Home / News

Minggu, 24 Oktober 2021 - 01:02 WIB

Panduan Pengisian Kurikulum Sekolah SD pada Aplikasi Dapodik 2022

Sekarang ini berbagai hal terkait dunia pendidikan ini dapat dilakukan serba digital termasuk dalam input data sekolah. Hal ini tentu berbeda dengan pendidikan zaman dahulu yang proses kurikulumnya tidak perlu menggunakan aplikasi dan internet.

Terkait dengan dunia pendidikan, pihak sekolah juga perlu melakukan input data terkait kurikulum sekolah. Berbagai kurikulum ini perlu di-input dengan benar agar sekolah tersebut bisa benar-benar mengetahui terkait apa yang kurang dari proses belajar-mengajar.

Ada beberapa panduan yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan input data ini ke aplikasi. Untuk panduan ini hanya berlaku bagi Sekolah Dasar (SD) dan sederajat serta pastikan data yang diinput benar. 

Tarik Data/Sinkronisasi

Sebelum melakukan input data ke aplikasi Dapodik, Anda perlu melakukan tarik data terlebih dahulu dari situs resmi Dapodik. Proses tarik data ini bisa dilakukan dengan menggunakan akun operator atau akun kepala satuan.

Untuk proses tarik datanya, Anda harus login terlebih dahulu di situs resmi Dapodik lalu dilakukan validasi data. Jika di tahapan ini berhasil maka Anda bisa melakukan tarik data untuk nantinya di-upload ke aplikasi Dapodik 2022.

Baca Juga:  Penerapan kurikulum prototipe pada jenjang sekolah dasar

Perbaiki Isian Pembelajaran 

Selanjutnya dari tarik data tersebut, Anda bisa langsung masuk ke aplikasi dan memperbaiki berbagai data yang kurang tepat. Untuk proses ini dilakukan dengan dua bagian yaitu rombongan belajar dan mata pelajaran yang lain.

Untuk rombongan belajar, Anda bisa masuk ke menu sub reguler, lalu Anda bisa mengisi berbagai data di dalamnya. Di antara data tersebut seperti PTK, SK mengajar, tanggal mengajar dan juga data lainnya. Ketika semua data tersebut sudah diisi maka Anda bisa klik simpan pada bagian tersebut.

Lalu, di bagian lainnya Anda juga harus mengisi mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan yang lainnya. Untuk proses pengisiannya tentu bisa dilakukan sama seperti di langkah sebelumnya.

Baca Juga:  Implementasi Kurikulum Baru 2022 di Level SD, Pahami Dulu Bedanya dengan Kurikulum Lama

Jadi dalam proses isi data terkait mata pelajaran dan yang lainnya tersebut tentunya harus berdasarkan pada data yang sudah ditarik dari situs resmi tersebut. Ketika data itu ditarik, tentunya tidak akan ada kesalahan teknis saat input data menggunakan aplikasi tersebut.

Jika data yang akan ditarik memiliki ukuran yang besar tentunya Anda harus menggunakan internet yang stabil. Sehingga solusi terbaik untuk mengatasi ini semua adalah Anda bisa menggunakan Wifi. 

Lalu, hal yang tak kalah pentingnya adalah pada saat input data melalui aplikasi pastikan dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Jika ini diabaikan maka Anda akan terus mengulang proses ini ketika ada data yang tidak cocok dari data yang sebenarnya. 

Dapatkan info terbaru dan ikuti seminar atau diklat untuk guru tentang cara penggunaan teknologi dalam pendidikan dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

3 Website Penyedia Template PPT Gratis dan Menarik

News

Penyelenggaraan Pendidikan Politik Untuk Memperkuat Pilar Kebangsaan

News

Belajar Optimisasi Facebook untuk Pembelajaran yang Menarik
panduan bisnis untuk guru

News

Program Bimbingan Bisnis bagi Guru, Hasilkan Profit Besar

News

Aplikasi Membuat TTS Online untuk Menjadikan Pembelajaran Makin Seru

News

Guru Harus Tahu Gaya Belajar Gen Z

News

Contoh Karya Inobel Guru
https://naikpangkat.com/mengenal-fitur-fitur-aplikasi-canva/

News

Peranan Digitalisasi Dalam Bidang Pendidikan