Mau Jadi Guru Favorit yang Disukai Banyak Siswa di Sekolah? Kuasai Kompetensi Sosial Emosional Ini

- Editor

Senin, 30 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kompetensi Sosial Emosional Menjadi Guru Favorit– Menjadi guru favorit yang disukai oleh banyak di sekolah, tentunya menjadi hal yang diinginkan oleh setiap guru di sekolah. Diantara dari Anda, pasti ingin menjadi guru favorit bagi siswa Anda di kelas. Karena menjadi guru favorit di sekolah, Anda akan jadi lebih mudah memahami siswa Anda dan proses pembelajaran di kelas Anda menjadi lebih menyenangkan. Ditambah, Anda akan lebih bisa dikenang di hati siswa Anda, walaupun siswa Anda tidak lagi menjadi siswa Anda.

Menjadi guru favorit yang disukai banyak siswa di Sekolah, memang tak mudah. Namun, bukan tak mungkin bagi Anda yang saat ini mengajar di sekolah, bisa menjadi guru favorit di sekolah Anda.

Banyak cara untuk menjadi guru favorit. Tetapi cara yang satu ini cukup efektif membuat Anda menjadi guru favorit yang banyak disukai siswa di sekolah. Cara efektif tersebut adalah dengan penguasaan kompetensi Sosial Emosional di kelas Anda.

Mengenal Apa itu Kompetensi Sosial Emosional ?

Kompetensi Sosial-Emosional sangat penting, yaitu untuk memberikan keseimbangan pada diri dan mengembangkan kompetensi personal untuk mencapai kesuksesan. Dengan cara memberikan pengalaman belajar pada siswa, mengkonstruksi pemahaman, dan bagaimana guru dalam mengajar. Saat proses pembelajaran, terjadi pertukaran pikiran antara siswa dan siswa dengan guru. Sehingga terjadi proses saling memahami diri dan orang lain, dan siswa memiliki pemahaman yang utuh.

Konsep ini jika bisa dijalankan akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat bagi Anda, dalam mengarungi proses kehidupan di sekolah, pekerjaan atau juga proses kehidupan lainnya.

Orang yang memiliki kemampuan mengendalikan emosi sosial yang baik lebih bisa menangani tantangan dalam keseharian yang menunjang kesuksesannya di bidang akademik, profesional dan sosial. Jika Anda bisa menguasai kemampuan ini maka Anda akan beralih menjadi individu yang lebih disiplin, mampu mengandalikan emosi dan banyak hal positif lainnya.

Sukses Jadi Guru Favorit di Sekolah Dengan Kompetensi Sosial Emosional

Mengapa kompetensi Sosial Emosional ini bisa menjadi cara efektif menjadikan Anda sebagai guru favorit yang disukai banyak siswa di sekolah? Tentu, Anda akan bertanya-tanya dalam pikiran Anda mengenai jawaban diatas.

Menjawab hal tersebut, secara tidak langsung juga menjawab pertanyaan mengapa kompetensi sosial Emosional itu penting?

Nah, alasannya adalah Pentingnya guru memahami dan menguasai kompetensi sosial dan emosional disebabkan oleh guru memiliki tanggung jawab menuntun siswa menuju selamat dan bahagia.

Dalam proses menuntun, Anda harus bisa membuka hati siswa, membuat siswa terhubung dengan siswa lain dan dengan Anda. Sehingga terjadi proses interaksi sosial, diantara guru dan siswa. Lama- kelamaan interaksi sosial ini terjalin secara intensif dan siswa Anda jadi percaya kepada Anda.

Jadi, dengan kompetensi sosial dan emosional ini bisa membantu Anda dapat menjadi dekat dengan siswa Anda. Melalui proses interaksi sosial yang terjalin dengan baik. Nah, dari kedekatan dan interaksi sosial yang terjalin sangat baik inilah,  siswa menjadikan Anda sebagai guru favoritnya.

5 Kunci Kesuksesan Kompetensi Sosial Emosional Untuk Jadi Guru Favorit Siswa Anda

Mungkin Anda pernah mendengar tentang proses pengembangan kesadaran diri, pengendalian diri, dan kemampuan interpersonal seseorang yang dikenal dengan nama Kompetensi  Sosial Emosional.  Nah, hal tersebut menjadi bagian dari 5 kunci sukses kuasai kompetensi Social Emosional.

Sebenarnya ada 5 kunci sukses dalam kompetensi Sosial Emosional ini, diantaranya kesadaran diri, pengembangan diri, kemampuan interpersonal, management diri, ketrampilan dalam hubungan, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.

Dengan menguasai 5 kunci sukses ini, Anda akan mudah menerapkan pembelajaran Sosial Emosional dan Sukses menjadi guru favorit bagi siswa Anda.

Bagaimana cara menguasai 5 Kunci Sukses Dalam Kompetensi Sosial Emosional ?

Untuk menguasai 5 kunci Sukses Kompetensi Sosial Emosional. Anda perlu mempelajari terlebih dahulu konsep mengenai kompetensi Sosial Emosional dan Komponen di dalam Kompetensi Sosial Emosional. Sebelum Anda mencoba menerapkannya di kelas Anda.

Nah, jika Anda tertarik mencoba mempelajari pembelajaran Sosial Emosional ini. e-Guru.id akan mengadakan pelatihan 32 JP yang bertema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Sosial Emosional“. Pelatihan ini akan mengajarkan Anda konsep pembelajaran Sosial Emosional lebih terstruktur dan terbimbing.

Apakah Anda tertarik mempelajari pembelajaran Sosial Emosional?

Acara pelatihan 32 JP yang bertema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Sosial Emosional” oleh e-guru.id akan mulai 2 juni 2022 mendatang. Untuk itu, Anda segera melakukan pendaftaran untuk mengikuti pelatihan ini.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti pelatihan 32 JP dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Sosial Emosional”. Anda dapat mendaftar melalui mengklik >> Disini<< (Zuzun/zuzun)

 

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 25 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru