Panduan Lengkap PPG Daljab 2024: Persyaratan, Jadwal, Pelaksanaan, dan Cara Pendaftaran

- Editor

Kamis, 6 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PPG Daljab 2024 sebentar lagi akan tersedia untuk para guru yang berminat untuk mengikuti program tersebut.

Sebelum pendaftaran dibuka, di dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap terkait persyaratan yang harus dimiliki oleh calon peserta, jadwal pelaksanaannya hingga cara pendaftarannya.

PPG sendiri merupakan Pendidikan Profesi Guru yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kompetensi guru pada berbagai sisi termasuk di antaranya kemampuan pedagogik, berpikir kritis, menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, dan lain sebagainya.

Untuk PPG Prajabatan 2024 sudah dibuka beberapa bulan yang lalu dan saat ini, tengah berlangsung seleksinya. Sementera untuk program PPG Daljab ini masih belum ditentukan tanggal pelaksanaannya.

Namun melihat perkembangan yang ada, PPG Daljab tahun ini akan segera dibuka melihat indikasi yang ada.

Pertama, Kemendikbudristek telah mengeluarkan Peraturan Kemendikbudristek yang baru yang mengatur secara detail terkait pelaksanaan PPG 2024.

Selain itu, juga telah dibuka lowongan untuk guru pamong dan dosen pengampu untuk membimbing para mahasiswa PPG nantinya.

Adapun PPG Daljab ini dikhususkan untuk guru-guru yang telah melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Sementara PPG Prajabatan adalah program pendidikan keguruan yang ditujukan untuk para lulusan baru dari berbagai universitas.

Kabar yang banyak beredar di berbagai media bahwa PPG untuk guru dalam jabatan akan dilakukan secara online melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun hal itu baru wacana.

Jika mengacu pada peraturan baru, pelaksanaan PPG Daljab akan tetap melibatkan perguruan tinggi dalam melaksanakan pendidikan tersebut.

Artinya, sejumlah proses pendidikan akan tetap dilakukan secara tatap muka. Meskipun tidak menutup kemungkinan nantinya juga ada perkuliahan yang dilakukan secara online dengan teknis tertentu.

Yang jelas, ini akan menjadi akan menjadi informasi penting bagi Anda yang ingin mengikuti program PPG Daljab 2024 tersebut.

Dan ini akan menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan sertifikat pendidik sehingga profesi Anda akan diakui secara nyata oleh berbagai pihak termasuk pemerintah.

Salah satu keuntungan mengikuti PPG Daljab adalah akan meningkatkan kemampuan Anda di dalam mengajar. Sehingga dengan ilmu yang didapatkan dari program tersebut akan dapat mengantarkan peserta didik Anda menuju sebuah kesuksesan yang diharapkan bersama.

Selain itu masih banyak keuntungan yang lainnya, di antaranya adalah tunjangan yang akan diberikan oleh pemerintah kepada guru-guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Jumlahnya pun cukup menarik sebagai tambahan pemasukan bagi para guru.

Apalagi bagi guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan juga guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), program ini sangat layak untuk diikuti.

Peserta Prioritas PPG Daljab 2024

Sayangnya memang tidak semua guru meskipun berstatus sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) dapat mengikuti program ini. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapat undangan ataupun bisa mendaftar untuk mengikuti program pendidikan profesi guru tersebut.

Ada sejumlah kategori guru yang menjadi prioritas untuk mengikuti program tersebut.

Sesuai dengan Permendikbudristek yang baru Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pendidikan Profesi Guru berikut ini adalah sasaran guru yang akan menjadi peserta PPG Daljab 2024:

1. Guru penggerak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang belum memiliki Sertifikat Pendidik

2. Guru yang telah menyelesaikan pendidikan dan latihan profesi Guru namun belum memiliki Sertifikat Pendidik

3. Guru yang terdaftar dalam data pokok pendidikan dengan status aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024, belum memiliki Sertifikat Pendidik.

4. Guru yang berasal dari peralihan jabatan fungsional lain yang belum memiliki Sertifikat Pendidik

5. Guru yang telah memiliki Sertifikat Pendidik namun ingin menambah Sertifikat Pendidik yang berbeda

Syarat Daftar PPG Daljab 2024

Berikut ini adalah sejumlah persyaratan yang diwajibkan kepada calon peserta PPG Daljab 2024:

a. Warga Negara Indonesia
b. Sehat jasmani dan rohani
c. Memiliki kualifikasi akademik sarjana atau sarjana terapan
d. Mengajar pada Satuan Pendidikan atau melaksanakan penugasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
e. Belum mencapai batas usia pensiun Guru berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan
f. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

Jadwal PPG Daljab 2024

Seperti yang telah dikemukakan di awal artikel ini, bahwa dari Kemendikbudristek belum menyampaikan pengumuman resmi kapan jadwal PPG Daljab 2024 ini akan dilaksanakan.

Namun Anda tetap bisa memantau agar tidak tertinggal info melalui website ini atau melalui laman resmi PPG Kemendikbudristek dengan link berikut ini: https://ppg.kemdikbud.go.id/

Secara umum, calon peserta PPG Daljab ini juga akan menggunakan sistem seleksi administratif. Hanya saja tidak akan ada tes tulis atau wawancara yang akan dihadapi oleh calon mahasiswa PPG Prajabatan.

