Home / News

Kamis, 3 Februari 2022 - 07:12 WIB

Membuat Game Edukasi Berbasis PowerPoint untuk Pembelajaran

Game Edukasi Berbasis PowerPoint – Perkembangan teknologi semakin maju maka kebiasaan orang-orang pun menjadi terpengaruhi. Khususnya usia anak-anak dan remaja yang sudah mengenal teknologi lebih jauh, maka mereka akan banyak menghabiskan waktunya dengan gadget. Ada banyak pilihan hiburan yang bisa dipilih dalam gadget, yaitu menggunakan sosial media, menonton film, hingga bermain game. 

Jika pada masa sebelumnya game di ponsel itu tidak terlalu menarik, maka sekarang tentu saja sudah jauh lebih baik. Bahkan keseruannya bisa melebihi ketika Anda bermain Play Station yang memang khusus untuk bermain game. Jadi permainan game ini sudah menjadi seperti kebiasaan dan masuk ke dalam hidup anak-anak. Maka dari itu permainn game menjadi kegiatan yang pasti dilakukan oleh kebanyakan anak-anak dan remaja zaman sekarang. 

Lalu sekarang guru sebagai pengajar mungkin bertolak belakang dengan hadirnya game dalam gadget. Hal ini karena anak menjadi kecanduan game dan susah untuk menerima pelejaran. 

Tetapi, guru tidak boleh kalah dengan perkembangan zaman. Justru sektor pendidikan perlu masuk ke dalam dunia game. Salah satunya adalah dengan menggunakan game edukasi untuk pembelajaran.

Baca Juga:  Pelatihan Bersertifikat 32 JP : Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point

Membuat Game Edukasi Menggunakan Power Point

Cara membuat game edukasi berbasis PowerPoint sebenarnya ada banyak, tergantung dari Anda ingin membuat permainan seperti apa. Ada banyak pilihan game edukasi yang bisa diterapkan dalam PowerPoint. Misalnya seperti tebak gambar, kuis, dan lain sebagainya. Permainan yang bisa dibuat dalam PowerPoint tentu saja sifatnya tidak terlalu rumit. Jadi pasti untuk pembuatannya juga mudah. 

Pertama, ketika hendak ingin membuat game edukasi Anda tentukan dahulu permainan game edukasi untuk pembelajarannya apa. Misalnya Anda mengajar Bahasa Inggris maka bisa memakai game Teka-Teki Silang. Jadi langkahnya Anda pikirkan dahulu apa saja kata yang ingin ada dalam teka-tekinya beserta cluenya nanti. 

Kedua, setelah konsepnya matang maka Anda bisa masuk langsung ke PowerPoint untuk membuat teka-teki silangnya. Tetapi agar pembuatannya lebih mudah, teka-teki ini dibuat per slide seperti game tebak kata dalam permainan di ponsel. Jadi nanti per slidenya itu ada clue dan kotak-kotak untuk jawabannya. Pembuatannya cukup mudah karena bisa menggunakan fitur shape pada toolbar. 

Baca Juga:  Hati-Hati! Inilah Sanksi Mengundurkan Diri PPPK Guru

Setelah beres Anda bisa langsung menggunakannya dan menampilkannya pada setiap murid secara individu atau kelompok. Jadi game edukasi menggunakan PowerPoint itu pilihannya  ada banyak. Namun, tentu saja sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai untuk membuat permainannya sangat lama, tetapi pada penerapannya tidak efektif. 

Maka dari itu sebelum membuat game edukasi berbasis PowerPoint Anda perlu mengkonsep dahulu permainannya sesuai dengan usia murid. Pasalnya berbeda jenjang pendidikan atau usia itu sudah beda lagi cara untuk bermainnya. Misalnya seperti SMA yang lebih suka game edukasi dengan analytical thinking seperti TTS, tebak gambar, tebak kata, acak kata, dan masih banyak lainnya. 

Jangan lewatkan pelatihan untuk guru di bulan Februari 2022 tentang “Membuat Game Edukasi Berbasis PowerPoint untuk Pembelajaran” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

download kumpulan ice breaking

News

Download Kumpulan Ice Breaking Seru No Ribet – PPT

News

Pensiunan PNS Akan Mendapatkan Uang 1 M? Cek Besaran Kenaikan Anggaran 2023 Terbaru
http://bit.ly/Daftar-Member-Semester

News

Pembentukan Karakter Pada Siswa Milenial

News

Siapkan 4 Data Ini Sebelum Daftar PPPK Guru Tahun 2022, Simak Selengkapnya!

News

Guru Wajib Tahu Berikut Ini Strategi Manajemen Kelas Supaya Efektif Di Era Kurikulum Merdeka

News

Keuntungan Mengikuti PPG Bagi Guru Tahun 2022

News

Cara Mudah Menjadi Guru Produktif di Masa PTMT

News

GRATIS! DIklat Nasional 40JP : Semangat Memulai Tahun Ajaran Baru Dengan Kurikulum Baru