Memahami Pentingnya Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web, Daftar Pelatihannya!

- Editor

Kamis, 31 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media Pembelajaran Berbasis Web – Salah satu pemanfaatan internet untuk proses pendidikan adalah adanya e-learning dimana pembelajaran dilakukan melalui bantuan internet. Yang tergolong dalam e-learning adalah pembelajaran berbasis web karena dalam penyampaiannya menggunakan internet sebagai perantara.

Dalam penggunaan internet khususnya pada pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan situs website adalah sarana yang juga efektif, hal ini dikarenakan pemanfaatan situs website memiliki fitur-fitur yang memudahkan proses pembelajaran.

Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa di akses melalui jaringan internet.

Pembelajaran berbasis web telah populEr dengan sebutan web-based training (WTB) atau web-based education (WBE) yaitu aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.

Karakteristik E-Learning

Pembelajaran e-learning sendiri tentunya tidak sama dengan pembelajaran konvensional yang terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu pembelajaran e-learning memiliki beberapa karakteristik yaitu:

  1. Interaktivitas (Interactivity). Terjadinya jalur komunikasi yang lebih banyak, baik secara langsung (synchronous) seperti melalui pertemuan Google Meet dan zoom atau sekadar diskusi melalui room chat, ataupun secara tidak langsung (asynchronous) seperti melalui video, bahan bacaan, atau tugas.
  2. Kemandirian (Independency). Fleksibilitas dan aspek penyediaan waktu, tempat, pengajaran dan bahan ajar. Hal tersebut menjadi sebab dari pembelajaran yang berfokus pada peserta didik (student centered learning).
  3. Aksebilitas (Accessibility). Sumber-sumber belajar yang didistribusikan melalui jaringan internet memberikan akses yang lebih mudah untuk peserta didik.
  4. Pengayaan (Enrichment). penggunaan perangkat teknologi informasi seperti video streaming, simulasi dan animasi.

Kelebihan Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:

  • Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke seluruh penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
  • Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.
  • Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
  • Lama waktu belajar tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.
  • Adanya keakuratan serta materi pembelajaran yang terus mengalami pembaharuan.
  • Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik siswa dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara rutin memeriksa tugas-tugas yang dikerjakan peserta didik secara online.

Sekilas Tentang Google Sites

Google Sites digunakan untuk membuat situs webite untuk pribadi ataupun kelompok, baik untuk keperluan individu ataupun kelompok.

Google Sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran.

Serta informasi dari aplikasi Google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.

Google Sites adalah produk yang dibuat oleh Google sebagai alat untuk membuat situs. Google Sites sangat mudah digunakan sebagai media pembelajaran berbasis web dengan memaksimalkan fitur-fitur seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Google Sites

Pembelajaran menggunakan Google Sites memberikan manfaat bagi guru ataupun siswa, manfaat dari pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran berbasis web ini adalah sebagai berikut.

1. Pembelajaran lebih menarik

Dengan menggunakan Google Sites pembelajaran akan lebih lengkap dan menarik dikarenakan bisa memanfaatkan fitur-fitur di dalam Google Sites. Seperti; google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.

2. Lebih mudah mendapatkan materi pembelajaran

Dengan adanya Google Sites maka materi pembelajaran akan diunggah ke dalam Google Sites sehingga siswa ataupun guru tidak perlu menggunakan flashdisk yang bisa menyebabkan banyaknya virus yang masuk ke dalam komputer.

3. Materi pembelajaran tidak mudah hilang

Materi yang telah diunggah ke dalam Google Sites akan tetap berada di Google Sites dan tidak akan terpengaruh dengan gangguan virus atau yang lainnya.

4. Siswa dapat mendapatkan informasi pembelajaran dengan cepat

Dengan menggunakan Google Sites, penggunananya baik siswa ataupun guru dapat mendapatkan informasi mengenai pembelajaran dengan cepat dengan menggunakan informasi yang diunggah oleh guru.

5. Dapat menyimpan silabus di Google Sites

Silabus pembelajaran dapat diunggah oleh guru ke dalam Google Sites, siswa mengetahui topik dan tema pembelajaran pada setiap pertemuan selanjutnya.

6. Tugas melalui Google Sites

Tugas pembelajaran dapat diberikan oleh guru melalui Google Sites. Sehingga peserta didik tidak tertinggal informasi dan tugas-tugasnya. Tugas sekolah dapat diberikan dan dikumpulkan melalui Google Sites.

Mengoptimalkan Penggunaan Google Sites dalam Pembelajaran

Penggunaan Google Sites dalam proses pembelajaran dapat dioptimalkan menjadi pembelajaran yang lengkap dan menarik, cara mengoptimalkan penggunaan Google Sites dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Mengunggah Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran yang diunggah pada Google Sites akan memudahkan siswa sehingga siswa tidak perlu copy file menggunakan flashdisk yang dapat merepotkan dan tertular virus. Siswa tinggal mengunjungi Google Sites guru, kemudian mengunduh materi pembelajaran.

2. Menyimpan Silabus

Menyimpan silabus pada Google Sites akan membuat siswa mengetahui apa topik bahasan yang akan dibahas di kelas pada pertemuan selanjutnya. Sehingga pengetahuan siswa tentang pelajaran yang akan mendatang tidak kosong.

3. Memberikan Tugas

Pengumuman tugas diberikan melalui Google Sites. Siswa didorong untuk mengunjungi Google Sites guru secara berkala agar tidak tertinggal informasi mengenai tugas.

Sehingga tidak ada alasan bagi siswa jika tidak mengetahui mengenai tugas yang diberikan guru, misalnya karena tidak masuk sekolah.

4. Memberi Pengumuman

Memberikan pengumuman terbaru pada siswa melalui Google Sites. Seperti memberi link internet yang terkait dengan materi pembelajaran ataupun memberikan informasi referensi buku yang digunakan pada materi pembelajaran.

5. Mengunduh dan Melihat Tugas Siswa

Siswa bisa mengunggah tugas pada Google Sites yang kemudian dapat dilihat oleh guru. Pada Google Sites, terdapat keterangan mengenai waktu pengumpulan tugas yang dilakukan oleh siswa. Kemudian guru juga dapat mengatur waktu pengumpulan tugas yang ditetetapkan pada waktu tertentu.

Dengan demikian, Google Sites sebagai suatu media pembelajaran berbasis web perlu diterapkan di dalam aktivitas pembelajaran. Mengingat penggunaan yang mudah dan tak terbatas. Selain itu, Google Sites juga bisa dikemas secara interaktif. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan bersertifikat 32 JP “Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web” yang diselenggarakan oleh e-Guru id. Pelatihan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 18-25 April 2022 dengan pertemuan sebanyak 6 kali. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga sebelum kuota peserta habis!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 254 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB