Home / News

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:10 WIB

Inilah 3 Manfaat Membaca untuk Anak Usia Dini

Membaca adalah suatu kegiatan positif yang memang harus diajarkan kepada anak-anak khususnya di usia dini. Dengan membaca seorang anak akan mampu menambah pengetahuan dan wawasannya.

Memang kegiatan membaca tidak mudah dilakukan karena ini tergolong berat apalagi anak tersebut belum terbiasa. Anak-anak lebih suka bermain game online daripada membaca buku atau membaca tulisan di internet.

Tetapi dengan adanya pengetahuan terkait manfaat ini membaca setidaknya para guru bisa lebih intensif mengajarkan anak untuk membaca. Ketika satu bagian ini diabaikan maka sudah tentu anak tidak akan memiliki pengetahuan dalam hal apapun.

Mengembangkan Otak

Salah satu manfaat dari membaca khususnya untuk anak yang masih kecil ini akan membantu dalam hal mengembangkan otak. Proses membaca yang dilakukan terus-menerus akan mampu memancing daya pikirnya untuk memahami informasi baru.

Meski demikian proses membaca ini tentu harus dilakukan sesuai dengan umur atau usia anak tersebut. Jika masih usia dini tentunya proses belajar membaca dapat dilakukan dengan buku rangkaian huruf besar dan kecil yang warna-warni.

Baca Juga:  Berikut Cara dan Syarat Mendaftar PPG Terbaru Tahun 2022

Dengan pembiasaan seperti ini tentu akan membuatnya semakin terlatih dan bisa berpikir kritis. Ketika ini terus dilakukan maka daya ingatnya semakin tajam dan juga mampu memahami segala sesuatu dengan mudah dan cepat.

Melatih Konsentrasi dan Sikap

Dengan pembiasaan membaca buku akan mampu membuat anak semakin berkonsentrasi dan mampu bersikap lebih baik. Kebiasaannya dalam membaca sedikit demi sedikit akan melatih berkonsentrasi dan sikapnya.

Umumnya, mereka yang terbiasa membaca akan mampu menghargai orang lain ketika sedang berbicara. Jadi ketika orang tua menasehati maka anak tersebut akan diam dan menyimak apa yang disampaikan oleh orang tua atau orang lain.

Mempererat Hubungan Anak

Ketika anak diajari untuk membaca sejak dini tentunya akan mampu membuatnya lebih dekat dengan siapa yang mengajarinya lebih intensif. Maka, tahap awal pengajaran kepada anak harus dilakukan oleh orang tuanya sendiri agar ada kedekatan yang lebih hangat.

Baca Juga:  Pentingnya Kompetensi 4C dalam Pembelajaran

Ketika kedekatan ini terjadi tentu akan membuat anak lebih patuh terhadap perintah orang tua untuk berbuat baik. Dampak seperti ini akan sangat bagus bukan hanya ketika masih anak-anak tetapi juga hingga anak tersebut tumbuh dewasa.

Jadi manfaat membaca ini memang sangat bagus sekali khususnya bagi anak di masa golden age. Untuk itu, bagi para guru atau orang tua tentu harus bisa memberikan pengajaran yang bisa diterima oleh anak khususnya bagi yang usianya masih dini.

Perlu metode khusus memang dalam proses pembelajaran dan jangan disamakan dengan anak yang usianya lebih tua. Sebab, pengajaran usia dini memang perlu cara yang lebih halus dan juga lebih sabar agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 

Temukan pelatihan-pelatihan gratis khusus untuk anggota e-Guru.id untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak usia dengan baik dan benar.  Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

mengelola nilai siswa dengan excel

News

3 Alternatif Pengganti PR untuk Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Peserta Didik

News

Cara Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas

News

Kenali Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru untuk Naik Pangkat

News

Pentingnya Peranan Pendidikan Seks pada Siswa Sekolah Dasar

News

Keuntungan Menerapkan Kurikulum Prototipe Tahun 2022
blue and yellow board game

News

4 Aplikasi Game Interaktif untuk Menunjang Pembelajaran

News

3 Model Pembelajaran Terpadu Yang Cocok Diterapkan Dalam Sekolah Dasar di Indonesia

News

Persiapan Satuan Pendidikan Yang Mendaftar IKM Jalur Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi