Lokakarya Nasional Bersertifikat: Pemanfaatan Sistem Informasi bagi Pendidik & Tenaga Kependidikan

- Editor

Jumat, 6 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lokakarya Nasional e-Guru.id akan menyelenggarakan lokakarya nasional berjudul “Pemanfaatan Sistem Informasi bagi Pendidik & Tenaga Kependidikan” yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2022, pukul 13.30 WIB melalui Zoom Meeting dan siaran langsung di YouTube.

Peserta yang mendaftar akan mendapatkan berbagai fasilitas, diantaranya adalah sertifikat, undangan, materi, rekap daftar hadir, dan laporan kegiatan.

Adapun narasumber dalam lokakarya nasional kali ini adalah Febrio Fadli Wayan Pratama, S.Pd. selaku Instruktur e-Guru.id.

Pemanfaatan Sistem Informasi Pendidik dan Tendik

Sistem informasi manajemen merupakan jaringan informasi yang dibutuhkan pimpinan dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam mengambil keputusan.

Sudah barang tentu kalau disebutkan “dibutuhkan pimpinan”, berarti pula dibutuhkan juga oleh organisasi, sebab tugas pimpinan bukan untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi juga kepentingan organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.

Banyak pendapat mengatakan bahwa teknologi informasi merupakan salah satu senjata persaingan. Hal ini tidak perlu diragukan lagi karena saat ini teknologi informasi telah menjadi salah satu alat untuk meningkatkan efisiensi aktivitas operasional lembaga pendidikan.

Kualitas lembaga pendidikan saat ini dapat dilihat dari kemampuan sebuah lembaga pendidikan dalam menyajikan jasa pendidikan, diantaranya dengan menggunakan teknologi Informasi.

Teknologi dan informasi sebagai basis pengumpulan data memiliki peran sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

Jika sebuah lembaga pendidikan tidak mendapatkan dukungan data dan informasi yang berkualitas. Maka dapat dipastikan akan mengalami hambatan dan kesulitan, terlebih dalam proses pengambilan keputusan strategis.

Keadaan ini pada akhirnya berakibat kegagalan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus memiliki sistem pendataan yang baik, tepat dan akurat guna memberikan pelayanan mutu yang baik dan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen merupakan jaringan informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan dalam rangka mempermudah dan memperlancar tugas-tugas pelaksanaan dan tugas-tugas pengendalian.

Tetapi dalam kesempatan ini terutama sistem informasi manajemen tersebut ditujukan untuk mempermudah pimpinan dalam mengambil keputusan. Jadi dapat juga dikatakan bahwa sistem informasi manajemen di butuhkan oleh pimpinan dalam rangka mempermudah pemecahan masalah yang di hadapi organisasinya.

Dalam bidang layanan pendidikan perkembangan sistem informasi manajemen telah satu langkah lebih maju. Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) misalnya yang hadir sebagai sistem online pengendalian dan untuk mengelola seluruh kepentingan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), utamanya untuk mengelola tunjangan profesi guru.

Tentang SIMPATIKA

Lokakarya nasional kali ini akan mengulas tentang sistem informasi untuk pendidik dan tenaga pendidika, salah satunya yang ada di Indonesia adalah SIMPATIKA.

SIMPATIKA merupakan aplikasi milik Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian agama (Kemenag) untuk mengelola seluruh kepentingan PTK. Pertama kali dirilis pada tanggal 20 Mei 2013 dengan nama Padamu Negeri milik Kemendikbud, kemudian dikembangkan oleh Kemenag dan pada tanggal 17 Agustus 2015 berganti nama menjadi SIMPATIKA.

Penerima maupun alokasi dana untuk TPG meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut berbanding lurus dengan banyaknya pengguna yang harus menggunakan SIMPATIKA.

Aplikasi layanan SIMPATIKA berbasis teknologi internet (web) yaitu salah satu jenis Layanan Online E-Government di Indonesia. Setiap pendidik dan tenaga kependidikan diberi akun individu untuk bertransaksi melalui Aplikasi SIMPATIKA.

Setiap transaksi yang mereka lakukan akan diverifikasi dan divalidasi oleh pegawai Kementerian Agama secara online dan berjenjang dari kabupaten ke provinsi.

Interaksi antara guru dan karyawan yang menjabat sebagai validator dan verifikasi dilakukan secara online tanpa harus bertemu muka dengan muka. Ini bentuk publik administrasi yang interaksinya sepenuhnya online.

Manfaat Aplikasi SIMPATIKA

Aplikasi SIMPATIKA berperan untuk menunjang segala kebutuhan pemerintah dalam menjaring data-data PTK. Salah satu manfaat dari sistem informasi manajemen dalam organisasi adalah sarana pengambilan keputusan. Administrasi pada hakikatnya adalah pengambilan keputusan.

Pengambilan keputusan adalah suatu hal yang penting dalam organisasi. Sedangkan informasi merupakan komponen pokok yang dibutuhkan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan.

Ketepatan dan keakuratan informasi yang diperoleh dapat mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil. Oleh karena itu pemanfaatan sistem informasi manajemen sangatlah penting agar keputusan yang diambil sesuai dengan kebutuhan yang didasarkan pada data yang tepat dan akurat.

Karena ketepatan dan keakuratan informasi yang diperoleh mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil. Pengalaman pengguna pada layanan SIMPATIKA akan memberikan ide tambahan dari persepsi pengguna tentang atribut spesifik dari suatu sistem.

Padahal peran SIMPATIKA untuk sampai tahap proses penyelesaian memiliki peranan yang sangat penting. Karena SIMPATIKA merupakan aplikasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan baik secara lembaga, pegawai dan siswa, tentu saja semua dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

Sehingga pada pemanfaatan SIMPATIKA sebagai sarana pengambilan keputusan. Hal ini penting untuk dibahas. Sehingga dengan adanya lokakarya nasional ini, sistem informasi yang salah satunya berbentuk SIMPATIKA ini dapat dimaksimalkan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. (mfs)

Klik disini untuk mendaftar

Download undangan lokakarya nasional

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB