Guru Wajib Tahu! 17 Rumus Microsoft Excel Ini Membuat Pekerjaan Lebih Mudah, Praktis, Efektif dan Efisien

- Editor

Kamis, 24 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi Microsoft Office Excel tersebut dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office yang mana aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif sehingga, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.

Dalam Microsoft Excel, ada banyak rumus yang wajib diketahui agar pekerjaan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Rumus tersebut diantaranya:

1. SUM

Rumus SUM ini digunakan untuk melakukan penjumlahan angka yang sudah di input kedalam sel tertentu. SUM dikenal juga sebagai rumus tambah Excel. Misalnya anda ingin menjumlahkan angka dari sel D2 sampai E1, maka rumusnya adalah =SUM (D2:E1).

2. COUNT

Rumus COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Misalnya dari sel A1 sampai D1 kamu isikan data angka, sementara dari sel F1 sampai G1 berisikan data huruf. Maka rumusnya adalah =COUNT (F1:G1).

3. COUNTA

Rumus COUNTA memiliki fungsi yang sama dengan COUNT yang mana pada rumus COUNTA, sel yang dihitung adalah keseluruhan sel. Jadi sel yang berisikan data apapun dapat dihitung menggunakan rumus tersebut.

Sehingga apabila anda ingin mengetahui berapa jumlah sel yang tidak kosong. Misalkan, pada sel A3 sampai D5 berisikan data angka, kemudian sel E1 sampai F1 berisikan data huruf, dan sel C1 sampai D1 kosong, maka rumus yang dapat digunakan yakni =COUNTA (A3:F1).

‍4. AVERAGE

Rumus AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada range sel tertentu misalnya anda ingin mementukan jumlah rata-rata nilai ulangan akhir semester siswa yang diinput dari sel A1 sampai D7 maka rumus yang dapat digunakan yakni =AVERAGE (A1:D7).

5. IF

Rumus IF berperan penting untuk membantu anda dalam mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu. Rumus IF ini dapat digunakan untuk memberikan jawaban ‘benar/salah’. Misalnya anda ingin mengecek data apakah benar atau salah pada kolom J1 sampai K2 maka rumusnya adalah =IF(J1>K2; “BENAR”,”SALAH”).

6. MAX

Rumus MAX berfungsi untuk mencari angka tertinggi pada suatu deretan data. Misalnya anda ingin mencari nilai tertinggi hasil UTS, maka anda bisa menginput data angka di sel yang ditentukan misalnya dari kolom A7 sampai B9. Maka rumus excel yang dapat digunakan yakni =MAX(A7:B9).

7. MIN

Rumus MIN berfungsi untuk mencari nilai terendah dalam suatu deretan data. Misalnya anda ingin mencari nilai terendah hasil UTS, maka anda dapat menginput data angka di sel yang ditentukan misalnya data dari kolom A7 sampai B9. Maka rumus excel yang dapat digunakan yakni =MIN(A7:B9)

8. TRIM

Rumus TRIM dalam Microsoft Excel dapat digunakan untuk merapikan data dalam suatu sel. Rumus excel ini biasanya digunakan untuk merapikan hasil perhitungan excel yang eror secara otomatis. Misalnya anda akan merapikan hasil perhitungan excel pada kolom C1 maka rumus yang dapat digunakan yakni =TRIM(C1)

‍9. AND

Rumus AND merupakan sebuah fungsi logika yang mana rumus ini dapat digunakan untuk mencari tahu apakah isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE). Misalnya anda ingin mengetahui apakah angka di sel E3 lebih besar dari 70 dan kurang dari 150, maka rumus yang dapat digunakan yakni =AND(E3>70,E3<150)

10. OR

Rumus OR memiliki fungsi yang hampir sama dengan AND. Rumus OR dapat digunakan untuk mengetahui satu kriteria jawaban. Misalnya anda ingin mengetahui apakah angka di sel A3 lebih besar dari 70 ATAU kurang dari 150. Apabila jawaban tersebut salah maka kata FALSE yang akan muncul dan apabila jawaban tersebut benar maka kata TRUE yang akan muncul dalam kriteria jawaban tersebut, maka dari itu untuk mengetahui jawaban tersebut maka rumusnya adalah =OR(A3>70,A3<150)

