Pendaftaran PPG Daljab 2024 Tak Kunjung Dibuka, Netizen Geram

- Editor

Senin, 10 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pendaftaran PPG Daljab 2024 belum ada kabar pasti hingga saat ini. Hal itu menyebabkan sejumlah netizen yang diduga kalangan guru tampak geram.

PPG adalah Pendidikan Profesi Guru yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini dimaksudkan untuk mengentaskan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik yang jumlahnya masih cukup banyak, yaitu sekitar 1,6 juta guru.

Selain PPG yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, juga ada PPG yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang ditujukan kepada para guru yang mengajar di madrasah. Antara kedua jenis PPG tersebut, sistem rekrutmen memiliki jalur yang berbeda.

Kemudian PPG ada dua model. Yang pertama adalah PPG untuk prajabatan dan yang kedua adalah untuk dalam jabatan (Daljab).

Untuk kalangan prajabatan, PPG sudah dilakukan tahun ini dan sedang berjalan. Rupanya banyak peminat untuk program ini yang diikuti oleh mereka yang berminat menjadi guru, khususnya yang baru saja lulus dari bangku perkuliahan dan belum pernah mengajar di sekolah-sekolah.

Sementara itu, PPG Daljab 2024 belum ada kabar hingga saat ini. Meskipun belum lama ini Kemendikbudristek mengeluarkan undang-undang yang baru mengenai pelaksanaan PPG 2024, namun belum ada kabar pasti terkait kapan pembukaan PPG Daljab akan dibuka.

Informasi terbaru tentang PPG Daljab 2024, dapat disimak melalui laman resmi Kemendikbudristek yang beralamat di tautan berikut ini: https://ppg.kemdikbud.go.id.

Dari pantauan NaikPangkat.com, memang belum ada kabar apapun tentang pembukaan pendaftaran PPG Daljab 2024.

Selain dari halaman tersebut, informasi tentang PPG secara umum juga dipantau langsung melalui media sosial. Misalnya melalui akun resmi PPG di Instagram yakni di https://www.instagram.com/ppgkemendikbud/.

Di media sosial tersebut, ketika diakses pada tanggal 10 Juni 2024, juga belum ada informasi terbaru tentang pembukaan pendaftaran PPG Daljab 2024. Justru yang lebih banyak informasinya adalah tentang info PPG Prajabatan.

Hal itu yang lantas membuat sejumlah netizen geram. Artikel terbaru dari akun @ppgkemendikbud terkait PPG adalah laporan kegiatan di Universitas Semarang menyangkut karya proyek kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023.

Banyak yang kemudian memberikan komentar pada postingan tersebut dan mengungkapkan kekecewaannya kenapa PPG Daljab tahun ini tak kunjung dilaksanakan, justru prajabatan yang diutamakan.

Berikut ini adalah sejumlah komentar yang ditulis oleh netizen yang diduga adalah kalangan guru, di mana cara penulisannya sudah kami sesuaikan dengan ejaan yang benar:

Seperti diungkapkan oleh akun @ernawaticn, yang mengaku kesal karena setelah melakukan pengecekan panggilan PPG Daljab 2024 melalui SIMPKB, tidak ada informasi terkait hal tersebut.

“PPG Daljab 2024 kapan panggilannya, Min. Pagi, siang, dan malam; tiap hari kami cek-cek terus SIMPKB. Kami yang sudah lama mengabdi dan sudah PNS kenapa seakan-akan dibuat dilema oleh penantian panjang. Hati ini sudah sangat galau, sedih. Dan bahkan banyak guru-guru yang jadi darah tinggi jatuh sakit karena lama menunggu tapi tiap hari cek-cek terus SIMPKB,” tulis akun tersebut.

Kemudian akun @fxribt juga ikut menyuarakan kekecewaannya karena PPG Daljab belum ada info pendaftarannya, namun penyelenggara justru dinilai sibuk mengurus PPG Prajabatan.

“Yang Daljab saja suruh nunggu undangan. Eh, malah PP Prajab buka terus, setahun bisa sampai 3 kali. Terus yang ASN-ASN ini mau diapakan. Ternyata fokusnya cuma buat Orajab. Yang ASN dianggap tak penting barangkali,” tulisnya.

“Sudah bulan Juni masih saja ngurusin Prajab. Kasih tahu kami kapan Daljab buka. Kami juga ingin sejahtera bukan sekadar pendengar waktu TPG kawan-kawan cair aja. Sudah setengah tahun tapi belum ada angkatan Daljab satu pun. Nanti giliran dibuka, kuota tidak mencukupi. Ini disuruh sabar sampai pensiun apa gimana?” tulis akun @f.aranita.

Halaman Berikutnya

Perlu diketahui, berdasarkan undang-undang terbaru Kemendikbudristek….

Berita Terkait

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024
Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!
Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap
Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024
Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Berita ini 60 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:58 WIB

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:22 WIB

Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:45 WIB

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap

Rabu, 19 Juni 2024 - 10:48 WIB

Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:55 WIB

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!

Berita Terbaru