Life Hack Sederhana untuk Guru yang Wajib Dicoba!

- Editor

Jumat, 29 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Life Hack Sederhana untuk Guru – Tahukah Anda, bahwa kehidupan pribadi dapat berpengaruh terhadap pekerjaan? Sama halnya dengan guru. Ketika kehidupan pribadi dari seorang guru sedang kacau, maka seseorang itu akan sulit fokus dalam mengajar. 

Sementara kekacauan yang terjadi mungkin ada di luar kendali kita. Mungkin saja kekacauan terjadi saat hendak berangkat mengajar.

Padahal sebagai seorang guru harus menampilkan semangat yang berapi-api dihadapan siswa. Karena kondisi emosi seorang pendidik sangat berpengaruh terhadap kondisi kelas.

Berikut ada  life hack yang dapat digunakan oleh guru untuk meminimalisir pengaruh kekacauan akibat kondisi diatas:

Merencanakan Waktu Makan

Hal ini memang terdengar aneh. Tetapi ini sangat penting direncanakan untuk setiap minggunya. Karena tidak jarang, seseorang akan menghabiskan waktu hanya untuk memilih akan makan apa hari itu.

Ketika sudah direncanakan, maka setiap harinya tinggal eksekusi. Sehingga waktu yang terbuang tidak sia-sia.

Selain dapat menghemat waktu, merencanakan makan dalam mingguan dapat mengurangi stres. Tidak jarang, kita akan mengurungkan niat untuk makan ketika bingung hendak makan apa. Dan berakhir menjadi emosi marah karena merasa lapar namun bingung hendak makan apa.

Berikut ini saran yang dapat dilakukan dalam lingkup life hack sederhana untuk guru:
  1. Setiap sabtu, buatlah daftar makanan yang akan disantap atau masak untuk satu minggu mendatang. 

Tips: cobalah masukkan satu atau dua resep yang hanya menggunakan satu panci atau dapat dimasak seharian dalam sebuah panci. Selain itu, buatlah lauk yang sudah dimasak menggunakan bumbu kuning (ungkep) agar dapat awet dan mudah tinggal menggoreng saat hendak makan.

  1. Buatlah daftar: kelompokkan resep untuk makanan ringan, sarapan, dan makan siang anda dan buatlah daftar dari semua yang dibutuhkan (tidak termasuk barang yang sudah ada di dapur seperti bumbu, kecap, saos, dll). 

Tips: jangan lupakan untuk membeli camilan!

  1. Pada hari minggu, pergilah belanja dan usahakan untuk mendapatkan semua yang ada dalam daftar. Hal ini dapat menghemat pengeluaran. Ketika berbelanja dengan daftar, anda menghabiskan lebih sedikit uang. Karena ketika berbelanja dalam jumlah yang banyak, biasanya akan mendapat potongan harga oleh penjual atau dari pasar modern.

Tips: ketika anda hidup di kota besar, maka gunakan aplikasi untuk belanja. Selain menghemat waktu, ada kupon geratis yang bisa digunakan setiap minggu atau bulannya.

  1. Minggu malam, persiapan semua makan siang anda untuk satu minggu. Plus, memotong sayuran, cuci buah anda, dan persiapan apa pun yang anda tahu anda atau keluarga anda akan makan sepanjang minggu.

Itu dia! Pikirkan tentang makanan, buatlah daftar belanjaan, pergilah berbelanja (atau yang lebih baik lagi, gunakan aplikasi), dan siapkanlah makanan anda. Proses ini akan menghemat begitu banyak waktu dan energi. Cobalah ini dan lihatlah perbedaan dalam diri anda.

Gunakan Rencana Hidup (Life Planner)

Seorang guru pasti sudah rencana mingguan untuk pembelajaran di sekolah, jadi mengapa tidak sekalian mengatur kehidupan di rumah dengan perencana kehidupan?

Perencana kehidupan dapat digunakan sebagai tempat untuk memantau segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan. Jangan pernah melupakan janji, ulang tahun, atau peristiwa khusus. Ini juga dapat dijadikan untuk mencatat pengingat dan melacak daftar yang harus dilakukan.

Menulis rencana ini dapat dilakukan untuk bulanan, mingguan, dan harian. Memang baiknya ketiganya ditulis secara rapi.

Agar semua rencana dan peristiwa penting tidak terlewatkan hanya karena lupa. Memang, lupa adalah sifat manusia. Tetapi, ketika dapat dicegah, kenapa tidak?

Menulis rencana ini dapat menggunakan aplikasi yang ada di smartphone, hal itu akan lebih mudah dan fleksibel karena dapat diisi dimanapun.

Tetapi, jangan lupa untuk tetap menulis di buku kecil yang selalu anda bawa kemana-mana. Hal tersebut untuk berjaga-jaga ketika smartphone anda mengalami kehabisan baterai.

Begitu mulai menggunakan rencana hidup, seseorang dapat merasa bisa mengendalikan kehidupan, dan hal itu mengurangi stres dan kekhawatiran seseorang.

Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah

Pasti semuanya akan berpikir “Mana ada guru yang tidak membawa hasil pekerjaan siswanya ke rumah untuk dikoreksi?” atau “Saya tidak bisa jika tidak membawa pekerjaan ke rumah, karena waktu saya sedikit di sekolah,” atau “Saya tidak bisa tenang ketika mempunyai tanggungan pekerjaan dari sekolah.”

Anda pasti bisa kok! Memang tidak mudah untuk beralih kepada prinsip ini. Namun, life hack yang utama bagi seorang guru adalah ini.

Dengan tidak membawa beban pekerjaan di rumah, maka kualitas berkumpul dengan keluarga atau waktu untuk istirahat akan menjadi lebih baik. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi emosi guru keesokan harinya.

Hal yang dapat digunakan untuk hal ini adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan time management atau pengaturan waktu yang baik. Carilah tips dalam pengaturan waktu dan sesuaikan dengan kebutuhan dari.
  2. Sadarilah bahwa pekerjaan itu tidak akan pernah selesai. Lakukan pekerjaan yang bisa dilakukan saat berada di sekolah. Apabila sudah waktunya pulang, maka simpan pekerjaan itu untuk besok. Kecuali ada hal mendesak. Hal mendesak juga tidak akan setiap hari, dan juga tidak selalu muncul seminggu sekali.
  3. Mengetahui batas-batas dan lakukan kebiasaan baru. Dimana batas-batas itu adalah tempat. Saat anda bekerja, maka tempatnya ada di sekolah dan saat anda beristirahat maka tempatnya ada di rumah. Cobalah pelan-pelan, dan rasakan perubahan itu.

Ini adalah beberapa cara untuk menyederhanakan kehidupan Anda atau dengan kata lain life hack sederhana untuk guru sehingga anda dapat menjadi guru yang lebih baik lagi. (mfs)

Ayo bergabung bersama e-Guru.id dan rancang pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan kekiniane-Guru.id yang merupakan suatu platform peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik di sini untuk mendaftar!

Gabung grup Telegram Guru Cerdas Era Digital untuk mendapatkan informasi terkait dengan Diklat, Webinar/Seminar, Pelatihan, Workshop, Bimtek, Lokakarya, dan informasi terbaru di bidang pendidikan.
Bergabung Sekarang!

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB