Mengenal Pengertian Footage Dalam Editting Video

- Editor

Sabtu, 16 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian Footage – Kata dan istilah Footage akan sering ditemui jika kita mendalami dunia cinematography, apalagi bagi kita yang suka mengedit video.

Jika mendengar secara sekilas Footage bersalah dari gabungan kata dalam bahasa Inggris, yaitu ‘Foot yang artinya kaki’ dan ‘Age yang artinya umur’. Jika makna tersebut digabungkan tentu saja tidak akan ada hubungannya dengan dunia editing video.

Jadi apa sebenarnya makna footage dalam sebuah video editing? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Footage

Seperti halnya dalam dunia desain grafis, Footage bisa disebut mentahan. Jika dalam dunia desain grafis ada yang disebut sebagai template, nah di video editing Footage sama seperti template yaitu sebuah mentahan.

Bedanya jika dalam sebuah template selain bisa digabung juga bisa di edit, sedangkan dalam Footage hanya bisa digabung dengan video lain atau digabung dengan Footage lain.

Jika di simpulkan pengertian Footage atau video Footage merupakan potongan rekaman video mentah hasil rekaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Footage berdurasi beberapa detik saja dan pasti memiliki tema.

Sebagai contoh apabila Anda ingin membuat video cara mengoperasikan Hp Android. Nah Anda bisa menggunakan Footage tampilan HP, saat HP dinyalakan dll.

Nah bagaimana kalau ambil video di jalanan, contohnya keadaan jalanan sedang macet, jalanan saat sedang ada pengamen jalanan, apakah termasuk footage? tentu saja iya, mungkin untuk membuat durasi yang diinginkan maka ada beberapa bagian video yang ditambahkan yang tidak ada dalam sekrenario agar terhubung dengan video.

Apabila Anda sudah handal dalam pembuatan footage, Anda juga dapat menjualnya untuk tambahan penghasilan.

Cara Memperoleh Footage

1. Download secara gratis

Yang pertama kalian bisa download Footage secara gratis dan dapat digunakan ulang tanpa takut terkena hak cipta atau copyright. Untuk mendapatkan Footage secara gratis kalian bisa mengunjungi situs pixabay.com.

2. Merekamnya sendiri

Misalnya kalian membutuhkan Footage yang lebih spesifik seperti Footage seseorang menggunakan baju komunitas tertentu maka kalian wajib merekam Footage sendiri. Untuk hasil yang maksimal pastikan merekam menggunakan perangkat yang memiliki fitur stabilitas.

3. Membeli footage

Terakhir kalian bisa membeli stock Footage di situs yang menjual berbagai jenis Footage. Tidak ada salahnya membeli, selain bisa mendapatkan Footage yang lebih bagus dengan membeli kita juga memberikan apresiasi kepada perekam dan pembuat Footage tersebut.

Membuat footage tidak semudah yang dibayangkan, perlu daya seni yang baik serta perlunya menambah beberapa efek serta penambahan teks agar footage memiliki arti.

Lalu apa yang menjadi Footage dalam Video Youtube menjadi penting?

Tentu saja sangat penting, karena dengan adanya footage video dalam sebuah konten di Youtube akan menambah unsur keindahan serta variasi video dalam sebuah konten, selain itu footage menjadi video semakin hidup dan lebih terlihat terkonsep.

Nah, berikut ini tips menjadi guru youtuber , dan mahir editing serta publikasainya:

Tips Menjadi Guru Youtuber

Pertama, membuat Channel Youtube

Langkah awal untuk menjadi Youtuber tentu saja harus memiliki Channel Youtube. Nama channel Youtube bisa di sesuaikan dengan konten apa yang akan mengisi channel tersebut sebut saja seperti channel e-Guru TV (https://www.youtube.com/c/eGuruTV) nama tersebut merepresentasikan channel yang berisi lengkap mengenai hal- hal yang bisa membantu guru di era yang serba elektronik atau internet.

