Home / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri

Sabtu, 16 Juli 2022 - 19:19 WIB

Merdeka Belajar Pemanfaatan Platform Belajar.id Sebagai Media Pembelajaran

Platform belajar.id – Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia yang mandiri, berkepribadian, maju dan berdaulat melalui penciptaan pelajar pancasila. Untuk mewujudkan visi tersebut, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan program, di antaranya Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar memberi siswa kebebasan untuk belajar kapan saja, di mana saja, dari mana saja. Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, siswaperlu menggunakan metode pembelajaran dengan sumber belajar yang berbeda, mau atau tidak mau. Salah satunya adalah pembelajaran dengan teknologi digital.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Kemendikbudristek telah menyediakan akun pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru, murid dan orang tua, yaitu belajar.id. Selain itu penyediaan akun pembelajaran ini juga sebagai bentuk digitalisasi sekolah

Digitalisasi sekolah akan membantu percepatan penyiapan pelajar Pancasila sebagai tunas bangsa. Digitalisasi sekolah yang menjadi terobosan khususnya di sekolah dasar dah menjadi salah satu hal yang perlu diadaptasi.

Baca Juga:  Memanfaatkan Google Slide sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Secara konseptual, digitalisasi sekolah merupakan implementasi pembelajaran baru dalam rangka persiapan Revolusi Industri. Karakteristik new learning tersebut adalah student centermultimediacollaborative workinformation exchange dan critical thinking in an information making.

Dalam rangka percepatan digitalisasi tersebut, Kemendikbudristek selalu berupaya agar ketersediaan sarana pembelajaran berupa peralatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dapat disiapkan secara bertahap. Baik itu oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun mitra-mitra terkait

Pengembang Teknologi Ahli Muda Kemendikbudristek, Wibowo Mukti, S.Kom., M.Si. menjelaskan platform belajar.id yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek bertujuan untuk memudahkan para peserta didik dalam mengakses berbagai layanan pendidikan.

Halaman Selanjutnya

manfaat belajar.id

Share :

Baca Juga

Pengembangan Diri

Perbedaan Karya Ilmiah dan Karya Ilmiah Populer
https://bit.ly/Diklat35JP_ModulAjar

Advertorial

Daftar Sekarang Sebelum Ditutup! Diklat Bersertifikat 35JP Modul Ajar

Pengembangan Diri

Contoh Soal Asesmen Diagnostik Non Kognitif Semua Jenjang

Pelatihan Guru

Diklat Bersertifikat 35JP (Merdeka Belajar Merdeka Mengajar) Seperti Anjuran Kemendikbud

Pelatihan Guru

Workhop Bersertifikat 35 JP : Implementasi Model Project Based Learning berbasis Literasi sebagai Materi Esensial dalam Kurikulum Merdeka

Advertorial

Download Materi Webinar Gratis Google Wrokspace for Edu untuk PTM Terbatas

Pengembangan Diri

Refleksi Pendidikan Indonesia, dan Hubungannya dengan Kurikulum Merdeka

Pengembangan Diri

Pengertian KOSP Dalam Pendidikan Di Sekolah