Home / Opini

Jumat, 2 April 2021 - 00:51 WIB

Orang Tua Jadi Guru dalam Pembelajaran di Masa Corona

Saat pembelajaran di masa pandemi dilakukan di rumah, menurut Kak Seto, materi pelajaran dari guru dapat  disampaikan ke orang tua.  Dan orang tua yang menyampaikan kepada anak-anak dengan gaya masing-masing. Ia menyebut, yang penting kompetensinya bisa terbentuk.

Guru utama bagi anak saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) orang tua. Jadi bisa dikatakan di masa pandemi ini orang tua, terutama orang tua siswa yang masih usia sekolah dasar merupakan guru yang membimbing dalam belajar. Sebagian besar siswa yang masih membutuhkan bimbingan 100% dari orang tuanya adalah siswa sekolah dasar terutama yang tinggal bukan di kota. 

Menurut Lokadata  jumlah siswa sekolah dasar pada tahun 2020 adalah 25,2 juta anak. Maka dengan begitu, terdapat 25,2 juta orang tua menjadi guru bagi anak sekolah dasar pada masa belajar di rumah. Artinya masa pandemi bisa dikatakan telah mencetak jutaan guru baru yang bisa juga dikatakan. 

Baca Juga:  Cara Mengelola Emosi Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi

Telah genap satu tahun pada bulan Maret 2021 ini  PJJ berlangsung. Tak sedikit masa PJJ diwarnai berbagai keluhan dari wali murid. Sekelumit kata terlontar dari beberapa wali yang mengeluhkan anaknya susah diajak belajar, bahkan kadang menolak diajak mengerjakan tugas.

Beberapa tips bagi orang tua saat mendampingi anak belajar di rumah masa PJJ antara lain ciptakan suasana menyenangkan, siapkan fisik dan psikologis anak, siapkan tempat yang menyenangkan serta komunikasi yang baik dan lemah lembut.

Baca Juga:  Menjawab Tantangan Guru Kreatif Era 4.0 dengan e-Modul

Tips bagi guru saat PJJ antara lain ciptakan suasana menyenangkan, mengusahakan adanya interaksi dengan siswa melalui pesan suara atau video call secara kelompok kecil, memberi label positif atau penguatan kepada siswa serta mengajar dengan hati.

Tips bagi sekolah untuk memotivasi orang tua siswa, salah satunya dengan memberi penghargaan atas kerja sama dan pengorbanan dalam membimbing anak. Penghargaan dari sekolah dapat berwujud sertifikat penghargaan menjadi guru bagi putranya.

Orang tua yang telah menjadi guru di masa pembelajaran jarak jauh ini memang kayak diberi penghargaan. Sekolah dapat mengusahakan dengan pemberian sertifikat penghargaan, bertajuk “Membimbing Siswa dengan Hebat.”

Ditulis oleh: Sartini, S.Pd., Guru di SDN Blumbang 

Share :

Baca Juga

empty road between trees

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Indah Wulandari

Opini

Sikap Tempramental Peserta Didik dan Cara Menanganinya
peran orang tua dalam pendidikan anak

Opini

Membuka Pikiran Orang Tua Siswa dalam Pendampingan Belajar Online

Opini

Beternak Perkutut, Solusi Guru ASN Menjelang Pensiun
peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh

Opini

Bangkitnya Pelajaran TIK di Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Elin Windari
membuat e-modul

Opini

Gadget dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Opini

“Bu Guru Mila, My Bestie”