Home / News

Senin, 15 November 2021 - 08:26 WIB

Langkah-Langkah dalam Menyusun Program Semester

 

Penyusunan Program Semester – Setiap tahunnya, sekolah-sekolah pasti akan membuat program semester. Yang mana, program ini akan berisi agenda apa saja yang akan dilakukan selama satu semester penuh. 

Karena dinamakan dengan program semesteran, maka ada banyak sekali hal yang meski dipertimbagkan. Tanggal merah peringatan hari besar, misalnya. Nah, sebenarnya, apa saja langkah-langkah yang meski ditempuh dalam menyusun program semester tersebut? 

Mungkin, bagi Anda yang udah terbiasa dan sering terlibat dalam menyusun program semesteran sudah hafal di luar kepala mengenai langkah-langkah penyusunan ini. Berbeda halnya dengan para guru yang baru belajar mengenai hal tersebut. 

Bahkan mungkin ada yang masih bertanya-tanya, apa itu program semester. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai langkah-langkah penyusunan program semester , simak penjelasannya berikut.

1.       Memperhatikan kalender pendidikan

Langkah pertama adalah dengan memperhatikan sekaligus menelaah kalender pendidikan yang ada.  Dan juga ciri khas satuan pendidikan berdasarkan dengan kebutuhan tingkat satuan pendidikan. 

Menelaah kalender pendidikan yang ada menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan penyusunan program semester. Dalam hal ini, jangan lupa untuk menandai kapan saja liburnya  mulai dari permulaan tahun pelajaran, kemudian minggu pembelajaran yang efektif, waktu pembelajaran efektif per minggu, sampai dengan hari libur. 

Baca Juga:  Ruang Lingkup Program Sekolah Penggerak

Adapun hari libur tersebut biasanya ada libur tengah semester, libur antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur hari besar keagamaan, libur hari nasional, libur khusus, sampai dengan kegiatan khusus satuan pendidikan.

2.       Menghitung hari

Langkah yang kedua adalah dengan menghitung berapa hari belajar efektifnya, serta jam belajar efektif tiap bulan dan semester selama setahun. Hitung juga jam pembelajaran, sesuai ketentuan pada struktur kurikulum yang digunakan.

3.       Alokasi waktu

Selanjutnya, mulai mendistribusikan alokasi waktu yang ada untuk 1 tema dan mempertimbangkan juga waktu untuk penilaian, lengkap dengan review materi. Secara sederhana, program semester ini berisi hal yang akan dilaksanakan dan juga akan dicapai.  Dan biasanya, mencakup beberapa hal yang harus disertakan seperti identitas, yang isinya adalah satuan pendidikan, kelas atau semester, tahun pelajaran dan muatan pelajaran. 

Baca Juga:  3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

Kemudian ada juga format isian, yang isinya ada tema, sub tema, bulan,  pembelajaran ke alokasi waktu, dan lain sebagainya. Dan sebenarnya, program semester ini nyaris sama dengan program tahunan.

Proses penyusunan program semester antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya pasti berbeda. Dan pada umumnya, dibentuk tim khusus yang tugasnya adalah untuk membuat atau menyusun program semester. 

Meski terkesan agak sulit dan rumit, namun percayalah, langkah-langkah penyusunan program semester ini tidak sesulit yang ada di dalam benak Anda. Apalagi jika  disusun bersama-sama. Tentu akan menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. 

Ayo, temukan seminar atau diklat yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengurus administrasi sekolah dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/gratissx203cxfe0f-seminar-nasional-inovasi-pembelajaran-digital--interaktif-untuk-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa/

News

Cara Membuat Video Presentasi Materi Pembelajaran Tampak Wajah di Kelas Virtual 3D

News

Guru Wajib Tahu! Penyebab Guru Honorer Gagal Mendapat Tunjangan Dana BOS
training public speaking

News

Kenapa Guru Wajib Meningkatkan Kemampuan Public Speaking?
pengolahan data penelitian

News

Talent Mapping untuk Mengetahui Potensi Anak

News

5 Strategi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

News

Simak Tips Menjadi Dosen Muda Berikut Ini!

News

Menciptakan Profil Pelajar Pancasila Menurut Kemendikbud
website untuk guru

News

Cara Membuat Google Classroom untuk Pembelajaran Online