Home / News

Rabu, 23 November 2022 - 11:50 WIB

Nadiem Makarim Minta Guru Penggerak Bersiap jadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Tahun 2023

Imbauan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengenai Guru Penggerak diminta bersiap untuk menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah di tahun 2023 kedepan karena akan mendapatkan prioritas. 

Kesempatan besar tersebut menjadi ruang bagi guru penggerak untuk bisa mendorong gerakan transformasi pendidikan apalagi dengan bekal selama pelatihan dalam program Guru Penggerak.

Menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah bukanlah hal yang mudah. Akan banyak sekali tantangan dan juga amanah yang kelak harus siap dituntaskan.

Apabila mengacu berdasarkan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, maka guru penggerak jelas memiliki kesempatan menjadi calon kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Dalam dalam Dialog Penggerak yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada 17 November 2022, Nadiem selaku Mendikbud meminta Pemerintah Daerah untuk mengangkat guru penggerak menjadi kepala sekolah dan pengawas di tahun 2023.

Bapak Kepala Dinas (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat), kami butuh sekali bantuan agar guru-guru penggerak ini tahun depan semua diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas,” Jelas Nadiem. 

Baca Juga:  Cara Merancang Pembelajaran Sesuai Kebijakan Kurikulum Prototipe

Selain itu, beliau juga memberikan pernyataan menarik terkait alasan mengapa guru penggerak akan menjadi prioritas calon kepala sekolah dan pengawas. Hal ini dikarenakan guru- guru penggerak dinilai mampu memberikan perubahan besar dalam dunia pendidikan, terlebih saat nanti diamanahi menjadi Kepala Sekolah.

Mendikbud Ristek, Nadiem menyebut bahwa pihaknya memberikan posisi sebagai pemimpin dalam hal ini kepala sekolah dan pengawas untuk bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan.

Kendati jumlah guru penggerak banyak yang berusia muda, namun mereka telah berhasil mengikuti pendidikan.

Dalam kurun waktu selama sembilan bulan, semua tantangan yang menempa karakter dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan telah berhasil dilalui.

Selanjutnya Nadiem juga menambahkan bahwa seorang pemimpin tersebut harus berani mencoba melakukan suatu perubahan seperti halnya guru penggerak. Sehingga harapannya imbauan ini dapat dilaksanakan demi perbaikan pendidikan di Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud Ristek turut memberikan sejumlah motivasi terkait kemampuan memimpin.Mendikbud menyebut bahwa jangan takut menjadi pemimpin di usia muda. Apabila gagal, maka harus terus dicoba kembali dan melakukan perubahan secara bersama-sama.

Halaman selanjutnya

Kepala Dinas Pendidikan…

Share :

Baca Juga

News

Love Quotient (LQ), Kecerdasan Baru yang Perlu Dimiliki Siswa

News

Detail Kenaikan Tunjangan PNS Berlaku Mulai Bulan September 2022, Simak Selengkapnya!

News

Contoh Game Based Learning Yang Perlu Dicoba Guru

News

MenPAN-RB : Data yang Harus Disiapkan Guru Honorer untuk Ikut Seleksi CPNS dan PPPK

News

4 Tips Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

News

Tips Menggunakan Media Pembelajaran Fotografi dalam Pembelajaran

News

Masa Kontrak Kerja PPPK Guru Bisa Diperpanjang? Begini Aturannya!

News

Download Pedoman Terbaru ! Penerapan Kurikulum Merdeka 2022 Mengenai Struktur Kurikulum Hingga Linieritas Guru Semua Jenjang