Home / Pengembangan Diri

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:26 WIB

8 Aplikasi Gratis yang Bisa Digunakan Guru Mengajar

Aplikasi untuk mengajar – Banyak sekali pilihan berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh setiap guru dalam proses mengajarnya. DIsesuaikan dengan karakteristik dan tujuan materi yang akan disampaikan.

Bukan hanya berkaitan dengan penyampaian materi saja, aplikasi- aplikasi berikyut ini bisa juga digunakan untuk kuis, belajar sambil bermain, presentasi dan lain sebagainya.

Yuk simak 8 Aplikasi untuk mengajar gratis yang bisa digunakan untuk mengajar yang di kategorikan menjadi Aplikasi mengajar untuk presentasi interaktif, untuk manajemen kelas, untuk membuat kuis, dan belajar sambil bermain.

Aplikasi mengajar untuk presentasi interaktif

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis online dan publikasi yang sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula ataupun seseorang yang tidak memiliki latar belakang desain grafis. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam desain menarik, mulai dari logo, poster, infografis, hingga presentasi.

Baca Juga:  Buku Panduan Optimasi Whatsapp untuk Pembelajaran Anak Didik

2. Jamboard

Hadir untuk memudahkan kolaborasi secara real time antara guru dengan siswa, Jamboard merupakan aplikasi yang papan tulis digital yang dikembangkan oleh Google. Layaknya papan tulis konvensional, Jamboard bisa Anda gunakan sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan cara menulis materi, menambahkan gambar, audio, dan informasi lainnya.

Aplikasi mengajar untuk menajemen kelas

3. Koco Schools

KOCO Schools adalah aplikasi LMS (Learning Management System) asal Singapura yang resmi hadir di Indonesia sejak tahun 2020. Aplikasi ini memudahkan guru saat harus mengirimkan tugas ke beberapa kelas sekaligus lengkap dengan penjadwalan otomatis sehingga ketika guru ada urusan diluar sekolah, tugas secara otomatis akan terkirim ke akun siswa.

4. Edmodo

Aplikasi untuk mengajar selanjutnya adalah Edmodo yang sudah hadir sejak tahun 2009 ini juga menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pembelajaran secara daring. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat kelas dan kelompok belajar kecil seperti dikelas.

Baca Juga:  Pelatihan 84JP : Menciptakan Kelas Merdeka Belajar Dengan MPI

Aplikasi untuk kuis

5. Quizizz

Dengan aplikasi ini  Anda bisa membuat permainan kuis interaktif agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tak perlu khawatir, aplikasi ini tidak memungkinkan siswa untuk mencontek dengan temannya karena soal sudah diacak sehingga setiap soal yang diterima siswa satu dan lainnya pasti berbeda.

6. Wordwall

Aplikasi kuis berbasis permainan ini memiliki 18 jenis template permainan yang bisa diakses secara gratis, seperti roda acak, anagram, teka teki silang, dan masih banyak lagi. Permainan yang sudah dibuat dapat dibagikan melalui email, sosial media, dan Google Classroom.Siswa juga dapat mengunduh permainan yang sudah dibuat dalam bentuk PDF.

Halaman selanjutnya

Aplikasi mengajar sambil bermain…

Share :

Baca Juga

Pengembangan Diri

Daftar Sekarang! Diklat 32JP Pengolahan Nilai Rapor

Karya Inovatif

Materi Hari Pertama Diklat 32JP Gratis Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN
koreksi jawaban siswa otomatis

Pengembangan Diri

Evalbee: Aplikasi untuk Mempermudah Guru Koreksi Jawaban Siswa

Karya Inovatif

Apa Itu Hyperlink dan Apa Fungsinya

Pelatihan Guru

Kepribadian Seorang Guru Yang Cocok Untuk Mengajar Generasi Alpha

Kenaikan Pangkat

Informasi Terbaru Sertifikat Bimtek 40JP Kiat Sukses Publikasi
mengelola nilai siswa dengan excel

Pengembangan Diri

Mengelola Nilai Siswa Akan Jadi Lebih Mudah Menggunakan Excel
cara membuat presensi online

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Presensi Online, Guru Wajib Tahu!