Home / News

Kamis, 6 Januari 2022 - 08:18 WIB

Pengembangan Kelas Virtual Dengan Gnomio

Pengembangan kelas virtual sangat dibutuhkan pada era digital seperti saat ini. Hal ini seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPTEK) yang  begitu pesat  yang menjadikan  salah  satu tantangan yang harus dihadapi  oleh  dunia  Pendidikan.

Pengembangan kelas virtual dilakukan karena adanya perubahan pergeseran paradigma pendidikan IPTEK yang telah  membawa  perubahan  serta  pembaharuan  yang  pesat  dalam  kehidupan manusia. Perkembangan  IPTEK,  khususnya  teknologi  informasi  dan  komunikasi  semakin pesat yang berdampak pada berkembangnya bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Maka dari itu muncul gagasan tentang pengembangan kelas virtual berbasis e-learning. E-learning merupakan  proses pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik seperti  komputer. Pembelajaran berbasis e-learning ini tidak dapat dipisahkan  dengan  tuntutan  pembelajaran  abad  21.

Munculnya pekerjaan dan bidang baru saat ini menuntut adanya keterampilan baru yang lebih modern dan adaptif sehingga peranan pendidikan sebagai bagian kunci dalam pengembangan SDM juga perlu melakukan transformasi pembelajaran.

Pengembangan kelas virtual dapat membuat guru maupun siswa agar tidak hanya mampu memahami penggunaan dan pengelolaan perangkat digital tetapi juga harus mampu untuk melakukan seleksi dalam memilih dan memilah berbagai sumber belajar yang ada di internet secara baik dan efektif untuk mendukung pembelajaran.

Ada beberapa faktor pentingnya transformasi pembelajaran digital di sekolah yakni:

1. Sumber Belajar yang Lebih Mudah dan Beragam

Adanya transformasi pembelajaran dari manual menjadi digital membuat adanya banyak pilihan sumber belajar menjadi lebih beragam. Guru maupun siswa tidak hanya mengandalkan buku cetak, modul dan LKPD namun dengan pembelajaran e-learning guru bisa memanfaatkan ebook, e-modul, worksheet digital dan sebagainya.

2. Memudahkan Akses Belajar-Mengajar

Proses pembelajaran menjadi mudah dan praktis dengan adanya dukungan perangkat digital. Guru dapat memberikan materi dan penugasan melalui berbagai platform LMS maupun aplikasi seperti Email, Whatsapp dan Telegram. Begitupun juga siswa juga dapat menerima tugas, mengerjakan sampai mengirimkan tugas dengan platform yang sama secara praktis. Ruang kelas virtual juga memungkinkan terjadinya interaksi dan kolaborasiyang lebih luas dan cepat.

3. Penyajian Materi Lebih Variatif

Adanya penerapan pembelajaran digital memungkinkan guru untuk menyiapkan perangkat pembelajaran dengan lebih variatif. Terdapat banyak pilihan format media dan platform yang bisa digunakan. Guru bisa menyajikan materi dengan dijelaskan melalui video conference, penugasan mandiri melalui LMS, maupun memanfaatkan platform games dan quiz. Dengan penyajian yang beragam ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan bisa disesuaikan dengan gaya belajar siswa.

Baca Juga:  Implementasi Merdeka Belajar yang Masih Terpenjara

4. Meningkatkan Motivasi Belajar

Akses materi yang lebih mudah, format yang beragam dan informasi yang lebih lengkap mampu mendorong siswa agar lebih termotivasi dan semangat dalam belajar yang mana pada saat ini banyak konten pembelajaran yang disajikan dengan format yang lebih menarik dan interaktif seperti video animasi, audiobook, infografis, komik dan lainnya.

5. Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

Penggunaan teknologi membuka akses ke berbagai sumber dan inspirasi yang tak terbatas sehingga menumbuhkan berkembangnya daya kreatif dan inovatif dari rekan pendidik dalam menciptakan berbagai media, konten dan pengelolaan kelas yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa.

Guru dapat memberikan pengajaran melalui platform YouTube atau Tiktok yang mana pada era sekarang paling banyak digunakan oleh anak-anak dan remaja. Sehingga guru dapat memberikan tugas kepeda siswa untuk membuat suatu proyek atau tugas mandiri menggunakan berbagai platform digital sesuai dengan kreativitas individu.

informasi dan komunikasi memiliki pengaruh yang besar dalam memperoleh keterampilan  lain  yang diperlukan. Penguasaan terhadap keterampilan literasi  ICT  memungkinkan  penguasaan  terhadap  keterampilan  dan  kompetensi  lain yang diperlukan untuk keberhasilan kehidupan di abad ke-21.

E-learning meliputi pembelajaran jarak jauh, pembelajaran virtual, pembelajaran online, pembelajaran berbasis web, dan sebagainya. Penggunaan teknologi yang memanfaatkan ruang maya dan penyajiannya dibuat sedemikian rupa agar terlihat menyerupai objek   nyata yang dikenal dengan pembelajaran virtual. 

Pembelajaran virtual merupakan pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran dengan menggunakan internet, intanet, atau jaringan komputer lainnya. Penggunaan media virtual ini  dapat  membuat  pembelajaran  menjadi  lebih  efektif. Hal  ini sesuai dengan prinsip pembelajaran yang tercamtum dalam Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Pembelajaran virtual akan menjadikan siswa lebih aktif dan reflektif.

