Langkah Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Power Point

- Editor

Sabtu, 25 September 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Video Pembelajaran – Pembelajaran melalui metode daring saat ini terus menjadi kebutuhan, seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang membuat proses pembelajaran tatap muka tak bisa dilaksanakan sepenuhnya.

Terkadang, para siswa yang mengikuti pembelajaran secara daring mengalami kejenuhan karena proses belajarnya cenderung monoton dan membosankan. Nah, untuk membuat suasana pembelajaran terasa menyenangkan tak jarang guru membuat proses belajar lebih atraktif dan menarik, salah satunya dengan membuat video animasi.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video animasi adalah Powerpoint. Dengan Powerpoint, banyak pilihan animasi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran.

Namun untuk bisa membuat video animasi melalui Powerpoint, idealnya perangkat komputer atau laptop Anda sudah terinstal minimal Windows 8 ke atas serta telah menginstal program Microsoft Office 2010 dengan kapasitas RAM minimal 2 gigabyte.

Membuat Slide Presentasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat file slide presentasi baru kemudian isi file baru dengan materi pembelajaran yang sesuai kebutuhan anda. Selain itu, anda juga bisa menyisipkan gambar atau logo yang terkait dengan materi pembelajaran.

Memberikan Animasi di Slide

Setelah materi pembelajaran selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memberikan animasi pada slide atau halaman. Caranya, klik halaman yang akan diberi animasi, kemudian klik menu Animations di panel menu bagian atas.

Di menu Animations ini, anda bisa memilih jenis tampilan animasi yang disukai. Terdapat banyak pilihan animasi, jika ingin melihat variasi animasi lainnya anda cukup mengklik tanda panah atas bawah di bagian bawah menu Animations.

Pintasan Animasi

Selain itu, terdapat fitur shortcut atau pintasan untuk menambahkan animasi dengan mengklik Add Animations di sisi kiri menu Animations.

Mengatur Efek Animasi

Setelah proses pembuatan animasi selesai, selanjutnya adalah mengatur efek animasi yang akan digunakan. Caranya, klik teks atau gambar yang akan diberi efek, kemudian pilih menu Effect Options, lalu kreasikan efek sesuai kebutuhan atau semenarik mungkin melalui pilihan efek yang ada.

Membuat Efek Trigger

Anda juga bisa membuat efek animasi hiburan khususnya pada materi tanya jawab, dengan membuat efek trigger atau pemicu. Biasanya efek ini digunakan pada materi berupa tanya jawab yang isinya berupa pilihan mana jawaban yang benar maka akan keluar animasi seperti tanda cetang atau tulisan “OK”. Anda juga bisa mengkreasikan jawaban yang salah dengan menambahkan efek triger seperti tanda silang atau berupa teks

Caranya buatlah tulisan atau gambar yang akan tampil saat objek atau pilihan jawaban di klik, kemudian klik menu Trigger pilih jenis ikon atau teks yang muncul setelah itu klik submenu On Click Off kemudian pilih teks atau simbol yang akan tampil saat memilih jawaban.

Mengatur Waktu Animasi

Setelah video animasi selesai, kemudian atur waktu tayangan animasi. Caranya, klik menu Timing pada bagian menu, kemudian akan tampil pilihan yakni; Start, Duration dan Delay.  Start dibagi menjadi tiga yaitu: On Click, With Previous dan After Previous.

On Click digunakan untuk menampilkan animasi pada saat mouse di-klik. With Previous digunakan untuk menamilkan animasi secara bersamaan pada saat mouse di-klik. dan After Previous digunakan untuk memulai animasi berikutnya tanpa harus meng-klik mouse.

Kemudian, Duration digunakan untuk mengatur waktu animasi selanjutnya dengan menentukan waktu tayang animasi. Sedangkan, Delay adalah fitur untuk menahan atau menunda agar animasi selanjutnya tidak langsung tampil.

Mengatur Ukuran File Animasi

Untuk mengatur ukuran tampilan file animasi yang anda buat, klik menu Design kemudian pilih ukuran slide melalui menu Slide Size, atau bisa juga menggunakan ukuran baku dengan memilih ukuran Custom.

Mengkonversi dan Menyimpan File Menjadi Video

Setelah proses pembuatan file animasi selesai, tahap selanjutnya adalah mengkonversi (convert) file menjadi video. Caranya, klik menu File kemudian pilih Export dan klik Create a Video. Sebelum proses convert file menjadi video akan ada pilihan kualitas video, anda bisa memilih Presentation Quality.

Setelah itu, pilih Create a Video kemudian beri nama file video animasi, setelah itu klik Save.

Demikianlah cara membuat video pembelajaran berbasis animasi dengan memanfaatkan aplikasi Powerpoint.

Ikuti Diklat “” melalui link berikut ini:Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint
DAFTAR DIKLAT
Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 
DAFTAR MEMBER
Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Berita Terkait

BKN Bersama KemenPANRB dan LAN Bahas Aturan Baru, Berikut Isi Pembahasannya!
BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru
Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru
Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya
Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:25 WIB

BKN Bersama KemenPANRB dan LAN Bahas Aturan Baru, Berikut Isi Pembahasannya!

Senin, 26 Februari 2024 - 11:39 WIB

BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 11:26 WIB

Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 10:50 WIB

Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Berita Terbaru