Home / News

Kamis, 22 September 2022 - 23:57 WIB

Kabar Buruk! Tambahan Penghasilan untuk Guru Seluruh Jenjang Melalui RUU Sisdiknas Tidak Jadi Diberikan, Berikut Alasannya

RUU Sisdiknas Batal – Ada kabar buruk bagi guru SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB terkait dengan batalnya tambahan penghasilan yang diberikan tanpa harus sertifikasi.

Tambahan penghasilan yang rencananya akan diberikan melalui Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) itu, tidak disetujui untuk masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2023.

Keputusan itu diambil saat Badan Legislasi DPR menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Selasa (20/9/2022) malam.

“Ya (tidak dimasukan) karena DPR tidak ingin kerusuhan yang terjadi bertambah parah,” tutur Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya.

Baca Juga:  Nasib Kesejahteraan Guru dari Alokasi APBN

Dalam kesempatan itu, Dewan menyampaikan agar pemerintah, dalam hal ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, membuka ruang dialog dengan para pemangku kepentingan sebelum mengajukan RUU ini untuk dibahas bersama DPR.

“Mendikbud (harus) membuka ruang dialog dengan stakeholder secara luas kemudian tidak menciptakan kerusuhan yang baru,” paparnya.

Ada lima fraksi yang menolak RUU ini dimasukkan ke dalam Prolegnas Prioritas. Raker pun sempat diskors.

Baca Juga:  Pahami Ini Sebelum Menyusun DUPAK untuk Kenaikan Pangkat Guru!

Setelah melakukan pembicaraan informal, Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan bahwa pemerintah akan merapikann terlebih dulu draf naskah akademik dan RUU Sisdiknas yang ada, serta menyosialisasikannya dengan baik kepada para stakeholder.

Disisi lain, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengomentari keputusan Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR) RI yang tidak memasukkan Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Perubahan Prioritas 2023.

Halaman berikutnya

Nadiem mengaku pihaknya telah..

Share :

Baca Juga

News

100% Gratis! Seminar Nasional Bersertifikat : Belajar Karya Inovatif untuk Bisa Menjadi Guru Inovatif

News

Begini Strategi Model Pembelajaran PAIKEM yang Wajib Dikuasai oleh Guru

News

Tips Mendapatkan Dana Hibah Untuk Penelitian Dosen

News

Mengenal Canva Pendidikan untuk Pembelajaran yang Menarik

News

Alur Pendaftaran Ujian UKBI dan Manfaatnya
kenaikan pangkat guru

News

Tema Projek Profil Pelajar Pancasila dan Contoh Penerapannya

News

Download Sekarang! Materi Paparan Kemendikbud Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar Disini

News

Seluruh Guru Wajib Bersiap! SE Kemendikbud Menambahkan Mata Pelajaran Ini Untuk Tahun Ajaran 2022/2023