Home / News / Pelatihan Guru

Selasa, 21 Juni 2022 - 23:22 WIB

Pelatihan 32 JP: Penguatan Keterampilan 4C pada Pembelajaran Abad 21

Keterampilan 4C – Sejalan dengan era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan makin canggih, dengan peran yang makin luas maka diperlukan guru yang mempunyai karakter.

Bangsa yang masyarakatnya tidak siap hampir bisa dipastikan akan jatuh oleh dahsyatnya perubahan alam dan kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas globalisasi itu sendiri.

Maka dari itu kualitas pendidikan harus ditingkatakan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis (critical thinking), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration) atau yang biasa disebut dengan 4C.

Indikator keberhasilan lebih didasarkan pada kemampuan untuk berkomunikasi, berbagi, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang kompleks, dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menanggapi tuntutan baru dan mengubah keadaan, dan memperluas kekuatan teknologi untuk menciptakan pengetahuan baru.

Ketidakmampuan anak dalam mengungkapkan keinginan, perasaan serta mengaktualisasikan apa yang ada dalam diri mereka menjadikan masalah yang dihadapi oleh anak-anak semakin besar.

Baca Juga:  Rekomendasi Kanal Youtube Seputar Pendidikan

Sehingga anak-anak memerlukan sebuah kemampuan dan keterampilan untuk mengungkapkan masalah yang mereka hadapi kepada orang lain.

Semua kecakapan ini bisa dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah.

Kegiatan yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana pembelajaran yang dibuatnya.

Communication

Communication (komunikasi) adalah proses pertukaran bahasa yang berlangsung dalam dunia manusia. Oleh sebab itu komunikasi selalu melibatkan manusia baik dalam konteks intrapersonal, kelompok maupun massa.

Berkomunikasi artinya perkembangan bicara dan bahasa yang mempunyai muatan emosi dan sosial, yaitu bagaimana sesi komunikasi itu dapat berlangsung secara timbal balik.

Masa kanak-kanak adalah usia yang paling tepat untuk mengembangkan bahasa. Karena pada masa ini sering disebut masa emas dimana anak sangat peka mendapatkan rangsangan-rangsangan baik yang berkaitan dengan aspek fisik motorik, intelektual, sosial, emosi maupun bahasa.

Baca Juga:  Kemendagri Rilis Seragam Batik Korpri Baru Untuk PNS Dan PPPK

Dalam proses pembelajaran guru harus membiasakan siswanya untuk saling berkomunikasi baik tentang pelajaran maupun hal lain, baik dengan guru maupun dengan siswa.

Bahasa yang digunakan siswa dalam berkomunikasi akan memberikan dampak pada siswa itu sendiri. Penggunaan kata yang tidak baik dalam komunikasi membawa dampak negatif.

Pesan yang disampaikan oleh siswa tidak dapat diterima oleh penerima pesan. Hal ini akan memicu terjadinya kesalahan dalam penerimaan pesan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman atau konflik dalam berinteraksi.

Selain itu, membiarkan siswa menggunakan kata-kata kasar dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kebiasaan buruk bagi anak.

Penggunaan kata yang baik dalam berkomunikasi akan membawa dampak positif pada anak. Anak akan merasakan kepuasan karena tujuan yang diinginkan tercapai sehingga kepercayaan diri anak akan meningkat.

Halaman berikutnya

Keterampilan critical thinking

Share :

Baca Juga

News

Kasus Terbaru, Pencairan Tunjangan Sertifikasi Tertunda untuk 6 Kategori Guru Ini

News

Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia

Pelatihan Guru

Guru Wajib Daftar Pelatihan 32 JP “Cara Mudah Membuat dan Mengelola Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif”

Advertorial

Daftar Sekarang! Diklat Bersertifikat 64JP “Bedah Kurikulum Merdeka dalam Rangka Tahun Ajaran Baru”

News

Panduan, Tata Tertib Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2022

Karya Ilmiah

Cara Mengubah Tesis Menjadi Buku untuk Menambah Angka Kredit Guru

News

Jadikan Kegiatan Belajar Anak Lebih Menarik dengan Bermain Teka-Teki Mengunakan Puzzlemaker!

News

Kemendikbudristek Sampaikan Prioritas Guru pada Seleksi ASN PPPK, Simak Penjelasannya!