Home / Opini

Minggu, 4 Juli 2021 - 07:25 WIB

Macam-Macam Kegiatan Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap ruang gerak dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular dengan cepat dan sudah banyak menyebabkan kematian di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Untuk mencegah dampak yang lebih parah lagi, maka pemerintah secara tegas membatasi kegiatan yang biasa dilakukan. Pemerintah mengimbau kita untuk sebisa mungkin berdiam di rumah saja.  Bahkan bekerja jika bisa dilakukan harus dari rumah. Sekolah pun yang biasanya dapat berlangsung secara tatap muka dibuat menjadi belajar dari rumah secara daring.

Dengan pembatasan aktivitas di luar rumah tersebut tentu bisa meningkatkan rasa jenuh. Dan berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu di rumah agar tidak merasa bosan.

Membaca

Membaca merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat kita lakukan. Kita bisa membaca berbagai macam buku seperti majalah, koran, ensiklopedia, novel, buku sejarah, komik, buku resep masakan, buku pelajaran, dan buku lainnya.

Kalaupun kita tidak memiliki koleksi buku, sekarang kegiatan membaca dapat dilakukan menggunakan ponsel atau laptop yang terhubung ke internet. Berbagai berita maupun buku elektronik bisa kita dapatkan.

Kita dapat mengajak anggota keluarga dalam kegiatan membaca tersebut sehingga menambah kedekatan keluarga.

Menulis

Menulis adalah salah satu kegiatan menyenangkan dimana dapat menuangkan ide, pikiran, atau gagasan ke dalam sebuah tulisan. Kita bisa menulis berbagai cerita, karangan, puisi, pantun, lagu, naskah, resep masakan, teks, soal, angket, mengisi teka-teki silang ataupun tulisan lain untuk memenuhi pekerjaan atau hanya sekedar untuk koleksi pribadi saja.

Seorang guru, misalnya, bisa menulis berbagai tulisan seperti KTI, PTK, makalah, ;laporan PKB, rangkuman materi pelajaran dan lain-lain.

Menggambar

Menggambar merupakan kegiatan seni rupa yang menyenangkan untuk kita lakukan. Selain ke dalam tulisan, kita juga dapat menuangkan ide atau gagasan ke dalam sebuah bentuk gambar.

Bukan hanya kertas atau kanvas saja yang dapat kita gunakan sebagai media untuk menggambar. Sekarang ini kita dapat memanfaatkan berbagai media seperti daun, papan kayu, tembok, bahkan perabotan yang ada di rumah sebagai media untuk menggambar. Hasilnya dapat kita gunakan sebagai pajangan atau hiasan di rumah.

Berbicara

Kegiatan berbicara bisa kita lakukan seperti diskusi bersama keluarga atau melalui jaringan online dengan sahabat, kerabat, atau dengan orang-orang yang kita kenal.

Kegiatan berbicara ini juga bisa berupa bernyanyi, membaca puisi, berpidato, atau membuat tutorial tentang pelajaran, resep masakan dan sebagainya. Hasilnya bisa di-upload melalui Youtube atau media sosial lainnya.

Baca Juga:  3 Pesan Hikmah dari Corona untuk Pendidik

Mendengarkan

Mendengarkan merupakan kegiatan yang menyenangkan juga untuk dilakukan. Kita dapat mendengar audio melalui radio, ponsel, ataupun sumber lainnya. Kita bisa mendengarkan Murotal Al-Qur’an, pengajian, ceramah, uraian tentang pelajaran atau sesuatu yang menarik. Percakapan yang membahas topik-topik yang sedang viral, diskusi politik, musik-musik religi atau lagu-lagu dangdut, lagu anak, lagu pop, bisa menjadi pilihan untuk didengarkan.

Menonton

Menonton bisa dilakukan dengan keluarga, teman, ataupun sendirian. Kegiatan menonton akan jadi lebih asyik jika film yang kita tonton seru dan lucu. Menonton saat ini dapat dilakukan kapan saja, apalagi saat ini siaran internet dapat terkoneksi langsung dengan siaran televisi. Tidak hanya menonton melalui TV, melalui ponsel pun kita bisa menikmati sebuah tontonan.

Tapi yang harus kita ingat adalah jika kita menonton, lihatlah tayangan yang membawa manfaat dan sesuai dengan usia. Jangan sampai apa yang kita tonton itu membuat kita menjadi stres dan frustasi atau ketakutan.

Olahraga

Olahraga adalah kegiatan wajib yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Olahraga tidak harus ke tempat Gym atau Fitness, di rumah juga bisa.

Tidak harus olahraga berat, olahraga ringan juga penting kita lakukan. Jangan sampai kita berolahraga justru membuat kita sakit. Olahraga cukup dilakukan secara rutin setiap hari selama 15 sampai 30 menit. Hal itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan. Jenis olahraga yang dapat kita lakukan antara lain jogging di sekitar rumah, senam, yoga, renang, bulu tangkis, basket, futsal, bersepeda dan lain sebagainya.

