Home / News

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 00:45 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring

Istilah pembelajaran daring mungkin sudah tidak asing lagi bagi Bapak dan Ibu guru yang berprofesi sebagai pendidik masa kini. Pasalnya, model pembelajaran daring ini erat kaitannya dengan model pembelajaran saat ini, terlebih setelah terjadi pandemi Covid-19. Sebagai model pembelajaran, pembelajaran daring tentu memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan. 

Demikian juga dengan pertemuan tatap muka secara langsung. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Namun yang akan dibahas dalam tulisan ini bukan terkait pembelajaran tatap muka, namun akan fokus pada pembelajaran daring. 

Pembelajaran daring ini sudah menjadi aktivitas guru sehari-sehari dalam waktu hampir dua tahun terakhir. Sebab, pembelajaran tatap muka di dalam kelas tidak mungkin dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 yang begitu mudah menular. Maka untuk lebih baiknya, pembelajaran dilakukan secara daring sehingga tidak ada kontak fisik antara peserta didik dan guru. 

Model pembelajaran daring, karena baru marak dilaksanakan pasca munculnya pandemi masih terbilang masih baru. Sehingga banyak sekali pengalaman yang ditemukan di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran model daring tersebut. 

Bagi sebagian guru, mungkin sangat gembira dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Karena dengan pembelajaran daring, pembelajaran dinilai lebih efektif karena siswa dan guru tidak harus datang ke dalam sebuah kelas. Namun pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. 

Baca Juga:  Snowball Throwing Alternatif Atasi Kesulitan Baca pada Siswa Tingkat Dasar

Namun bagi sebagian guru yang lainnya, pembelajaran daring ini bisa menjadi ‘bencana”. Karena, dalam pembelajaran daring membuat lebih sulit dalam mengontrol siswa dalam sebuah proses pendidikan. 

Nah, seperti itulah gambaran terkait pembelajaran daring yang tengah dialami oleh para guru saat ini. 

Tentu saja setiap model pembelajaran pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya. Dan berikut ini akan dibahas tentang keunggulan dan kekurangan pembelajaran daring

Kelebihan Pembelajaran Daring

Kelebihan pertama yang bisa dirasakan dalam pembelajaran daring adalah membuat guru dan siswa tidak harus datang ke ruang kelas untuk belajar. Proses pembelajaran atau transfer ilmu bisa dilakukan secara jarak jauh menggunakan bantuan teknologi seperti Google Classroom, Zoom, dan lain sebagainya. 

Dalam pembelajaran jarak jauh juga dapat meminimalisir penggunaan media belajar dalam bentuk kertas, papan tulis, dan lain sebagainya. Semuanya dapat digantikan dengan materi digital. Sehingga dengan pembelajaran seperti ini akan lebih hemat biaya namun tidak kalah efektif. 

Dan satu lagi, materi pembelajaran daring yang dibuat secara daring, bisa diproduksi dan digunakan secara berulang-ulang sehingga hal tersebut akan lebih menghemat tenaga dan biaya. 

Kekurangan Pembelajaran Daring

Di antara kekurangan dalam pembelajaran daring adalah tidak adanya interaksi secara langsung antara siswa dan guru. Sehingga hal tersebut dapat menciptakan jarak dan dapat menghambat proses pendidikan, terlebih dalam pendidikan karakter. 

Baca Juga:  Telah dibuka pendafataran Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022, berikut cara daftarnya!

Selain itu, masalah yang muncul dalam pembelajaran daring adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar, sikap siswa ketika belajar, mengurangi tingkat kedisiplinan dan lain sebagainya. Karena semua sangat sulit dibangun jika pembelajaran dilakukan secara daring. 

Dan satu lagi, pembelajaran daring hanya bisa dilakukan di tempat-tempat yang memiliki infrastruktur jaringan yang memadai. Untuk daerah-daerah terpencil yang belum ada jaringan internet akan sulit melaksanakan pembelajaran daring. Sementara itu tidak seluruh wilayah di Indonesia sudah memiliki jaringan internet yang bagus untuk pelaksanaan pembelajaran daring. 

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring tersebut, sebenarnya model pembelajaran tetap layak dilakukan. Hanya saja untuk dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, memang membutuhkan pendekatan yang lebih tepat. 

Ikuti Diklat “Mengenal Lebih dalam Model-Model Pembelajaran Paling Efektif di Masa Daring” melalui link berikut ini:
 
DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Tahu! Peranan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan PTM Terbatas
membuat best practice untuk naik pangkat

News

Review Situs Materi STEM dari NASA

News

4 Alasan Penting Menjadi Guru Milenial, Anda Termasuk Guru yang Mana?

News

Perubahan Komponen dalam SKP Guru Terbaru
cara mudah mengelola nilai siswa

News

Cara Mudah Melakukan Penjumlahan Nilai Siswa

News

[Breaking News] RESMI! Kemendikbud Bagikan Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Segera Cek

News

Perbedaan Program PPG dalam Jabatan dan PPG Pra Jabatan
website guru

News

Memanfaatkan Layanan Google Drive dalam Dunia Pendidikan