11. NOT

Rumus NOT berfungsi untuk mengetahui apakah angka di sel A3 tidak lebih besar dari 150. Sehingga apabila jawabannya benar dan memenuhi kriteria maka jawaban yang akan muncul adalah TRUE, sebaliknya jika jawaban tersebut salah dan tidak memenuhi kriteria maka jawaban FALSE yang akan muncul. Maka dari itu rumus yang digunakan yang digunakan yakni =NOT(A3>150).

12. LEN

Rumus LEN dapat digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam satu sel misalnya sel A3. Karakter yang dihitung tersebut tidak hanya huruf dan angka saja, melainkan juga tanda baca seperti spasi, tanda tanya, tanda seru, titik, koma, dan sebagainya. Untuk itu rumus excel yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah karakter ini yaitu =LEN(A3).

13. AREAS

Fungsi rumus AREAS yakni untuk menghitung jumlah area yang akan diseleksi. Misalkan anda akan menyeleksi satu range sel dari B1 sampai F6, maka rumus yang dapat digunakan yakni =AREAS (B1:F6)

14. VLOOKUP

Fungsi rumus VLOOKUP yakni untuk mempermudah pekerjaan anda yakni mengambil data yang disusun secara vertikal. Misalnya anda ingin mengelompokkan beberapa barang yang diambil berdasarkan jenis barang (B2 sampai D5) dan harga barangnya (E2 sampai F5) Maka dapat menggunakan rumus =VLOOKUP(B2;B2:F5;1,0)

B2 adalah sel yang berisi jenis barang yang akan dibeli. Kemudian E2 sampai F5 merupakan range sel secara keselurahan yang diseleksi. Angka 1 menunjukkan bahwa jenis barang berada pada di kolom pertama (dihitung dari kolom B), dan angka 0 untuk biasanya merujuk kepada TRUE dan FALSE.

Gunakanlah rumus yang sama untuk mengisi tabel harga barang. Angka yang perlu diganti adalah 1, karena tabel harga berada di kolom kedua (kolom D). Tekan F4 untuk mendapatkan angka yang absolut.

15. HLOOKUP

Fungsi dan kegunaan yang akan digunakan dengan rumus VLOOKUP yang digunakan sebagai data yang dihitung secara horizontal. Rumus yang dapat digunakan sebagai VLOOKUP yaitu =HLOOKUP(B2;C3:D4;1,0)

16. CHOOSE

Rumus CHOOSE dapat membantu anda untuk mengambil nilai dari suatu tabel data. Misalnya anda ingin mengelompokan barang yang akan dibeli (C3 sampai D5), kemudian buatlah kolom baru untuk harga barang dan jenis barang. Sehingga sel pertama yang dapat masukkan adalah E2, yaitu nomor barang. Lalu masukkan sel C2, C3, dan C4, yang berisikan harga barang yang ingin anda beli. Rumus yang dapat digunakan yakni =CHOOSE(E2,C2,C3,C4,C5)

17. MATCH

Rumus MATCH dapat digunakan untuk menemukan data pada baris tertentu. Misalnya, anda ingin memasukkan nama-nama siswa (C2 sampai C6). Kemudian anda akan mencari nama dengan inisial C ada di baris ke berapa. Sehingga rumus yang dapat gunakan adalah

=MATCH(C1,A2:A6,0). C1 merupakan sel kata “C” berada. Lalu A2 sampai A6 adalah range sel yang sudah diisi data nama-nama siswa. 0 adalah sebagai pembulat dalam mencari baris yang akan dimaksud.

Jika anda berminat ikutilah pelatihan Bersertifikat 32JP “Tips & Trick Microsoft Excel Hack Untuk Administrasi Pembelajaran” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

‍Penulis : (EYN)

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 249 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru