang Harus Dipahami
ICT dalam Pendidikan Abad 21

News

Tantangan Menggunakan ICT dalam Pendidikan Abad 21

News

Ketahui Prioritas DAK Fisik Pendidikan Tahun 2022

News

Mendapatkan Angka Kredit dengan Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Membuat Video Pembelajaran Menarik Menggunakan Camtasia, Daftar Pelatihannya Sekarang!

News

Penting! Guru TK, SD, SMP, dan SMA/SMK Wajib Bersiap Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Kemendikbud

News

Kearifan Lokal dalam Dunia Pendidikan
pengolahan data penelitian

News

Pengolahan Data Penelitian Otomatis Untuk Naik Pangkat