Pelatihan 32 JP: Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dengan Edpuzzle

- Editor

Sabtu, 19 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Platform Pembelajaran Edpuzzle – Pelatihan bersertifikat 32 JP ini merupakan pelatihan reguler yang diselenggarakan oleh e-Guru.id. Pelatihan ini berjudul “Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dengan Edpuzzle”.

Kegiatan yang akan diselenggarakan mulai tanggal 22-30 Maret 2022 ini akan dibimbing oleh Osman Fredy O., S.Pd. selaku instruktur pelatihan dengan pertemuan sebanyak 5 (lima) kali yang akan diselenggarakan via zoom dan telegram.

Sekilas Tentang Edpuzzle

Edpuzzle adalah sebuah platform yang dapat membantu memilih video pembelajaran, kemudian mengedit, memotong, merekam suara dan menambahkan pertanyaan. Dengan Edpuzzle, kegiatan menonton video pembelajaran bagi siswa lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif.

Dalam platform Edpuzzle, guru dapat mengumpulkan data terkait dengan interaksi siswa melalui video. Misalnya, sudah berapa kali menonton, menjawab pertanyaan, memberikan tanggapan, dan lain sebagainya.

Edpuzzle yang merupakan pembelajaran interaktif, bisa diakses secara gratis yang memudahkan guru dalam berinteraksi menggunakan video pembelajaran. Siswa bisa bertanya atau guru meminta tanggapan murid mengenai video yang ditayangkan.

Dengan demikian, melalui platform Edpuzzle ini guru dapat memilih video, menambahkan pertanyaan sendiri, menambahkan komentar atau narasi yang kemudian menjadi bahan tugas untuk siswa.

Mode Edpuzzle

Ada dua model Edpuzzle yang akan digunakan, yaitu:

1. Mode Edpuzzle klasik

Mode klasik dapat mendorong siswa menonton video secara individu dengan kecepatan masing-masing. Biasanya mode ini cocok diterapkan di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalui mode klasik ini, pembelajaran dapat dilaksanakan di rumah. Sehingga setiap siswa bisa menonton videonya di rumah masing-masing.

2. Mode Edpuzzle live

Mode yang kedua adalah mode live yang atau mode siaran langsung. Melalui mode ini, guru bisa memproyeksikan video tersebut secara langsung di kelas ketika pembelajaran sedang berjalan.

Sehingga apabila ada pertanyaan-pertanyaan yang disisipkan atau catatan, siswa juga bisa langsung melihat soal tersebut. Artinya siswa langsung bisa menjawab soal pada saat siaran berlangsung. Mode live ini cocok untuk pembelajaran luring atau pembelajaran di kelas.

Fitur Edpuzzle

Edpuzzle merupakan platform yang membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis video. Platform ini membantu siswa belajar melalui media video sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing.

Fitur dalam Edpuzzle sebagai platform pembelajaran berbasis video adalah sebagai berikut.

  • Guru dapat menggunakan sumber daya dari orang lain seperti konten di Youtube dan sejenisnya, atau guru juga dapat mengunggah video yang merupakan karyanya sendiri.
  • Guru bisa melihat progres persentase penyelesaian, sehingga guru bisa mengetahui siapa saja yang telah tuntas menonton video.
  • Layaknya Learning Management System (LMS), Edpuzzle juga dapat ditambahkan tanggal tenggat tugas.
  • Guru dapat menyematkan pertanyaan dan catatan di seluruh video. Video berhenti secara otomatis atau bergerak maju setelah ada yang merespons.
  • Guru dapat memberikan tanggapan umpan balik untuk ditampilkan setelah terkirim respon, sehingga pengirim menerima umpan balik secara segera.

Selain itu, fitur menarik lainnya adalah bahwa dengan Edpuzzle, guru bisa mengambil beberapa laporan terkait video yang sudah ditonton oleh siswa. Diantaranya adalah:

  • Guru bisa memberikan penugasan ke kelas atau kepada siswa
  • Guru bisa mengamati bagaimana siswa belajar melalui video. Artinya mungkin ada beberapa bagian tertentu yang siswa bisa menonton berkali-kali dengan kata lain terdapat bagian tersulit yang guru bisa ambil datanta.
  • Kemudian guru juga bisa mengambil laporan detail. Misalnya siapa yang menontonnya tidak full atau tidak sampai selesai, kemudian siapa yang menontonnya beberapa kali. Tentunya guru bisa melihat bagaimana respon atau jawaban dari siswa terhadap soal yang telah diberikan.

Jenis Kelas Edpuzzle

Ada dua jenis kelas pada platform pembelajaran Edpuzzle. Kedua jenis kelas tersebut adalah kelas klasik dan kelas terbuka atau open class.

1. Kelas klasik

Kelas klasik iini membutuhkan siswa login melalui email atau akun siswa. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Kemdikbud sudah menyiapkan akun belajar.id untuk setiap sekolah.

Dengan demikian, siswa sudah punya akun sendiri-sendiri dari belajar.id yang dengan begitu pembelajaran bisa menggunakan jenis kelas klasik ini. Siswa bisa memasukkan akun masing-masing dari akun belajar.id tersebut ke kelas terbuka.

2. Kelas terbuka

Kelas terbuka ini memudahkan siswa dalam bergabung ke dalam pembelajaran. Siswa bisa login tanpa email. Inilah perbedaan antara kelas klasik dengan kelas terbuka.

