Home / Karya Ilmiah / Karya Inovatif / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 9 September 2022 - 08:49 WIB

Judul dan Tema KTI Inobel

Tema KTI – Karya tulis ilmiah atau KTI atau suatu tulisan atau karya tulis yang ditulis dengan kaidah atau metode tertentu dari hasil pengamata ilmiah atau penelitian yang kebeneran dari tulisan tersebut dapat dipertanggun jawabkan. Dalam menulis karya tulis imliah pertama kali tentu dibutuhkan judul dan tema KTI.

Karya tulis ilmiah tersebut dalam penulisanya memiliki kaidah atau metode tertentu yang sistematikanya didasari dari hasil pengamatan, peninjauan dan penelitian dari suatu bidang tertentu. Karya tulis ilmiah tersebut merupakan wujud dari suatu tema atau topik yang diamati.

Dalam karya tulis ilmiah terdapat berbagai jenis karya tulis ilmiah seperti artikel ilmiah, skripsi, disertasi da juga tesis. Bentuk karya tulis ilmiah tersebut berbeda beda tergantung bagaimana suatu analisis pada suatu masalah.

Pada karya tulis ilmiah tersebut juga terdapat karya tulis ilimah untuk inovasi pembelajaran atau inobel. Karya tulis ilmiah inovasi pembelajaran ini adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh peserta lomba inovasi pembelajaran dan karya tersebut berupa karya inovatif yang digunakan untuk inovasi pembelajaran.

Karya kreatif dalam inovasi pembelajaran tersebut dibuat dalam bentuk karya tulis ilmiah yang berikutnya digunakan untuk perlombaan tersebut. Karya tulis tersebut dapat dibuat dalam beberapa jenis karya tulis ilmiah sesuai dengan jenis karya ilmiah yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Guru WajibTahu! 4 Tahapan Penelitian Tindakan Kelas

Karya tulis ilmiah untuk inovasi pembelajaran tersebut memuat segala bentuk, metode, atau gagasan mengenai inovasi pembelajaran. Tentu dalam karya tulis ilmiah tersebut terdapat kaidah penulisan tertentu sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.

Tujuan utama pembuatan karya tulis ilmiah tersebut adalah sebagai bentuk dari perlombaan dan menyalurkan suatu gagasan, ide dan juga metode mengenai bagaimana inovasi pembelajaran tersebut terjadi.

Cara pemilihan judul dan tema tersebut adalah sebagai berikut:

Penulisan Judul

Yang pertama dalam penulisan karya ilmiah adalah penulisan judul. Karya tulis ilmiah tentang alat pembelajaran, alat praktikum, dan media pembelajaran haruslah memiliki unsur modifikasi atau kebaruan dan juga mampu menyelesaikan masalah pembelajaran.

Karya tulis ilmiah metode pembelajaran maka harus membuat sintak pembelajaran inovasi berdasarkan kajian kajian teori dan pendapat tentang bagaimana memberikan alasan

Judul Menarik

Gunakan singkatan yang mengacu pada istilah yang telah ada atau yang terbaru lalu dapat menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis internet seperti media sosial, whatsapp, facebook,  dan line. Kemudian kaitkan dengan pemanfaatan TIK, aplikasi komputer atau pembelajaran e learning.

Halaman Selanjutnya

Pemilihan Tema

Share :

Baca Juga

Edutainment

Inovasi Pembelajaran pada Penerapan Kurikulum Merdeka

Karya Ilmiah

Cara Cek Plagiat secara Online pada Jurnal dan Karya Tulis Lainnya

Pengembangan Diri

Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD

Pengembangan Diri

Pertolongan Psikologis Pada Anak
urgensi dan kelebihan kurikulum merdeka

Pengembangan Diri

Kepemimpinan Sebagai Soft Skill Penting Pada Kurikulum Merdeka
kenaikan pangkat guru

Karya Ilmiah

Ingin Kenaikan Pangkat Guru Berhasil? Jangan Lakukan Ini!

Kenaikan Pangkat

Informasi Terbaru! PPPK Guru Tahap 3

Pengembangan Diri

Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka