Home / Opini

Kamis, 23 Desember 2021 - 00:30 WIB

Macam-Macam Metode Menciptakan Kelas yang Menyenangkan

Oleh Siti Sofia

Guru di SMK N 1 Widasari

Guru dan siswa adalah dua kata yang saling melengkapi. Tidak ada guru apabila tidak ada siswa, begitu pun sebaliknya.

Guru dan siswa saling melengkapi dalam  Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM). Alangkah disayangkan apabila KBM itu berlalu begitu saja tanpa meninggalkan kesan baik bagi guru maupun bagi siswanya. Artinya, betapa pentingnya suasana KBM yang menyenangkan. 

Fenomena yang sering terjadi di lapangan banyak guru yang tidak siap untuk masuk kelas sehingga terjadilah kelas tanpa guru dan siswa ribut tidak ada kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terjadi  karena banyak faktor penyebabnya, di antaranya adalah ketidaksiapan guru dalam melaksanakan KBM ataupun kejenuhan guru selama mengajar karena hanya menggunakan metoda atau teknik mengajar yang monoton. 

Selain itu, guru yang tetap menggunakan pola lama yaitu masuk kelas kemudian menyampaikan materi sementarasiswa hanya mendengarkan, mencatat dan bertanya hanya apabila disuruh.  Kegiatan hanya satu arah dengan porsi guru 75% sedangkan siswa hanya 25%.   Di situlah maka akan terjadi kebosanan bagi siswa, karena guru kurang berinovasi dalam menciptakan kelas yang menyenangkan.

Dari permasalahan tersebut maka sangat diperlukan adanya pengayaan kompetensi guru  baik berupa workshop, diklat atau pelatihan dalam pengelolaan kelas dan metoda pengajaran yang saat ini menggunakan kurikulum 13. Dan guru dituntut   dapat membudayakan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) dalam mengimplementasikan pembelajaran meliputi mengamati, mengasosiasi, mencoba, mendiskusikan, dan mengkomunikasikan); serta menerapkan pembelajaran abad 21 yang mencakup 4C (Critical thinking, Collaboration, Creative, Communication) . 

Mengutip dari sebuah artikel Prestasi Global Depok (PG), untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan sebagaimana berikut ini: 

Buat Game yang Menarik

Metode pembelajaran unik yang pertama yang dapat diterapkan guru adalah dengan menyisipkan game dalam pembelajaran. Pendekatan belajar menggunakan game dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup. Poin pentingnya adalah menghindarkan murid dari kebosanan setiap harinya.

Manfaatkan Teknologi yang Ada

Cara mengajar unik berikutnya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jika biasanya guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis, tidak ada salahnya menggunakan laptop dan proyektor untuk menampilkan materi pelajaran.

Guru dapat menambahkan video pembelajaran yang relevan untuk menarik perhatian dan mengarahkan fokus siswa. Dengan metode menarik semacam ini, proses mentransfer ilmu akan lebih menyenangkan.

Memasukkan ‘Misteri’ dalam Pelajaran

Rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi celah bagi guru untuk memancing minat dan ketertarikan siswa pada kelas selanjutnya. Caranya adalah dengan memasukkan misteri pada pelajaran. Misalnya di akhir kelas, guru dapat memberikan clue untuk jadwal mendatang. Cara semacam ini dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar mereka menantikan pelajaran selanjutnya.

Baca Juga:  Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Jangan Mengulangi Bahan Pembelajaran

Mengulangi kata demi kata dari pelajaran bisa jadi hal membosankan. Jika guru perlu mengulangi materi, akan lebih bijak dengan menggunakan game. Materi serupa yang dikemas dalam bentuk game akan terasa lebih menarik bagi siswa.

Jangan Terlalu Serius

Cara mengajar unik selanjutnya adalah dengan menyisipkan humor dan jangan terlalu serius. Terlalu serius dalam menyampaikan materi justru membuat kelas terasa kaku dan siswa bisa merasa tertekan. Guru dapat menyisipkan humor di sela-sela materi pelajaran untuk mengurangi tingkat keseriusan dalam belajar. Selain itu, sifat humor juga dapat digunakan untuk membangun kedekatan antara guru dan murid.

Ajak Siswa untuk Praktik

Memberi contoh dalam bentuk tindakan secara langsung akan lebih mudah dipahami dibanding lewat kalimat. Oleh karenanya, guru bisa mengajak siswa praktik secara langsung untuk menciptakan kelas yang menyenangkan.

Sebagai contoh, guru dapat mengajak siswa untuk melakukan pengamatan secara langsung terkait pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman di lingkungan sekitar sekolah. Jika sudah, mintalah siswa menuliskan hasil pengamatan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka.

Ajak Siswa Berdiskusi dan Jadikan Pelajaran Lebih Interaktif

Macam-macam metode pembelajaran berikutnya yang bisa diterapkan dalam keseharian adalah dengan mengajak siswa berdiskusi dan menjadikan pelajaran lebih interaktif. Jika umumnya guru menjadi pembicara utama, guru dapat melatih siswa untuk mengeluarkan pendapat dengan cara berdiskusi memecahkan masalah.

