Ikutilah Pelatihan Khusus 90 JP 10 Hari Menulis Buku “Cara Mudah Menulis Buku Ber-ISBN”

- Editor

Minggu, 9 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara mudah menulis buku Ber-ISBN merupakan perwujudan dari salah satu peran dari akademisi salah satunya adalah mengembangkan keilmuan sesuai dengan bidang studinya. Salah satunya peran tersebut yakni dengan menyebarluaskan ide atau gagasan melalui tulisan, baik tulisan berupa essay atau karya ilmiah dalam bentuk buku.

Namun pada era sekarang tidak semua akademisi memiliki kemampuan untuk menulis ide atau gagasan dalam bentuk buku. Kemampuan menulis dapat dilatih dengan pertama menguasai ketrampilan menulis dan kedua memahami cara-cara atau trik dalam menulis buku sehingga dengan memahami dua hal tersebut maka para akademisi dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Ada beberapa tips awal untuk menulis buku yaitu:

1. Tentukan Ide atau Tema awal.

Langkah awal yang harus dikerjakan oleh penulis adalah menentukan ide atau tema dari buku. Tema atau ide bisa didapat sesuai dengan minat atau bidang studi yang menjadi konstentrasi calon penulis.

2. Cari Referensi Sesuai Dengan Tema

Setelah penulis memiliki tema yang akan ditulis dalam buku, maka langkah selanjutnya penulis dapat mencari referensi terkait dengan tema sebanyak mungkin, refenrensi dapat dicari sebelum dan selama penulisan buku. Penting bagi penulis untuk memiliki banyak referensi, semakin banyak referensi yang dibaca akan semakin meningkatkan kualitas buku yang dihasilkan. Referensi yang digunakan dapat berupa buku, artikel jurnal, berita online, data-data terbitan oleh instansi terkait dan sumber lain yang dapat dipercaya.

3. Susun Kerangka atau Outline Buku

Kerangka atau outline buku dibuat berdasarkan tema besar yang akan diangkat, kerangka dapat berupa bab dan sub bab dari buku sehingga dengan demikian penulis akan dimudahkan dalam menyusun buku. Adapun ide dari kerangka buku dapat dijaring dari berbagai ide atau referensi yang dimiliki. Misalnya saja penulis hendak mengangkat tema tertentu maka setelah penulis memiliki banyak refensi dapat dibuat outlinenya yaitu mulai dari BAB 1, BAB 2, BAB 3 dan seterusnya.

4. Pahami Gaya Penulisan Anda

Dalam menulis buku langkah yang tidak kalah penting adalah memahami gaya penulisan penulis. Cara mudah mengenali dan memahami gaya penulisan adalah dengan membaca kembali tulisan-tulisan penulis yang sudah terbit sebelumnya atau pesan singkat maupun tulisan-tulisan yang sudah pernah dibuat, jika memang belum pernah menulis maka bisa dimulai menulis lalu dilihat apakah tulisan yang ada  bersifat populer ataukah ilmiah kemudian diteruskan sesuai dengan gaya penulisan sesuai dengan gaya penulisan yang dimiliki.

Dengan memahami genre penulisan maka akan memudahkan penulis dalam proses penulisan buku. Selain itu penulisan akan lebih efektif karena kata-kata akan mengalir dan tersususun menjadi kalimat dan paragraf dan pada akhirnya akan menjadi sebuah buku, namun sebaliknya jika penulis menulis dengan gaya penulisan atau gaya bahasa dengan yang biasa dilakukan, maka penulis akan mengalami kesulitan dalam menyusun suatu kalimat, dan bahkan tidak dapat menyelesaikan penulisan buku sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

5. Buat Timeline Penulisan Buku

Terkadang penulisan buku tidak dapat diselesaikan oleh penulis adalah karena terlalu lama penulisan bukunya, sehingga penulis merasa bosan dan akhirnya akan ditinggalkan. Hal ini dapat diantisipasi dengan menentukan target waktu penyelesaian penulisan buku, dengan demikian maka penulis dapat menyelesaikan penulisan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Timeline penulisan dapat dibuat misalnya berupa timeline yang memuat materi dan waktu penulisan misalnya dalam satu bab ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan jika ada sepuluh bab dalam buku maka dalam waktu sepuluh bulan penulis sudah dapat menyelesaikan penulisan buku. Manfaat lain dari pembuatan timeline penulisan buku adalah penulis memiliki panduan kapan harus menulis apa serta penulis dapat memperkirakan kapan penulisan buku dapat diselesaikan.

6. Tentukan Sasaran Pembaca Buku

Salah satu tujuan dari menulis buku adalah agar suatu ide atau gagasan dalam buku dapat dibaca oleh orang, namun demikian karena masing-masing pembaca memiliki karakter serta kebutuhan buku yang bereda-beda. Maka penulis hendaknya juga memahami karakter calon pembaca serta kebutuhan dari pembaca. Hal ini akan memudahkan pembaca memahami alur pikir yang ada di buku meskipun tulisan merupakan karya dari penulis.

