Home / News

Sabtu, 17 April 2021 - 23:15 WIB

Membuat LKPD Interaktif dengan Liveworksheets Solusi Belajar Era Modern

Pembelajaran yang dilakukan di era modern seperti sekarang ini harus disesuaikan dengan zaman, termasuk saat guru menyajikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) pada siswa. Dan pembuatan materi LKPD yang modern dapat dengan mudah dilakukan oleh semua guru menggunakan media LiveWorksheets yang dapat digunakan secara gratis. 

LKPD ini sering juga disebut dengan LKS (Lembar Kerja Siswa). Dulu, LKPD sering disajikan dalam bentuk buku. Kemudian buku tersebut berisi tentang materi-materi dan juga pertanyaan. Tujuan dari pembuatan LKPD sendiri adalah untuk memperdalam atau memperluas pemahaman siswa terkait mata pelajaran tertentu. 

Menggunakan LKPD model lama memang masih bisa menjadi pilihan. Namun untuk pembelajaran di era modern seperti sekarang, proses belajar harus dapat melibatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar. 

Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk membuat LKPD secara online adalah LiveWorksheets. Media tersebut sangat efektif dan mudah untuk digunakan untuk menyajikan LKPD kepada siswa. 

Materi LKPD yang dibuat menggunakan LiveWorksheets dapat disajikan secara online. Kemudian siswa dapat mengakses materi tersebut dari mana saja dengan jaringan internet. 

Penggunaan media online seperti ini tentu saja akan sangat menarik bagi para siswa yang saat ini sudah tidak asing lagi dalam penggunaan gadget. Apalagi di masa pandemi ini di mana seluruh proses pembelajaran masih diwajibkan melalui jarak jauh atau daring. Sehingga selain menjadi solusi untuk meningkat mutu pendidikan di era modern, membuat LKPD di LiveWorksheets juga bisa menjadi solusi pembelajaran di masa pandemi. 

Baca Juga:  Makna dan Implikasi Merdeka Belajar yang Wajib Guru Tahu!

Setiap guru di semua level dapat menggunakan program LiveWorksheets jika mau belajar dalam menggunakan media tersebut. Banyak template atau konsep yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat LKPD berkat materi-materi yang dibagikan oleh guru lainnya dalam platform tersebut. 

Yang menarik dari pembuatan LKPD di LiveWorksheets adalah segi interaktif dalam lembarannya. Karena materi berbentuk digital, tampilan LKPD yang dibuat melalui LiveWorksheets akan lebih interaktif. Siswa dapat melakukan pengisian soal-soal atau membaca materi secara online dengan media yang variatif. 

Bagi seorang guru, LiveWorksheets ini juga akan memberikan banyak kemudahan. Misalnya ketika digunakan untuk penilaian, isian siswa dapat langsung terekam setelah mengisi lembar jawaban secara online. Sehingga guru tidak perlu lagi melakukan koreksi manual atau melihat satu per satu lembar pekerjaan siswa. Sebab, semuanya dapat terekam secara otomatis. 

Kesimpulannya, membuat LKPD melalui LiveWorksheets ini bisa menjadi alternatif bagi seorang guru yang ingin menghadirkan inovasi belajar di era modern. 

Jika Anda ingin tahu cara menggunakan LiveWorksheets untuk pembuatan LKPD dapat mengikuti pelatihan di bawah ini yang diselenggarakan oleh e-Guru.id: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

guru

News

3 Faktor yang Memberi Pengaruh Besar terhadap Karakter Anak

News

Kelanjutan Pendataan Tenaga Non ASN di Lingkungan Pemerintah
https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

Begini Teknik Mudah Mengembangkan Potensi Diri

News

524 Guru Protes Minta Diangkat PPPK

News

Terapkan Model Pembelajaran Ini Agar Siswa Bisa Mandiri dalam Belajar!

News

Jenis Karya Inovasi Guru untuk Kenaikan Pangkat

News

Cari Tahu Soal Permendukbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021, Ini Kata Mendikbud dan Dirjen GTK !

News

Terkendala Akses Rapor Pendidikan? Berikut Cara Akses dan Mengatasi Kendala Pada Rapor Pendidikan