Home / Advertorial / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:38 WIB

Materi Hari Ketiga Workshop : Memilih Aplikasi untuk Pengembangan Pembelajaran

Workshop Nasional dengan judul Pemanfaatan Ragam Media untuk Ciptakan Guru Inovatif bersertifikat 32 JP yang telah dilaksanakan mulai 20 Juni 2022 melalui siaran langsung di Channel Youtube Belajar Era Digital.

Malam ini sudah memasuki pertemuan kedua,  yang akan dipandu oleh Bapak Dody Iskandar, S.T.M.Eng yang merupakan Koordinator Pengembang Teknologi Pembelajaran Balai Besar Guru Penggerak Jawa Tengah.

Materi pertemuan ketiga yaitu membahas mengenai Memilih Aplikasi untuk Pengembangan Pembelajaran, yang bertujuan agar peserta:

  1.  Mengetahui tips dalam memilih aplikasi pembelajaran
  2. Mengetahui jenis- jenis aplikasi yang bisa guru menfaatkan dalam mengajar
  3. Dapat memanfaatkan aplikasi aplikasi dalam proses belajar mengajar agar lebih menarik lagi
Baca Juga:  Jadilah Salah Satu Guru Beruntung Mengikuti Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP Melalui Beasiswa e-Guru Foundation

Berikut ini review materi pertemuan Ketiga Workshop Nasional

Memilih Aplikasi untuk Pengembangan Pembelajaran

Berbagai jenis model pembelajaran inovatif, yaitu seperti berikut ini:

Centre Learning Model (Pembelajaran Sentra)

Metode pembelajaran sentra merupakan konsep pembelajaran yang menekankan proses keterlibatan siswa secara aktif pada saat bermain dan berada di sentra kegiatan pembelajaran.

Contextual Teaching and LearningM

Merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata.

Self-Organised Learning Environment (SOLE)

Metode pembelajaran yang mengkondisikan peserta didik untuk belajar sebagai kelompok, menjawab tugas berupa pertanyaan dengan melakukan investigasi/pencarian menggunakan internet, kemudian peserta didik memaparkan temuan kolektif mereka di depan kelas.

Baca Juga:  Materi Hari Pertama Workshop : Pemanfaaan Media Belajar Sebagai Inovasi Guru

Guided Inquiry Learning

Merupakan konsep pembelajaran yang diterapkan untuk mendorong peserta didik menemukan sendiri simpulan dari data-data yang diperoleh dari percobaan/penelitian yang dilakukan.

Problem Based Learning

Model pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan autentik (nyata) yang harus dipecahkan atau diselesaikan peserta didik.

Discovery Learning

Merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik menemukan pengetahuan yang baru dari pengalaman belajar yang langsung dialaminya.

Project Based Learning

Model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Halaman selanjutnya

Tips dalam memilih…

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/(buka di tab baru)

Advertorial

Materi Pertemuan Keempat Pelatihan Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian secara Mudah Gratis 32JP : Scanning Jawaban Ujian Tatap Muka dengan ZIPGRADE
https://naikpangkat.com/download-materi-hari-ke-1-diklat-32-jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif--pengenalan-proprofs/

News

Manajemen Kelas untuk Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2022

Karya Inovatif

Unduh Materi Hari keempat Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif
https://naikpangkat.com/download-materi-diklat-hari-ke-4-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif-membuat-akun-nearpod/

Advertorial

Download Materi Diklat Hari Ke-4 Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik dengan Game dan Presentasi Interakttif: Membuat Akun Nearpod

Karya Ilmiah

Tips Jitu Meningkatkan Kemampuan Menulis Bagi Guru

News

Download Materi Ke-3 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat”
Guru Matematika

Pelatihan Guru

Tips Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa
pelatihan membuat kuis interaktif

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat Kuis Pembelajaran yang Interaktif