Home / News

Senin, 26 September 2022 - 14:09 WIB

Pembubaran LTMPT dan Perubahan Seleksi Ujian PTN 2023

LTMPT  – Halo selamat pagi Bapak/Ibu. Bagaimana nih persiapannya dalam membekali siswa/siswi guna menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi? Tentunya sudah mulai dipersiapkan ya, mengingat ini sudah memasuki bulan-bulan di akhir tahun yang mana berarti bahwa akan berakhirnya semester gasal.

Apakah Bapak/Ibu sudah mengetahui mengenai aturan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2023? Untuk seleksi masuk pada tahun 2023 ada banyak hal yang berubah, termasuk mengenai bagaimana caranya mendaftarkan akun.

Jika sejak tahun 2019-2022 LTMPT menjadi sebuah lembaga yang menyelenggarakan segala macam terkait pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri sekarang digantikan dengan sebuah lembaga yang baru oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, yaitu Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3). Ujian seleksi masuk PTN ini akan diurus langsung oleh Kemendikbud Ristek.

Tidak hanya LTMPT istilah lain seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (UM) juga turut di ubah.

Baca Juga:  Info Terbaru PPPK Kemenag 2022, Berikut Link Pendaftaran serta Bocoran Formasi Guru Hingga Tendik!

Menurut penuturan dari Nadiem terdapat 3 seleksi masuk perguruan tinggi negeri yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, dan Seleksi secara mandiri oleh PTN.

Jika dilihat sekilas ini hanya pergantian nama saja, karena dari BP3 sendiri belum memberikan detail atau mekanisme seperti apa secara resmi terkait berubahnya istilah yang dipergunakan untuk seleksi masuk PTN tersebut.

Tetapi, terdapat pernyataan resmi dari Kemendikbud Ristek terkait Seleksi Nasional Berdasarkan Tes pada tahun 2023, yaitu dimana dihapuskannya Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS).

Tes Kemampuan Akademik  berkaitan dengan tes mata pelajaran yang dipergunakan untuk tolak ukur bagi pengetahuan dan pemahaman siswa biasanya ditekankan pada soal-soal Higher Order Thingking Skill (HOTS). Sedangkan Tes Potensi Skolastik (TPS) yaitu suatu bentuk tes berupa kemampuan dalam penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum.

Halaman Selanjutnya

Alasan Penghapusan Tes Kemampuan Akademik

Share :

Baca Juga

menjadi pribadi menyenangkan di tempat kerja

News

4 Hal Yang Menunjang Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG)
cara membuat presensi online

News

3 Alasan Kenapa Guru Harus Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) di Era Digital

News

Juknis Baru Tunjangan Sertifikasi Guru Semua Jenjang? Cek Info Selengkapnya

News

7 Kompetensi Yang Harus Dikuasai Oleh Guru PPG Daljab

News

3 Langkah Darurat Atasi Learning Loss di Masa PTM Terbatas
Ilustrasi pengembangan literasi bermakna pada anak

News

Strategi Literasi Bermakna dalam Kegiatan Pra-Menulis Anak Usia Dini

News

Pendaftaran PPG 2022, Tujuan, dan Manfaatnya

News

Mengenal Pengertian Footage Dalam Editting Video