Kendala dari metode ini adalah tidak semua siswa mau mengeluarkan pendapatnya. Karena itulah guru mempunyai peranan penting untuk memberikan stimulus pada siswa yang kurang aktif. Selain membuat kelas lebih menarik, inspirasi metode belajar semacam ini juga melatih keberanian siswa untuk berbicara di depan umum.

Ciptakan Suasana Ruangan yang Berbeda

Suasana ruangan yang itu-itu saja nyatanya turut mempengaruhi tingkat kebosanan siswa. Supaya siswa didik merasakan suasana baru yang lebih menarik, cobalah untuk menciptakan tampilan ruang kelas yang berbeda.

Perubahan kecil yang mudah dilakukan adalah dengan menata ulang tempat duduk siswa.Jika selama ini tempat duduk siswa menghadap ke arah papan tulis dan meja guru, bisa menyusunnya secara melingkar ataupun berbentuk U. Meski terlihat kecil, tapi perubahan ini bisa membawa dampak yang cukup signifikan.

Metode Mengajar Mobile Teaching

Setiap siswa mempunyai daya tangkap yang berbeda-beda. Ada siswa yang memahami pelajaran dengan mudah, ada pula yang memiliki kendala. Bagi siswa dengan daya tangkap yang kurang baik, proses belajar akan menjadi momok tersendiri.

Baca Juga:  Model Pembelajaran Flipped Classroom Buat Peserta Didik Aktif dan Kreatif

Sebagai solusi, guru bisa mencoba metode mengajar mobile teaching. Yaitu guru terjun secara langsung untuk membantu siswa memahami pelajaran. Misalnya dalam pelajaran matematika, guru bisa menjelaskan ulang pada siswa terkait penggunaan rumus terkait. Selain membantu siswa dalam memahami pelajaran, metode pembelajaran ini bisa membuat siswa lebih rileks. 

Hubungan Materi dengan Kehidupan Sehari-Hari

Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari bisa jadi inspirasi metode belajar yang menyenangkan bagi siswa. Menggunakan kehidupan sehari-hari sebagai contoh dalam materi dapat memberikan pemahaman yang lebih terkait alasan mengapa mereka harus mempelajarinya. Melalui metode pembelajaran seperti ini dapat membantu siswa menemukan korelasi dari ilmu yang mereka pelajari di sekolah dan penerapannya di dunia nyata.

Out of the Box

Kegiatan belajar mengajar tidak harus berada di dalam kelas. Pembelajaran bisa dilakukan dengan cara-cara menarik di luar kelas tanpa mengurangi esensi dari sekolah itu sendiri. Guru bisa mengagendakan kunjungan lapangan untuk siswa sekolah. Selain kunjungan lapangan, guru bisa menyusun jadwal pembelajaran di luar ruangan.

Pembelajaran semacam ini bisa dibilang lebih efektif, sebab siswa pun terlibat secara langsung dalam materi pelajaran. Dengan penyampaian yang kreatif, siswa akan merasa lebih bersemangat dan tertarik mengikuti pelajaran. Supaya lebih seru, guru bisa mengajak siswa belajar sambil menggambar.

Jalin Interaksi dan Berikan Perhatian Pada Semua Siswa

Pada dasarnya setiap anak terlahir dengan kemampuan masing-masing. Setiap anak memiliki talenta di bidang yang berbeda-beda. Tapi, dibanding siswa yang pasif, kadang kala guru lebih banyak memberikan perhatian pada siswa yang aktif dan pintar.

Nah, supaya kegiatan belajar mengajar terasa lebih menarik dan seru, guru dapat memulainya dengan memberikan perhatian sama rata kepada setiap siswa. Sekilas terlihat sepele, tapi dengan perhatian yang merata inilah siswa akan merasa memiliki kesempatan yang sama dan tidak diperlakukan berbeda. Dengan begitu, siswa akan lebih berani dalam mengekspresikan diri dan pendapatnya selama mengikuti proses belajar di dalam kelas.

Semoga dengan dapat menciptakan kelas yang menyenangkan tidak ada lagi guru atau yang enggan masuk kelas. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

photo of brown candle lantern

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Muhtar Arifin

Opini

Media Video untuk Memaksimalkan Pembelajaran Siswa Tunarungu

Opini

Sanggar Seni MIN 17 Pidie Mengembangkan Bakat Tari Siswa

Opini

Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa
Meningkatkan Kemampuan HOTS melalui Literasi Kimia

Opini

Meningkatkan Kemampuan HOTS melalui Literasi Kimia

Opini

Menjaga Silaturahmi Meskipun dari Jauh
pembelajaran tatap muka

Opini

Mendambakan Belajar Tatap Muka

Opini

Menjadi Guru Merdeka dan Tantangannya