Oleh karena itu menentukan sasaran pembaca buku merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui oleh penulis buku karena sasaran tulisan akan menentukan kualitas dan mengetahui seberapa bayak orang yang tertarik pada karya penulis.

7. Tentukan Tempat Menulis

Agar menulis tidak menjadi beban bagi penulis sebaiknya penulis juga menyiapkan tempat untuk menulis yang dirasa nyaman untuk ditempati dalam waktu yang cukup lama. Misalnya saja penulis memilih taman dibelakang rumah atau menyiapkan meja dan kursi yang nyaman, dengan begitu menulis menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Jika suatu kerjaan dikerjakan dengan senang hati maka pekerjaan tersebut akan dapat terselesaikan dengan baik.

8. Mulailah Menulis Sesuai Dengan Timeline Yang Dibuat

Sebagaimana yang telah disampaikan diawal akan pentingnya pembuatan timeline penyusunan buku, maka penulis bisa langsung memulai menulis jangan sekali-kali menunda waktu penulisan karena akan menjadi kebiasaan yang tidak baik bagi penulis, bahkan akan menjadikan penulis tidak dapat menyelesaikan tulisan.

9. Jaga Motivasi Menulis

Harus diakui bahwa motivasi seseorang untuk menulis terkadang naik terkadang turun, sehingga menjaga motivasi untuk selalu dapat meluagkan waktu untuk menulis sangat penting. Dengan menjaga motivasi menulis, maka penulis dapat selalu menulis sesuai dengan timeline waktu yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu menjaga motivasi menulis akan menjadikan tulisan lebih bermakna dan berkualitas.

10. Terbitkan Buku

Langkah terakhir dalam penulisan buku bagi pemula adalah dengan menerbitkan hasil karyanya, menerbitkan buku adalah langkah mutlak bagi penulis karena tanpa penerbitan buku, target dari penulisan buku untuk dibaca orang lain tidak akan tercapai. Bagi pemula penting juga untuk memilih penerbit buku, setidaknya peberbit yang sudah memiliki legal formal dalam penerbitan buku serta memiliki konsultan dalam penerbitan sehingga buku yang terbitkan layak untuk diterbitkan, dan di era digital sangat mudah bagi siapa saja untuk mencari penerbit buku yang profesional dalam penerbitan.

Supaya dapat menulis buku dengan baik dan benar maka perlu latihan khusus agar tulisan anda menjadi lebih baik dan karya yang anda hasilkan mendapatkan ISBN untuk diterbitkan.

Pelatihan khusus 90 JP dengan tema 10 Hari Menulis Buku yang berjudul “Cara Mudah Menulis Buku Ber-ISBN yang diadalkan oleh e-guru.id merupakan sebuah pelatihan menulis buku dengan mudah dan praktis untuk membantu anda dalam menulis buku dengan benar dan mendapatkan ISBN agar buku anda dapat diterbitkan.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri yang sudah ahli di bidang penulisan buku yakni Syaihul Muhlis, S.IP.,M.Pd dengan 10 kali pertemuan ( teori dan praktik) dan tentunya dengan harga yang terjangkau mulai dari 129.000. Jadi tunggu apa lagi buruan daftar mumpung ada kesempatan sebagus ini. Nah bagaimana cara mendaftar pelatihan ini? untuk pendaftaran silahkan klik link berikut ini

LINK PENDAFTARAN Untuk infromasi seputar pelatihan ini silahkan hubungi 088239943006

Berita Terkait

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024
Siap-Siap Pindah Tugas, Kemenag Serahkan 505 SK untuk Guru
Tunjangan Insentif Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tahun 2024 Telah Cair, Cek Sekarang!
KemenPANRB: Peraturan Baru Kenaikan Pangkat Guru PNS
2 Kategori Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Penerima Tunjangan Uang Makan Tahun 2024
Kabar Gembira untuk Guru TK, SD, SMP, SMA Usia 50 Tahun Ke Atas, Dengan Adanya Kebijakan Baru
Berita ini 37 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Senin, 19 Februari 2024 - 11:20 WIB

Tunjangan Insentif Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tahun 2024 Telah Cair, Cek Sekarang!

Minggu, 18 Februari 2024 - 13:32 WIB

KemenPANRB: Peraturan Baru Kenaikan Pangkat Guru PNS

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:42 WIB

2 Kategori Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Penerima Tunjangan Uang Makan Tahun 2024

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:05 WIB

Kabar Gembira untuk Guru TK, SD, SMP, SMA Usia 50 Tahun Ke Atas, Dengan Adanya Kebijakan Baru

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:21 WIB

Ada 1 Syarat Tambahan Baru untuk Pencairan Tunjangan Profesi Guru, Guru Wajib Bersiap!

Berita Terbaru