Proses masuknya adalah dengan menggunakan kode kelas yang di-share oleh guru. Kedua jenis kegiatan ini sebenarnya bisa dikoneksikan dengan Google Classroom. Dengan begitu, guru bisa menggunakan variasi pembelajaran dalam memanfaatkan platform Edpuzzle tersebut.

Konten Edpuzzle

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa Edpuzzle adalah plaform yang digunakan untuk membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran melalui video.

Karena pembelajaran berbasis video ini sebenarnya penting diterapkan oleh guru. Terlebih ketika dihadapkan dengan pembelajaran jarak jauh.

Artinya guru tidak terpaku dengan hanya bertemu secara virtual, kemudian memberikan tugas berupa PDF atau Google Docs. Berikut konten-konten yang dapat dimanfaatkan oleh guru ketika menggunakan Edpuzzle sebagai media pembelajaran.

  • Memanfaatkan konten yang sudah dibagikan oleh guru lain;
  • Mencari video dari Youtube yang kemudian dijadikan sebagai konten pembelajaran; atau
  • Mengunggah rekaman atau video yang dibuat sendiri.

Manfaatkanlah konten-konten yang sekiranya sesuai dengan pembelajaran yang sedang berjalan atau materi-materi yang relevan dibahas. Terlebih ketika mata pelajaran yang diampu adalah Kimia yang memang membutuhkan praktik melalui video dalam prosesnya.

Karena Edpuzzle ini bisa menggunakan video dari berbagai sumber, maka agar lebih mudah gunakanlah konten video tersebut dari berbagai sumber, termasuk konten dari guru-guru lain yang ada di Edpuzzle. Gunakanlah konten yang serumpun.

Misalnya, ada guru Kimia sudah membuat video pembelajaran kemudian di-share di Edpuzzle, dan guru Kimia lain menggunakannya. Ini juga bisa kita gunakan.

Fungsi dan Manfaat Platform Edpuzzle

Edpuzzle berfungsi sebagai evaluasi dalam pemanfaatan video pembelajaran yang diberikan. Dengan memberikan pertanyaan di setiap bagian bahan ajar yang ada di dalam video tersebut sehingga membantu guru melaksanakan penilaian hasil belajar.

Adapun manfaat dari Edpuzzle adalah sebagai berikut.

  • Guru mengetahui seberapa lama siswa menonton video pembelajaran yang diberikan guru, dan berapa statistik penyelesaiannya menonton video pembelajaran.
  • Siswa dapat menonton video dengan kecepatan mereka sendiri.
  • Guru dapat melihat siapa saja yang menonton video dan siapa saja yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan.
  • Dalam Edpuzzle, siswa tidak dapat mempercepat atau melewati video ataupun membuka tab lain ketika membuka Edpuzzle
  • Guru mengukur daya serap atau pemahaman siswa akan materi yang terdapat dari video pembelajaran yang dijadikan konten Edpuzzle. Kegiatan mengukur daya serap ini bisa dilihat dari jawaban siswa pada pertanyaan yang diajukan pada konten video pembelajaran Edpuzzle.
  • Edpuzzle dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Kelebihan Edpuzzle

Terdapat beberapa kelebihan dalam Edpuzzle, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Video yang digunakan dapat berupa video yang dibuat sendiri, memanfaatkan video yang disediakan oleh Edpuzzle atau bisa juga diambil dari konten Youtube, dan video referensi lainnya.
  2. Edpuzzle sangat praktis, tidak memakan waktu yang lama dan juga tidak membutuhkan memori yang besar.
  3. Jawaban yang merupakan hasil belajar siswa dapat langsung diunduh dalam bentuk Excel.
  4. Kompatibel dengan berbagai perangkat, misalnya, laptop, computer/PC, handphone, atau tablet.

Hal-Hal yang Dibutuhkan Ketika Menggunakan Edpuzzle

Beberapa hal yang dibutuhkan ketika guru hendak menggunakan platform pembelajaran Edpuzzle di kelas adalah sebagai berikut.

  • Jaringan internet;
  • Perangkat (laptop, computer/PC, handphone, atau tablet);
  • Akun Email;
  • Konten video yang hendak disajikan; dan
  • Menyiapkan pertanyaan bagi siswa. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan KEKINIAN dan TERUPDATE bersertifikat 32 JP “Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dengan Edpuzzle” yang diselenggarakan oleh e-Guru id.

Pelatihan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 30 Maret 2022 dengan pertemuan sebanyak 5 kali. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga sebelum kuota peserta habis!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

Berita Terkait

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!
Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 
Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!
Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!
Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Ikuti Diklat Bersertifikat 38 JP Peningkatan Digital Skill untuk Guru Mapel Informatika 
Info Penting Khusus untuk Guru IPA semua Jenjang! Diklat Khusus Mapel IPA Bersertifikat 38 JP
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:21 WIB

Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!

Jumat, 15 Maret 2024 - 10:41 WIB

Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 

Senin, 5 Februari 2024 - 10:25 WIB

Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!

Sabtu, 3 Februari 2024 - 11:36 WIB

Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!

Selasa, 23 Januari 2024 - 20:13 WIB

Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Ikuti Diklat Bersertifikat 38 JP Peningkatan Digital Skill untuk Guru Mapel Informatika 

Selasa, 23 Januari 2024 - 19:54 WIB

Info Penting Khusus untuk Guru IPA semua Jenjang! Diklat Khusus Mapel IPA Bersertifikat 38 JP

Berita Terbaru