Memasak

Ternyata memasak juga menyenangkan untuk dilakukan, apalagi bersama keluarga tercinta. Kita juga bisa mengajarkan putera-puteri kita untuk belajar memasak.

Di masa pandemi ini kita tidak mesti keluar rumah untuk menikmati makanan kesukaan. Kita bisa membuat sendiri dengan panduan tutorial dari Youtube atau memesannya melalui aplikasi secara online.

Tapi ingat untuk tetap mengolah makanan dengan benar dan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Memakan buah dan sayur sangat dianjurkan daripada mengonsumsi makanan cepat saji atau Junk Food.

Berkebun

Bagi Anda yang memiliki lahan pekarangan yang cukup luas dapat melakukan kegiatan berkebun. Aneka teknik dan cara berkebun dapat dilakukan seperti berkebun ala hidroponik, tabulampot ataupun menanam langsung di halaman rumah. Atau bisa juga di rooftop (atas rumah). Berbagai tanaman buah dan sayuran dapat ditanam dalam kegiatan berkebun ini.

Baca Juga:  Ketika Mind Mapping Jadi Metode Favorit dalam Pembelajaran Daring

Jika dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh maka bisa memenuhi kebutuhan  sendiri sehingga tidak perlu membeli sayur dari pasar atau supermarket. Hasil yang didapat tidak kalah dari hasil panen petani. Bahkan  jika hasil panen banyak bisa disumbangkan ke tetangga atau dijual di warung—lumayan untuk menambah penghasilan di masa pandemi.

Dengan berkebun, kita juga bisa mengajarkan kepada anak bagaimana mengenal, menjaga, dan melestarikan alam.

Menanam Tanaman Hias

Kegiatan ini sangat popular dan viral akhir-akhir ini di mana-mana banyak orang mulai menanam berbagai macam tanaman hias. Berbagai jenis tanaman dan pot hias diperjualbelikan di toko online maupun offline, dari yang harganya murah sampai yang harganya mencapai ratusan jutaan rupiah. Bagi yang tidak memiliki modal tetap bisa melakukan kegiatan ini dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah seperti botol bekas untuk dijadikan pot hias. Kita melihat tutorial bagaimana cara menyulap botol bekas menjadi pot hias di Youtube.

Tanaman hias juga tidak harus mahal, kita bisa mengambil dari lingkungan sekitar, membeli yang murah, atau bisa juga mendapatkannya dari teman atau kerabat yang memiliki banyak tanaman hias. Menanam tanaman hias merupakan kegiatan mengasyikan yang dapat kita lakukan bersama keluarga.

Bermain

Bermain bersama keluarga, kenapa tidak? Justru kegiatan ini sangat mungkin dilakukan di masa pandemi ini. Selain mempererat hubungan keluarga, permainan juga dapat memperlancar komunikasi dengan keluarga dan juga dapat menghangatkan suasana di rumah. 

Kegiatan ini juga dapat mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget atau ponsel. Kita dapat mengenalkan kepada anak aneka permainan tradisional seperti bola bekel, kelereng, lompat tali karet, congklak,  egrang, gasing, rangka alu, boi-boian, patok lele, sepak sawut, lenggang rotan, ketapel, balap karung, bakiak raksasa, klingsian, pletokan, balap mobil kulit jeruk, gatrik, dam-daman, yoyo, nglarak, kartu remi, catur, monopoli, dan lain sebagainya.

 Aktivitas Fisik Lainnya

Aktivitas lain yang dapat kita lakukan di masa pandemi adalah beres-beres rumah seperti merapikan perabotan, menyapu, mengepel, dll. Selain itu juga bisa membuat konstruksi model atau mainan untuk anak, mengukir, mematung, mereparasi barang-barang yang rusak, memelihara binatang, dan lain-lain.

Nah, semua kegiatan-kegiatan yang telah dipaparkan di atas  sangat mudah untuk kita lakukan di masa pandemi Covid-19 ini.

Diutlis oleh EMA MARIANTI,S.Pd.SD, Guru SDN 1 LINGSAR

Share :

Baca Juga

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru:  Juli Sugianingsih

Opini

Mengenalkan Kembali Cerita Nusantara kepada Anak Kita

Opini

Asyik Belajar Aksara Jawa dengan Permainan Kartu

Opini

Wajah Pendidikan Kita di Masa Pandemi

Opini

Langkah-Langkah untuk Menanam Jiwa Disiplin pada Anak
model pembelajara generatif

Opini

Penerapan Pembelajaran Generatif Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar
black microphone

Opini

Retorika Berbicara di Kelas

Opini

Mengawali Awal Tahun 2022 dengan Afirmasi Positif