Setelah dilakukan seleksi dan yang lolos akan menjalani program perkuliahan PPG ini dan juga uji kompetensi bagi peserta PPG Daljab.

Cara Daftar PPG Daljab 2024

Ketika pendaftaran sudah dimulai, calon peserta PPG dapat langsung mendaftar melalui SIMPKB yang terdapat di laman resmi PPG Kemendikbudristek.

Silakan kunjungi link berikut ini ketika pendaftaran sudah dibuka: https://paspor-gtk.simpkb.id/

Pastikan, akun Anda di sistem tersebut masih bisa digunakan. Sehingga ketika pendaftaran sudah dibuka, Anda tidak bingung ketika terjadi kendala.

Ketika sudah berada di dalam sistem SIMPKB, mungkin Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah formulir dan mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan.

Tips Lolos PPG Daljab 2024

Sebagai tips, silakan mempersiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan profesi guru sebelum melakukan pendaftaran. Sehingga jika dibutuhkan, Anda tidak bingung mencarinya.

Pastikan data yang Anda isi di dalam formulir pendaftaran sudah benar sesuai dengan dokumen-dokumen penting yang Anda miliki. Dan jangan sungkan untuk menghubungi admin PPG Daljab jika terjadi kendala.

Anda bisa menghubungi pusat bantuan PPG Daljab melalui link berikut ini: https://ppg.kemdikbud.go.id/page/hubungi-kami.

Nantinya admin akan membantu jika terjadi kendala. Anda bisa juga melihat media sosial PPG Kemendikbudristek, misalnya di Instagram pada link berikut: https://www.instagram.com/ppgkemendikbud/

Seperti rumor yang beredar bahwa pemanggilan PPG juga akan dilakukan melalui PMM. Oleh sebab itu, berusaha aktif di PMM akan bisa menjadi salah satu sebab terpanggil untuk mengikuti PPG dalam jabatan tersebut.

Dan yang tak kalah penting adalah selalu cek data di Dapodik. Pastikan, data di dalam sistem tersebut sudah benar dan sudah diperbarui.

Usahakan Anda bisa mengakses Dapodik secara mandiri dan tidak mengandalkan operator sekolah.

Proses Pembelajaran PPG Daljab 2024

Pembelajaran PPG sebagaimana menggunakan kurikulum yang disusun dan dikembangkan oleh LPTK. Pembelajaran PPG terdiri atas kelompok mata kuliah inti, kelompok mata kuliah selektif, dan kelompok mata kuliah elektif.

Pembelajaran PPG bagi peserta PPG yang berasal dari Guru penggerak dan Guru yang telah menyelesaikan pendidikan dan latihan profesi Guru dilaksanakan dengan ketentuan setara dengan 36 (tiga puluh enam) Satuan Kredit Semester dengan masa tempuh kurikulum 2
(dua) semester.

Sementara pembelajaran PPG bagi peserta PPG yang berasal dari guru yang terdaftar dalam data pokok pendidikan dengan status aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024, guru yang berasal dari peralihan jabatan fungsional, guru yang telah memiliki Sertifikat Pendidik namun ingin menambah Sertifikat Pendidik pada PPG yang berbeda, dilaksanakan dengan ketentuan diberikan setara dengan 27 (dua puluh tujuh) Satuan Kredit Semester dan memenuhi 9 (sembilan) Satuan Kredit Semester melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri.

Pertanyaan Seputar PPG Daljab 2024 dan Jawabannya

Berikuti ini pertanyaan seputar PPG Daljab 2024 yang sering disampaikan dan jawaban terkait pertanyaan tersebut.

1. Apakah guru PAI (Pendidikan Agama Islam( bisa mengikuti PPG Daljab 2024?

Jawaban: Tidak, guru PAI harus mengikuti PPG yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

2. Apakah CGP angkatan 11 bisa ikuti PPG Daljab 2024?

Jawaban: Bisa, asal mampu menyelesaikan semua target. Termasuk bisa menjalankan tugas dengan baik di sekolah.

3. Apakah guru dengan JP sedikit bisa ikut?

Jawaban: PPG Daljab 2024 tidak mensyaratkan jumlah JP di SKPMB saat pendaftaran dan pendidikan. Setelah lulus, untuk perhitungan tunjangannya baru harus sesuai JP.

4. Apakah harus punya NUPTK?

Jawaban: Saat pendaftaran dan pendidikan tidak butuh NUPTK. Namun NUPTK tetap harus diurus untuk penerbitan NRG agar TPG bisa cair.

5. Apa saja yang harus disiapkan?

Jawaban: Kondisi kesehatan, laptop dan jaringan internet, akses ke PMM, pastikan data di Dapodik sudah benar, hanya terdaftar di satu sekolah.

Nah, itulah panduan lengkap terkait PPG Daljab 2024 ini. Semoga bermanfaat.

Baca Berita dan Artikel Terbaru NaikPangkat.com di Google New

Berita Terkait

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024
Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!
Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap
Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024
Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Berita ini 121 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:58 WIB

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:22 WIB

Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:45 WIB

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap

Rabu, 19 Juni 2024 - 10:48 WIB

Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:55 WIB

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!

Berita Terbaru