Home / Opini

Selasa, 27 April 2021 - 05:16 WIB

Marching Band SMPN 1 Cikarang Barat Raih Juara II di Kejuaraan Internasional MIVBC 2020

Marching Band SMPN 1 Cikarang Barat, Gita Symponia, berhasil meraih juara II kategori Marching Band –Single Video Production Secondary School yang diadakan oleh Negara Malaysia dalam Malaysia International Virtual Band Championship (MIVBC) 2020. Prestasi ini mengharumkan nama sekolah, Kabupaten Bekasi, serta dunia pendidikan Indonesia.

Saat berlaga, Marching Band (MB) Gita Symponia menampilkan paket musik paduan pianika, front ensemble, battery percussion, colour guard yang dipimpin oleh seorang field commander. Lagu yang dibawakan dengan tema lagu nusantara yakni perpaduan lagu daerah Kalimantan dan lagu daerah Jawa.

“Ini prestasi yang sangat baik bagi MB Gita Symphonia memperoleh juara II kategori Marching Band –Single Video Production Secondary School di MIVBC 2020. Tidak mudah untuk masuk 16 top performance, dengan  28 player  gabungan. Setiap unit harus kompak, maksimal, pada saat penampilan pembuatan videonya apalagi pada masa pandemi” ungkap Imam Ambia ,ST selakuk trainer MB Gita Symphonia.

Baca Juga:  Gelar Pendidikan Tinggi Belum Tentu Menghasilkan Orang Terdidik

Inilah kali pertama MB Gita Symphonia mengikuti kejuaraan Internasional. Dengan jumlah 28 player terdiri dari pianika 6 orang, front ensemble 7 orang, battery percussion 6 orang, colour guard 8 orang dan field commander 1 orang. 

MB Gita Symphonia tampil pada live streaming di Facebook pada tanggal 31 Desember 2020 lalu yang kemudian  masuk 16 top performance dan mendapat  medali perak.

Prestasi yang diraih ini dapat digunakan untuk keperluan akademik, misalnya untuk masuk ke sekolah SMA/SMK dan sederajat. Untuk masuk melalui jalur prestasi dapat menggunakan piagam atau sertifikat tingkat daerah, nasional maupun internasional. Dan piagam dari Malaysia International Virtual Band Championship (MIVBC) 2020 ini  bisa digunakan ketika akan melanjutkan sekolah ke jenjang sekolah berikutnya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bosan Belajar Online

Sementara itu, marching band adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Cikarang Barat. Kegiatan tersebut banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk membantu mempermudah siswa untuk melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya melalui jalur prestasi dengan piagam/sertifikat yang diperoleh. 

“Ke depannya akan terus mengikuti event-event  sehingga menang dan dapat juara “ ungkap FOMG Gita Symphonia SMPN 1 Cikarang Barat.

Ditulis oleh: Sri Endah Harmonis,S.Pd.,MM, Guru di SMPN 1 Cikarang Barat

Share :

Baca Juga

peran orang tua dalam pendidikan

Opini

Tren Belajar Online Sudah Usai, tapi Anak Malah Kecanduan Main Gadget?
pelajaran bahasa inggris

Opini

Memotivasi Anak Menyukai Bahasa Inggris

Opini

Meluruskan Miskonsepsi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
guru sejati

Opini

Menjadi Guru Sejati
pendidikan karakter

Opini

Dilema Penilaian Akhir Tahun di Masa Pandemi, Haruskah Semua Siswa Naik Kelas?
model pembelajara generatif

Opini

Penerapan Pembelajaran Generatif Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar

Opini

Penerapan Model Problem Solving Berorientasi HOTS dalam Pembelajaran IPS
peran orang tua dalam pendidikan

Opini

Game Edukatif, Solusi Belajar di Masa Pandemi