Home / News

Senin, 16 Agustus 2021 - 14:59 WIB

Download Modul Panduan Mengajar Menulis bagi Guru untuk Siswa

Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang yang  hidup di abad-21. Pasalnya kemampuan tersebut sangat dibutuhkan di berbagai bidang, baik untuk pekerjaan atau mengekspresikan perasan. Oleh sebab itu, keterampilan menulis ini perlu diajarkan sejak dini.

Guru adalah pihak yang memiliki tanggung jawab paling besar dalam proses pendidikan dalam menyiapkan generasi masa depan. Oleh sebab itu, para guru perlu mengajarkan pada siswanya untuk dapat mengasah kemampuan menulis. 

Pembelajaran menulis ini bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan belajar, misalnya dengan kegiatan menulis ulang materi pelajaran, menceritakan kegiatan sehari-sehari siswa, membuat catatan-catatan, dan lain sebagainya.

Agar siswa merasa senang dalam belajar menulis ini, guru perlu memiliki konsep dan persiapan yang matang untuk membuat pembelajaran tersebut. 

Menulis sendiri memiliki beberapa manfaat bagi siswa. Di antara manfaat tersebut, dengan menulis, siswa dapat meningkatkan kecakapan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, menulis juga dapat mengasah kreativitas serta kecakapan berpikir kritis siswa.

Jika kegiatan menulis ini diterapkan dalam sebuah pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu juga sangat bagus. Karena dengan menulis akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Dan dengan pemahaman yang baik tersebut, siswa tentunya akan dapat menghubungkan materi pelajaran yang telah dipelajari ke dalam konteks kehidupan nyata.

Baca Juga:  7 Tips Meningkatkan Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar

Dan yang tak kalah penting, dengan menulis akan membuat siswa selalu ingin tahu terhadap hal-hal baru. Karena biasanya ketika dalam proses menulis, siswa harus melakukan riset melalui buku-buku dan bahan-bahan bacaan lainnya untuk meningkatkan kualitas tulisan yang mereka buat.

Untuk mengasah kemampuan dan keterampilan siswa dalam menulis mungkin tidak akan mudah seperti membalikkan tangan. Namun tentunya meningkatkan kemampuan tersebut tidak mungkin tidak bisa dilakukan. Dengan upaya yang dilakukan guru, semua itu pasti akan tercapai.

Dengan kemampuan menulis yang dimiliki siswa akan dapat meningkat level literasi bangsa secara keseluruhan di tingkat internasional. Pasalnya seperti yang kita tahu, level literasi bangsa kita ternyata masih tertinggal jauh dari negara-negara lainnya.

Dengan pembelajaran menulis ini juga dapat mendorong Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah diimplematisikan dalam kurikulum 2013.

Baca Juga:  3 Strategi Pembelajaran diferensiasi dalam Merdeka Belajar

Untuk mencapai tingkat literasi yang baik di kalangan siswa, tentu harus dimulai oleh para guru terlebih dahulu. Artinya, jika guru ingin membuat peserta didiknya mahir menulis, maka guru tersebut juga harus dapat menulis dengan baik.

Nah, bagi Anda para guru yang membutuhkan panduan belajar menulis yang dapat digunakan sebagai panduan dalam mengajar siswa, Anda dapat mengunduh modul berikut ini yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Download

Dan bagi Anda para guru yang ingin meningkatkan kemampuan menulis, dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id berikut ini.

Ikuti Pendidikan dan Pelatihan “Menulis Artikel Populer” angkatan keempat yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Dapatkan harga spesial untuk mengikuti diklat di atas serta gratis diklat setiap bulan dengan menjadi member e-Guru.id. Lakukan pendaftaran menjadi member dengan link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut silakan menghubungi kontak berikut ini:

WhatsApp: 6285869433931

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/terbaru-struktur-kurikulum-merdeka/

News

6 Tips Belajar Bahasa Asing cecara Otodidak dengan Hasil Optimal
cara koreksi jawaban siswa secara otomatis

News

Prinsip Menyusun Pembelajaran Project Based Learning

News

Mengenal Aplikasi SIPLAH dan Cara Menggunakannya

News

Aplikasi Google Terintegrasi : Cara Mudah Membuat Website Pembelajaran Gratis dengan Google Sites

News

Mengelola Pembelajaran Virtual yang Efektif dan Menyenangkan dengan Google Classroom

News

Seminar Ini 100% Gratis dan Bersertifikat, Guru Wajib Mendaftar Sebelum Pendaftaran Ditutup!

News

Cara Menyusun DUPAK Guru dan Berkas yang Harus Dilampirkan

News

Baru! 3 Kabar Gembira Dari Kemendikbud Ristek Untuk Guru PNS, PPPK, dan Honorer