Salah satu bidang studi yang memegang peranan penting dalam pendidikan adalah matematika. Matematika merupakan salah satu pengetahuan dasar yang harus dimiliki dan diberikan kepada siswa pada setiap jenjangnya

Oleh karena itu  sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi matematika memiliki peranan   penting   dalam   perkembangan   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi. Pada saat  ini  perkembangan  pesat  di  bidang teknologi  informasi  dan  komunikasi  dilandasi  oleh  perkembangan  matematika  di  bidang  bilangan, aljabar, maupun geometri.

Salah satu  kecakapan  yang  harus dimiliki  oleh  siswa  dalam  pembelajaran  geometri  adalah kecakapan komunikasi. Kecakapan komunikasi  matematis  menjadi  bagian  yang  cukup  penting  dalam pembelajaran matematika.

Terdapat  dua  alasan  mengapa  komunikasi  matematika sangat penting karena pertama  matematika  tidak  hanya sekedar  alat  bantu  siswa  untuk  berfikir,  menemukan  pola,  menyelesaikan  masalah,  dan  menarik kesimpulan,  tetapi  matematika  juga  sebagai  alat  untuk  mengkomunikasikan  ide  dan  pikiran  siswa dengan  tepat,  jelas,  dan  ringkas. 

Baca Juga:  Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Kedua, matematika merupakan aktivitas sosial  di mana terlibatnya siswa dan guru dalam berinteraksi dan media pembelajaran berbasis  virtual merupakan salah satu upaya untuk   menciptakan pembelajaran  matematika  yang  berkualitas khususnya kecakapan  komunikasi  matematis  siswa  pada materi  transformasi  geometri maka prinsip-prinsip    inilah yang akan digunakan  sebagai panduan untuk mengembangkan  pembelajaran  matematika  sekolah  yang  berkualitas  tinggi.

Teknologi  merupakan salah   satu   dari   prinsip   matematika  yang  sangat   penting   dalam pengajaran dan pembelajaran matematika yang mana digunakan untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa.

Pemanfaatan  kelas  virtual  dapat  mendukung  kecakapan  komunikasi  matematis  siswa.  Siswa dapat mengkomunikasikan  ide  dan  pemahaman  matematisnya  baik  menggunakan  simbol,  gambar, dan  kata-kata  dengan  menggunakan  fitur  yang  telah  disediakan. 

Penggunakan kelas  virtual dapat meningkatkan  kemampuan  komunikasi  matematis. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dilihat dari perubahan skor rata-rata pretestdan posttest.

Ada beberapa aplikasi berbantuan web yang dapat dijadikan sebagai kelas virtual salah satunya adalah moodle. Moodle merupakan salah satu perangkat lunak yang menawarkan sistem belajar secara virtual yang mana  bahan  ajar  dapat digunakan dalam  bentuk  web. 

Keuntungan dari moodle ini  adalah sifatnya  yang open  source,  yang  berarti  bahwa  aplikasi  gratis  dan  dapat  dikembangkan  sendiri  oleh pemakai. Salah satu  layanan hosting  elearningyang  ditawarkan  gratis  oleh moodle adalah gnomio.

Pemanfaatan gnomio dapat digunakan melalui  multiplatform   dimana   dapat   melalui   komputer   maupun handphone.Pengguna gnomiodapat  mengunjungi situs https://www.gnomio.com/.

Gnomio tidak membutuhkan  perpanjangan hostingserta  tidak  membatasi  pengguna. Gnomio menyediakan  fitur kelas  online  yang  didalamnya  terdapat  bahan  ajar,  forum  diskusi,  penugasan,  kuis,  dan  sebagainya. Bahan ajar yang akan dimasukkan berupa video pembelajaran, .pdf, power point, geogebra, dan lain-lain.

Penggunaan jaringan  komputer  sebagai media pembelajaran yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun dengan melakukan pengembangan kelas  virtual  dengan gnomio khususnya  materi  transformasi  geometri  yang  meliputi  konsep  dan pengaplikasian  yang  abstrak maka pelaksanaan kegiatan pembelajaran  tidak hanya terbatas pada  penjelasan  konsep semata. 

Melalui  media  pembelajaran  yang  dilakukan  secara  virtual  ini  siswa  diharapkan  dapat mengkomunikasikan   gagasan   dengan   simbol,   tabel,   atau   diagram   untuk   menjelaskan   masalah.

Ikutilah DIKLAT GRATISSSSS 40 JP SPESIAL AWAL TAHUN “Membuat PTK Untuk Kenaikan Pangkat” yang diselenggarakan oleh gurujuara.com

PTK

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Memahami Fungsi dan Karakteristik dalam Menyusun Bahan Ajar
soal akm

News

Inilah Syarat Sertifikasi Guru 2022
cara print file excel

News

Cara Cetak File Excel agar Tidak Terpotong dan Sesuai Keinginan

News

Pentingnya Manajemen Kelas Bagi Guru
modul pembalajaran

News

Membuat Modul Pembelajaran untuk Kenaikan Pangkat Guru
https://bit.ly/DaftarDiklat64JP_AsesmenDiagnostik

News

Kuliah Gratis di Monash University Australia untuk Guru di Seluruh Indonesia, Segera Mendaftar!

News

Begini Cara Daftar, Biaya dan Tempat Penyelengaraan PPG Mandiri Untuk Pendaftaran ASN PPPK

News

Cara Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21