Download Materi Hari Kedua Diklat Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

- Editor

Rabu, 16 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Karya tulis ilmiah dijadikan sebagai salah satu syarat dalam kenaikan pangkat guru. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Tepatnya tertuang pada pasal 16 Ayat (2) yang menyatakan bahwa kenaikan jabatan atau pangkat daru Guru Pertama Golongan III/a sampai dengan Guru Utama Golongan IV/e wajib melakukan kegiatan PKB yang meliputi sub-unsur perkembangan diri, publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif.

Terdapat beberapa macam publikasi ilmiah hasil penelitian yaitu berupa karya tulis ilmiah dengan laporan hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah popular dan buku pedoman guru berikut penjelasannya :

  1. Laporan Hasil Penelitian, dalam pembuatan laporan hasil penelitian terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :
  • Buku ber ISBN dan telah mendapatkan pengakuan dari BSNP
  • Artikel ilmiah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang diedarkan secara nasional dan terakreditasi, tingkat profinsi, dan tingkat kabupaten atau kota.
  • Makalah laporan hasil penelitian diseminarkan di sekolah dan disimpan di perpustakaan.

2. Tinjauan ilmiah merukapan karya tulis dari guru yang berisi mengenai ide atau gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikan guru tersebut.

3. Terdapat beberapa macam dalam buku pelajaran dan pedoman guru yaitu seperti buku teks pelajaran, buku pengayaan, modul atau diktat, buku dalam bidang pendidikan, karya terjrmahan, dan buku pedoman guru.

Setelah guru melakukan karya tulis ilmiah kemudian langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah publikasi ilmiah.

Publikasi ilmiah juga menjadi salah satu syarat dalam kenaikan pangkat dimana publikasi ilmiah merupakan sebagai karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat.

Terdapat beberapa bentuk publikasi ilmiah dalam kenaikan pangkat guru diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Presentasi pada Forum Ilmiah

Hal ini berupa kegiatan penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam forum ilmiah adalah menjadi narasumber pada seminar atau lokarya ilmiah, dan menjadi narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah.

Bentuk fisik dari presentasi pada forum ilmiah adalah dengan bukti makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah disahkan oleh kepala sekolah atau madrasah. Kemudian surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/piagam dari panitia pertemuan ilmiah.

2. Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah dapat berupa hasil penelitian atau gagasan ilmiah di bidang pendidikan formal ini meliputi hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah gagasan atau pengalaman terbaik (best practice) di bidang pendidikan formal dan pembelajaran, tulisan ilmiah popular, dan artikel ilmiah di bidang pendidikan.

3. Publikasi Buku

Publikasi buku dapat berupa buku teks pelajaran, buku pengayaan (modul atau diktat pembelajaran, buku dalam bidang pendidikan karya terjemahan), dan buku pedoman guru yang dijelaskan seperti dibawah ini :

  • Buku teks pelajaran berupa buku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan ditujukan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan pegangan atau pedoman mengajar guru, baik sebagai buku utama ataupun buku pelengkap. Dalam menyusun buku pelajaran dapat ditulis baik secara individu maupun kelompok.
  • Modul merupakan materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis dengan sedemikian rupa sehingga bagi yang membaca dapat menyerap materi secara mandiri. Sedangkan diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran yang dipersiapkan oleh guru untuk mempermudah materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diktat dapat disebut sebagai buku pelajaran yang masih memiliki keterbatasa dalam jangkauannya maupun cakupan isinya.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mendownload materi dengan cara dibawah ini :

DOWNLOAD DISINI

DOWNLOAD DISINI

DOWNLOAD DISINI

Dengan beberapa penjelasan seperti diatas mengenai karya tulis ilmiah dan publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat guru, dapat diketahui betapa pentingnya karya tulis ilmiah dan publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat.

Untuk dapat lebih jelasnya Anda bisa mempelajari lebih lanjut melalui e-Book dengan judul “Pentingnya Karya Ilmiah Untuk Kenaikan Pangkat”.

Guru Juara mengadirkan sebuah produk digital karya Bu Supiani dengan judul “Pentingnya Karya Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat”.

Bagi Anda yang melakukan pemesanan pada hari ini akan mendapatkan DISKON 70% yang berlaku hingga tanggal 16 Februari 2022 pukul 23.59.

Dari harga normal Rp 349.000 + Rp 99.000 menjadi Rp 104.000 saja. Maka dari itu pesan sekarang juga sebelum terlambat.

Dengan melakukan pembelian pada produk digital ini, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. E-Book Premium Pentingnya Publikasi Ilmiah untuk Naik Pangkat
  2. Free Bimtek Premium 35 JP pada tanggal 26 Februari 2022
  3. Relasi Penerbit
  4. Grup diskusi telegram
  5. Bimbingan langsung dari praktisi yaitu Bu Supiani
  6. Konsultasi via telegram sepanjang waktu

Tidak hanya itu saja, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan Bonus Tambahan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Contoh File PTK
  2. Contoh Best Practice
  3. Sertifikat Diklat 35JP Bernama
  4. Laporan Pengembangan Diri
  5. Materi Bimtek
  6. Full Support Instruktur

Anda dapat melakukan pemesanan dengan melalui link berikut : https://bit.ly/Diskon70KaryaIlmiah https://bit.ly/Diskon70KaryaIlmiah https://bit.ly/Diskon70KaryaIlmiah https://bit.ly/Diskon70KaryaIlmiah

Penulis : Eka Susiyanti

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 71 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru