Mengenal Jenis Media Pembelajaran dari Canva Pendidikan

- Editor

Minggu, 24 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Canva Pendidikan memiliki banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran salah satunya adalah desain grafis.

Desain grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang digunakan untuk menciptakan persepsi dari suatu pesan yang disampaikan.

Terdapat beberapa manfaat desain grafis sebagai media pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk grafis.
  2. Mempersiapkan peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah yang disampaikan dalam bentuk grafis.
  3. Mengasah kreatifitas peserta didik.
  4. Membuat kegiatan belajar mengajar jadi tidak membosankan.

Selain desain grafis, terdapat beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dengan memanfaatkan Canva Pendidikan yaitu sebagai berikut :

  1. Video Pembelajaran

Video pembelajaran merupakan sebuah media pembelajaran yang menyajikan audio dan visual yang mengandung materi pembelajaran dengan berisikan konsep, prinsip, prosedur, teori, dan contoh terhadap suatu pengetahuan dengan harapan dari video tersebut peserta didik dapat memahami isi materi pembelajaran.

2. PowerPoint Pembelajaran

Guru dapat memanfaatkan software Microsoft PowerPoint dengan menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Media ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih jelas dan menarik.

3. Poster Pembelajaran

Poster yang digunakan dalam pembelajaran yang pada prinsipnya merupakan gagasan yang diwujudkan dalam bentuk ilustrasi objek gambar yang disederhanakan dan dibuat dengan ukuran besar. Tujuan dari dibuatnya poster pembelajaran adalah untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi, atau mempperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.

4. LKPD

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sasaran untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehinga terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dan guru, serta dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.

5. Modul Pembelajaran

Modul menjadi satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara mandiri yang didalamnya terdapat komponen dan petunjuk yang jelas sehingga peserta didik dapat mengikuti secara runtut tanpa campur tangan pengajar.

6. Komik Pembelajaran

Komik pembelajaran merupakan media yang digunakan untuk dapat mengatasi permasalahan dalam memahami materi. Dengan menggunakan analogi dan gambar cerita dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat membantu peserta didik dalam memahami materi.

7. Teka-Teki Silang

Teka-Teki Silang (TTS) merupakan suatu permainan kata yang biasanya berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak dan berwarna hitam dan putih. Dalam permainan ini bertujuan untuk mengisi kotak-kotak putih dengan hurud dan membentuk kata atau frasa tententu dengan menyelesaikan petunjuk yang mengarah ke jawabannya.

8. Mind Mapping

Mind Mapping adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis, atau dapat dipetakan menggunakan garis percabangan, gambar, ataupun kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep atau ide utama.

9. Flashcard

Flashcard merupakan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat dan mempelajari ulang bahan pelajaran seperti definisi atau istilah, simbol-simbol, ejaaan bahasa asing, rumus-rumus, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari menggunakan Canva adalah platform ini menyediakan ribuan template baik untuk marketing, personal, dan pendidikan. Selain itu juga kemudahan dengan fitur drag and drop yang memberikan keleluasan bagi pengguna dalam berkreativitas.

Kemudain Canva juga memiliki resolusi gambar yang tinggi sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik, dan dapat diunduh dengan bergam format penyimpanan seperti PDF dan JPG.

Sehingga dapat digunakan untuk menerapkan presentasi offlain dengan dikolaborasikan dengan media lain seperti PowerPoint.

Canva menyediakan Canva Pendidikan yang hadir sebagai persembahan khusus untuk guru dan peserta didik dan mendapatkan fitur Canva Pro secara gratis.

Anda dapat mendapatkan Akun Canva Pendidikan dengan cara membuka link canva.com/id_id/pendidikan dan mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Mendaftarkan dengan e-mail sekolah atau kementrian pendidikan.
  2. Siapkan dokumen pendukung seperti sertifikat pendidik atau dokumen pendukung lainnya yang menyatakan Anda merupakan guru di sekolah tersebut.
  3. Tunggu status pengajuan kurang lebih 24 jam dan kemudan Anda dapat mengeceknya di e-mail.

Daftarkan diri Anda dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Guru Juara dengan judul “Pembelajaran Inspiratif untuk Sekolah Dasar Melalui Media Online Canva Pendidikan” yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 April 2022.

Anda dapat mendaftar sebagai peserta VIP dengan melakukan pembayaran sebesar Rp 99.000. Peserta VIP akan mendapatkan beberapa BONUS Menarik yaitu sebagai berikut :

  1. E-Book Mengenal Canva Edukasi : Tips Cara Mendapatkan dan Menggunakan Canva Edukasi.
  2. E-Book Kreasi Media Pembelajaran Menggunakan Canva.
  3. Video Tutorial Kreasi Media Pembelajaran Menggunakan Canva.
  4. Kata Kunci Elemen Ilustrasi Canva.

Anda dapat melakukan pendaftaran dengan cara mengisi formulir pendaftaran https://bit.ly/PremiumDiklat_CanvaPendidikan.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam melakukan pendaftaran, maka Anda dapat menghubungi Kontak Admin di bawah ini :

http://wa.me/6285803538569 (Admin Ayu)

(esy/esy)

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 37 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru