Guru Wajib Coba Platform ini: Kumospace! Belajar Online Seperti Bermain Game

- Editor

Rabu, 23 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kumospace hadir di tengah Zoom fever dimana kebanyakan orang tak terkecuali siswa mulai bosan dengan pembelajaran jarak jauh yang tampilannya monoton.Penggunaan platform digital sebagai media penyampai informasi dan pertemuan jarak jauh masih dibutuhkan dan dapat dijadikan pilihan apabila keadaan darurat yang membatasi pertemuan antar orang atau sekelompok orang terjadi lagi.Platform digital seperti Zoom, Google Meet dan Skype yang selama ini sering digunakan diketahui menjadi salah satu faktor yang memicu kebosanan siswa pada saat belajar jarak jauh, karena tampilannya yang monotan dan fiturnya yang dinilai terbatas.Kumospace dapat menjadi pilihan yang menarik bagi guru untuk menciptakan pengalaman belajar virtual baru. Platform ini menawarkan pengalaman obrolan video dengan tampilan yang lebih menyenangkan, mencerminkan interaksi di dunia nyata dan banyak percakapan di ruang yang sama secara bersamaan.Aplikasi Kumospace terinspirasi dari industri game, background suasana yang dapat diubah-ubah seperti di pantai, ruang kelas, ruang tamu, dan lainnya dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh.Selain kemampuan kustomisasi yang menarik untuk membuat “ruangan”nya, Kumospace hadir dengan berbagai macam fitur lainnya yang tak kalah menarik.Layaknya pertemuan yang diadakan secara langsung, di Kumospace ini guru dan siswa bisa “berjalan-jalan” seperti di video game.Ketika berjalan menjauh dari Avatar orang yang sedang berbicara, suaranya juga akan semakin terdengar mengecil. Selain itu, guru dan siswa juga bisa mengambil minuman dan makanan layaknya di kantin sekolah saat sedang melakukan meeting dengan platform ini.Terdengar menarik bukan? Berikut beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan guru dari Kumospace untuk menciptakan pembelajaran jarak jauh yang lebih menyenangkan.

Pengalaman Impersif dan Kustomisasi

Pada fitur ini guru dapat melakukan kustomisasi pada ruangan space/meeting dengan bebas, seperti menambahkan meja, kursi, serta interior lainnya yang dapat mempercantik tampilan space untuk membuat siswa nyaman dalam menyimak materi.Di Kumospace, guru dan siswa dapat dengan bebas melakukan banyak hal yang tak terbatas ketika sedang berada di ruang Kumospace ini, seperti mendengarkan materi dengan backsound deburan ombak, mengambil minuman di dapur space dan lain sebagainya.

Mempunyai Layar

Kumospace juga mempunyai layar yang berfungsi sebagai whiteboard untuk dikerjakan oleh Presenter/guru yang mengisi meeting.Layar ini juga bisa dimanfaatkan guru untuk menampilkan video Youtube atau video penunjang materi pembelajaran lainnya yang dapat dinikmati atau diakses siswa selama berada di dalam ruangan Kumospace.

Fitur Voice Range Interaktif

Fitur ini dapat digunakan oleh guru sebagai pembuat ruang pertama kali untuk menentukan setelan voice range yang dapat diubah tergantung kebutuhan.Semakin jauh siswa/si pendengar berada dari orang yang sedang berbicara, maka akan semakin pelan juga suara yang terdengar.Jadi, fitur ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberi teguran pada siswa tertentu tanpa terdengar oleh siswa lainnya walaupun berada dalam satu ruangan yang sama. Yaitu dengan memilih pojok ruangan atau menjauh dari kelompok siswa.Selain itu, bagi siswa fitur ini juga menguntungkan pada saat mendapat tugas diskusi dengan anggota kelompok di waktu itu juga secara bersamaan dengan kelompok lainnya.Supaya hal yang didiskusikan tidak terdengar oleh kelompok lainnya, tiap-tiap kelompok dapat menyebar ke beberapa sudut ruangan yang memiliki jarak voice range jauh dengan kelompok lainnya.