Selain itu ada Belajar Era Digital (https://www.youtube.com/c/BelajarEraDigital) yang juga merepresentasikan isi channelnya berupa apa-apa saja yang bisa dipelajari di masa digital bagi para guru.

Kedua, membuat Video Yotube

Langkah kedua, yaitu membuat berbagai video yang nantinya akan mengisi Channel Youtube yang sebelumnya telah dibuat, banyak video yang akan diupload. Jenis video yang diupload di Youtube ada 2 yaitu Video Offline dan Video Live Streaming.

Video offline merupakan video biasa yang sebelumnya harus dipersiapkan oleh kreator yang nantinya akan diupload di channel Youtube. Video bisa dibuat dari PowerPoint, rekaman video, maupun cara lain.

Video Live Streaming merupakan video yang disiarkan secara langsung, bisa berupa zoom meting atau google meet yang disiarkan langsung dalam youtube. Tujuannya agar lebih bayak orang dapat berinteraksi di waktu yang besamaan.

Ketiga, Editing Video

Untuk bisa memberikan video yang baik dan bagus perlu sedikitnya skill mengedit video. Sudah berbagai platform menyediakan aplikasi editting video baik yang bisa diakses di PC atau bahkan di smartphone.

Mulai dari aplikasi Kinemaster, Filmora, hingga Aplikasi VN yang sangat mudah untuk dipelajari bagi siapa saja, asalkan mau mencobanya.

Video akan menjadi lebih terlihat matang konsepnya jika didalam video tersebut juga ditampilkan footage, serta tambahan efek- efek editing yang mendukung isi konten tersebut.

Keempat, Monetisasi Youtube

Monetesi Youtube merupakan proses konversi dari performa suatu video di Youtube. Youtube sendiri mensyaratkan untuk mencapai monetisasi, maka sebuah channel Youtube minimal memiliki 1000 subcriber dan 4000 jam tayang. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, maka pemilik channel Youtube boleh mengajukan monetisasi Youtube dan cara daftar Google AdSense YouTube.

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bagi seorang Youtuber Monetesi adalah proses yang sangat ditunggu tunggu. Channel Youtube akan menjadi sumber penghasilan bagi kreator video. Indikator yang menjadi penilaian, antara lain jumlah tayangan, retensi penonton, jumlah klik, dan serta indikator lainnya. Simak saja seperti Youtuber top di Indonesia seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Raffi Achmad, Baim Wong dan Youtuber lainnya.

Bagi seorang guru, dengan membuat konten pembelajaran yang diunggah di Youtube, tentunya ini bisa menjadi tambahan penghasilan juga. Jadi, ketika seorang guru sudah memiliki channel Youtube, maka konsistensi membuat konten pembelajaran sangat ditunggu. Tantangan Youtuber dari latar belakang apapun adalah konten.

Sudah banyak contoh guru-guru yang menjadi Youtuber, bisa simak beberapa kisah menariknya para guru-guru yang juga menjadi Youtuber. Meskipun pasti banyak kendala, tapi mencoba bukanlah hal yang salah. Seorang guru, sangat diuntungkan karena materi ajar setiap sesi bisa diunggah setiap pekan, bahkan setiap hari.

Kini giliran Anda untuk memulainya !

Melalui Workshop Nasional Gratis Editing Video Profesional Untuk Youtuber Guru Era Digital bersertifikat 32 JP, Anda akan memperoleh tips serta cara menjadi Guru Youtuber Profesional mulai dari membuat footage Video Youtube.

Simak dalam link ini untuk PENDAFTARAN GRATIS Workshop Nasional Editing Video Profesional Untuk Youtuber Guru Era Digital diselenggarakan kerjasama antara Belajar Era Digital dan e-Guru Foundation yang diselenggarakan secara gratis mulai tanggal 18- 21 April 2022.

https://naikpangkat.com/100-gratis-bersertifikat-32-jp-workshop-nasional-editing-video-profesional-untuk-youtuber-guru-era-digital/

Untuk Informasi lebih lengapnya silahkan menghubungi Wa.me/6289572129797 (Faizin)

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 743 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru