Home / Opini

Kamis, 16 September 2021 - 00:33 WIB

Meningkatkan Rasa Empati di Lingkungan Sekolah di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar terhadap dunia pendidikan yang mengarah pada hal-hal yang negatif. Namun di sisi lain, pandemi tersebut juga mampu memberikan dampak positif, salah satunya meningkatkan rasa empati pada sesama khususnya di lingkungan sekolah.

Wabah penyakit virus tersebut telah memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan masyarakat secara luas, terutama lingkungan di sekolah.  Merebaknya virus Corona ini membuat pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan khusus di bidang pendidikan yaitu untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing baik secara daring maupun luring.

Begitu cepatnya penyebaran wabah ini mengakibatkan sebagian peserta didik, pendidik, maupun tenaga non-pendidik terpapar Covid-19. Sejauh ini sudah terdapat ratusan ribu  orang meninggal dunia akibat virus tersebut di Indonesia. Sementara untuk kasus positif terinfeksi mencapai lebih dari 4 juta.

Di antara jumlah kasus tersebut, salah satunya sudah pasti terdapat para guru dan siswa atau warga sekolah lainnya.  Ketika mengalami positif terinfeksi membuat mereka tidak hanya tidak bisa belajar bersama, tetapi juga tidak dapat bertemu dengan teman sejawat.

Dukungan moril terhadap warga sekolah yang terinfeksi sangat dibutuhkan. Ketika ada teman sejawat yang positif Covid-19, warga sekolah perlu saling mendoakan, memberi  salam sehat atau sekadar menyampaikan tali kasih, serta memberi perhatian yang lebih. Ucapan doa dan motivasi, penyemangat, harus terus menerus diucapkan lewat berbagai media meskipun hanya melalui media seperti  WhatsApp dan sejenisnya. 

Untuk menanggulangi penyebaran yang lebih banyak lagi, memang perlu dilakukan sosialisasi bahwa kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran.  Pasalnya, tidak ada yang lebih penting daripada sebuah keselamatan nyawa manusia.

Untuk itu, dibutuhkan kerja sama secara menyeluruh dari semua pihak untuk lebih menumbuhkan rasa empati,  khususnya di lingkungan sekolah. Semua itu sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19 ini.

Ditulis oleh : Sri Suhartini, S.Pd. (Guru SLB C DRRP II Yogyakarta)

Share :

Baca Juga

Opini

Tantangan Mengajar Online di SDN Nglaris selama Pandemi Covid-19
pandemi covid-19

Opini

Bagaimana Kami (Guru) Menghadapi Pandemi Covid-19  

Opini

Digitalisasi Pendidikan Solusi Menghadapi Pandemi

Opini

Ketika Pembelajaran Luring Menjadi Satu-satunya Solusi di Masa Pandemi

Opini

Dampak Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Siswa Sekolah

Opini

Kiat untuk Guru Matematika dalam Memotivasi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Opini

Tips & Trik Menjadi Guru Berprestasi di Era Digital
cara membuat presensi online

Opini

4 Tips Guru Agar Relevan Sepanjang Zaman