Accessibility Setiap Saat

Sangat berbeda dengan Zoom yang wajib untuk mendaftarkan diri dan diterima oleh host, di Kumospace penggunanya dapat menyetel untuk membuat ruang yang telah dibuat di awal kali menjadi open dan available untuk siapa saja dengan tautan (link) dan kapan saja.Cocok sekali digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat mempermudah akses guru maupun siswa.

Gratis!

Dengan berbagai fitur dan pengalaman baru yang ditawarkan Kumospace dalam melakukan virtual meeting, ternyata platform ini gratis atau tidak berbayar.Menurut pendirinya, Kumospace diciptakan karena ingin menyediakan tempat yang menarik untuk membantu orang ketika WFH dan harus membatasi jarak fisik dengan orang lain.Platform ini merupakan salah satu inovasi ditengah pandemi yang mampu membantu banyak orang ditengah kepenatan akibat sekolah maupun pekerjaannya. Kumospace hadir dengan vibes-nya yang mana seperti bermain game.Kumospace kedengarannya menarik ya, untuk diterapkan pada generasi saat ini, ditengah maraknya game online, terlebih di masa pandemi ini tingkat kecanduan anak pada game online semakin meningkat.Nah, bagaimana bapak ibu guru, sudah tertarik dengan platform ini? Jika sudah, berikut cara mudah mendaftar Kumorscape yang dapat dicoba.
  1. Buka Situs Kumospace
Saat awal membuka situs Kumospace.com, pengguna bisa langsung memilih “Get Your Space” pada kotak kuning di pojok kanan atas tampilan layar. Kemudian lanjutkan dengan memilih opsi “Sign-Up” melalui email atau akun sosial media lainnya.
  1. Membuat Ruang
Setelah memilih opsi untuk login, pengguna akan langsung dibawa ke halaman profil. Disini pengguna mempunyai opsi untuk membuat ruang atau Space pertama. Kemudian lanjutkan dengan mengklik “Create a Space”.
  1. Isi Detail Ruang
Setelah membuat ruangan, pengguna akan diminta untuk mengisi detail ruang yang sedang dibuat. Isi detail ruangan sesuai kebutuhan atau sesuai tujuan penggunaan ruangan pengguna.
  1. Setting Video dan Mic
Sebelum memulai, pengguna akan diminta untuk mengakses kamera dan mic sebelum join. Lanjutkan dengan setting yang pengguna punya di device apapun sesuai yang pengguna gunakan.
  1. Selamat Datang di Kumospace!
Selesai! Anda telah memasuki ruang virtual pertama anda di Kumospace! Disini, pengguna dapat mengeksplor banyak hal di setiap sudut space. Di setiap awal masuk anggota baru, akan terdengar bunyi bel pintu. Menarik bukan?Si pembuat ruangan yang berperan sebagai host memiliki kelebihan dari user lainnya. Si pembuat ruangan dapat meng-edit ruangan atau space sesuai keinginan, menambahkan video yang ingin diputar dan bisa bekerja menggunakan whiteboard yang disediakan.Dengan kelengkapan fiturnya, kemudahan aksesnya dan tampilannya yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan, Kumospace merupakan pilihan yang menarik untuk dapat dicoba diterapkan dalam pembelajaran atau kegiatan jarak jauh.Kumospace dapat menjadi jalan keluar bagi guru untuk meningkatkkan minat siswa dalam belajar.Kumospace dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang menarik untuk siswa ditengah beban belajar dan situasi belajar di tengah pandemi yang cukup membuat stress.Untuk guru, Kumospace dapat dipilih digunakan karena aksesnya yang mudah, tidak berbayar, kelengkapan fiturnya yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ajar, dan juga menarik untuk dipelajari lebih lanjut.Dengan hadirnya platform ini diharapkan mampu menarik generasi-generasi milenial dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg
Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

Berita Terkait

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!
Terbaru, Terbit Surat Edaran Kemendikbud Ristek Untuk Calon Peserta PPG Daljab 2024, Cek Segera!
Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya
Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB
Berita ini 46 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Senin, 10 Juni 2024 - 15:35 WIB

Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya

Senin, 10 Juni 2024 - 12:55 WIB

Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB

Senin, 10 Juni 2024 - 11:12 WIB

Siap-Siap! Bocoran Jadwal Pendaftaran PPG Daljab 2024 Dibuka Bulan Juli?

Berita Terbaru