Home / News

Rabu, 23 Juni 2021 - 02:08 WIB

Pembelajaran Era Digital Melalui Video

Pembelajaran di era digital harus disesuaikan dengan zamannya. Dulu proses pembelajaran hanya bisa dilakukan secara tatap muka. Sekarang, pembelajaran bisa dilakukan dengan sistem jarak jauh tanpa mengurangi esensi dalam pembelajaran itu sendiri. Caranya yaitu, guru bisa mengajar dengan cara membuat video pembelajaran. 

Untuk membuat video pembelajaran di era digital sebenarnya relatif cukup mudah. Sudah banyak aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat video pembelajaran. Guru hanya butuh dengan kamera ponsel pintar, materi yang akan diajarkan, dan aplikasi untuk edit video untuk pembuatan video tersebut. Dengan berbekal yang disebutkan, guru sudah bisa membuat video pembelajaran yang disukai oleh siswa. 

Namun satu hal yang menjadi syarat utama agar bisa membuat video pembelajaran yang baik adalah kemampuan guru itu sendiri. Guru harus paham tentang proses perekaman video, cara menyusun materi, memasukkan audio, dan melakukan distribusi materi tersebut secara efektif. Semua itu tentu saja terdapat strateginya yang harus dikuasai oleh guru masa kini. 

Untuk membuat video pembelajaran tak membutuhkan ponsel harga mahal atau kamera yang profesional. Yang paling pokok, ponsel yang digunakan untuk membuat video pembelajaran tersebut memiliki kamera yang memadai dan bisa digunakan untuk merekam suara. 

Baca Juga:  Pesan untuk Orang Tua dalam Pembelajaran Daring

Kemudian untuk alat editing video, guru tak harus melakukan instalasi program di komputer. Pasalnya, membuat video pembelajaran ini bisa juga dilakukan melalui ponsel. Namun perlu diperhatikan, untuk segi kelancaran perlu mempertimbangkan spesifikasi ponsel yang akan digunakan. Disarankan menggunakan ponsel paling tidak memiliki RAM 2 GB ke atas. 

Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan pada era digital ini untuk membuat video pembelajaran, salah satunya adalah Kinemaster. Selain aplikasi tersebut tentu saja masih banyak aplikasi editing video untuk ponsel yang bisa digunakan. Dan aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk ponsel berbasis Android. 

Saat menggunakan aplikasi edit video untuk membuat video pembelajaran memang membutuhkan keterampilan guru. Sehingga video yang dibuat memiliki kualitas yang bagus. Artinya, video pembelajaran tersebut dapat disajikan kepada peserta didik dengan baik sehingga pesan pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Oleh sebab itu, dalam menyusun video, cara memasukkan audio, atau mungkin menambahkan musik, perlu dipahami langkah-langkahnya.  

Baca Juga:  Prinsip Penilaian Siswa sesuai Kurikulum 2013

Ketika video pembelajaran sudah jadi, materi tersebut dapat didistribusikan kepada peserta didik melalui beberapa cara. Dan cara yang paling efektif adalah mengunggah video tersebut ke Youtube. Sehingga ketika guru ingin membagikan materi pada siswa, tinggal menyalin tautannya dan mengirimnya kepada siswa. Dengan begitu, siswa dapat belajar melalui video yang telah dibuat oleh guru. 

Kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran ini sangat penting. Apalagi di masa pembelajaran di tengah pandemi yang harus menerapkan sistem jarak jauh (PJJ) atau daring.  Kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran sangat dibutuhkan. Dan di masa yang akan datang, kemampuan ini juga akan tetap relevan karena tantangan pendidikan di masa depan tak akan terlepas dari digitalisasi materi pembelajaran. 

Jika Anda ingin belajar tentang cara membuat video pembelajaran dapat mengikuti pelatihan di atas. Untuk info lebih lanjut terkait pelatihan tersebut dapat menghubungi kontak berikut ini:

WhatsApp

atau

WhatsApp

Share :

Baca Juga

News

Penting Diketahui Guru! Cara Penerapan Joyfull Learning Dalam Pembelajaran
pengolahan data penelitian

News

Talent Mapping untuk Mengetahui Potensi Anak

News

Cara Mengajar Terbaik yang Disukai Semua Siswa

News

Kelebihan Pembelajaran Menggunakan Quizizz yang Harus Diketahui

News

Jadwal dan Teknis Pelaksanan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2022, Cek Sekarang!

News

Modul Ajar dalam Kurikulum Prototipe sebagai Pengganti RPP 

News

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Animasi Melalui Powtoon

News

Bikin Kaget! Begini Nasib Pelajar Ukraina di Tengah Perang