Home / News

Jumat, 30 September 2022 - 22:07 WIB

DPD RI Dukung Tunjangan Layak bagi Guru Melalui RUU Sisdiknas, Nadiem Ungkap Dirinya Kecewa!

Tunjangan Sertifikasi – Ada informasi terbaru terkait RUU Sisdiknas, yaitu mengenai nasib pemutihan sertifikasi guru bagi pendidik PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Dari rencana pemutihan sertifikasi guru PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK di RUU Sisdiknas ini, turut dibahas dalam Rapat Balegnas.

Kemdikbud menyebutkan pihaknya akan tetap memberikan tunjangan sertifikasi kepada guru-guru jika RUU Sisdiknas disahkan.

Bahkan Kemdikbud juga menyebutkan bahwa tunjangan sertifikasi juga akan diberikan kepada guru-guru yang belum sertifikasi.

Dalam hal ini apabila RUU Sisdiknas disahkan, maka bagi guru-guru yang belum sertifikasi akan langsung mendapatkan tunjangan tanpa perlu mengikuti program PPG Dalam Jabatan.

Hal tersebut juga sejalan dengan rencana pemutihan sertifikasi pada RUU Sisdiknas bagi guru-guru yang belum sertifikasi.

Di sisi lain, mengenai RUU Sisdiknas, baru-baru ini masuk ke dalam Rapat Kerja Komite III DPD RI, pada Rabu, 28 September 2022.

Baca Juga:  Penjelasan Lengkap Tentang Pemutihan Sertifikasi bagi Jutaan Guru yang Belum Memiliki Serdik

Substansi kesejahteraan guru dalam Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) yang kini digodok Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) dinilai tepat dan perlu dilanjutkan.

“Isi tentang tunjangan guru yang menyangkut kesejahteraannya merupakan kabar bahagia karena mempunyai terobosan baru dan kemudahan kepada tenaga pendidik memperoleh haknya,” ujar anggota DPD RI Agustin Teras Narang.

Teras Narang amat menyayangkan bila ada pihak-pihak tertentu, apalagi berasal dari kalangan profesi tenaga pendidik, yang tidak mendukung pasal-pasal mengenai kesejahteraan guru.

Menurut dia, bisa saja kelompok yang menolak justru bukan ingin melindung hak profesinya serta tidak memahami aspek tujuan pengaturan kesejahteraan guru.

“Malah kiranya aturan tunjangan kesejahteraan guru adalah paling cocok dengan situasi sekarang ini yang akan dilakukan dengan penyesuaian dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN),” ucapnya.

Halaman berikutnya

Teras Narang beranggapan..

Share :

Baca Juga

kenaikan pangkat guru

News

Lulus Pretest PPG PAI? Berikut Dokumen PPG yang Harus Disiapkan!

News

Kabar Gembira Untuk Guru dan Kepala Sekolah Ini Hingga Tanggal 22 Maret 2022, Jangan Sampai Terlewatkan !

News

PROMO Spesial Best Friend! 2 Orang Bayar 1x Bundling Pelatihan Guru Bulan November, Cek Daftar Pelatihan Berikut Ini

News

Nasib Guru Honorer Sekolah Negeri, Swasta maupun Fresh Graduate di Tahun 2022/2023 Setelah Resmi Penghapusan

News

Panduan, Tata Tertib Seleksi Akademik PPG Daljab Secara Daring Berbasis Domisili Tahun 2022

News

Kabar Baik! Program Rekrutmen PPPK Guru Didukung Pemda.
motivasi belajar

News

Penerapan dan Keunggulan Blended Learning dalam Pembelajaran

News

12 Jenis Metode Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik